Iwanbanaran.com – Edian cak…jian edian kenthirrrr njaran modifikasi garapan HorseMotoshop. Rumah modifikasi kondang dari Karawang yang digawangi cak Rizal ini kembali menelurkan sebuah hasil karya premium Kawasaki Ninja 250FI. Bedanya kali ini Ninja yang digarap adalah keluaran tahun 2018 alias fresh tenan. Dan saat IWB perhatikan secara seksama….woww garapannya rapi cak. Gilanya….Modifikasi Kawasaki Ninja 250 ini termasuk super HEDON. Lha piye, biaya yang dikeluarkan bisa buat beli moge 4 silinder !! Gilaaaaa. Penasaran ? yuk kita kupas sama-sama..

Kisah ini berawal sekitar bulan Maret 2019. Saat itu cak Rizal HorseMotoshop ngontak IWB dan memberitahukan bahwa mereka sedang membangun modifikasi Kawasaki New Ninja 2018 namun dengan totalitas super. Totalitas ini maksudnya modifikasi bisa dibilang super hedon untuk ukuran motor 250cc…

Beberapa minggu setelah itu modifikasi mulai berjalan. Cak Rizal melaporkan proses demi proses yang ternyata lumayan rumit. Doi harus melepas hampir seluruh bodi dari Ninja 250 FI untuk mencangkokkan beberapa part limbah moge. Kalkulasi yang matang karena swing arm atau lengan Ayun bawaan dilengserkan dan diganti milik Kawasaki Ninja ZX-10R. Tentu pekerjaan yang tidak mudah sebab semua kudu dihitung dengan cermat mengingat pemasangan tidak bisa plug n Play….

Pangkas pangkal arm kanan kiri luar dalam. Lalu seting posisi linkage atas ke bawah. Yang lainnya standar boshing” serunya ke IWB. Walau terkesan simpel namun pemasangan ternyata lumayan njlimet. ” Papas arm yang basic pangkal A ke H dengan space yang terbatas. Solusinya kami putuskan melakukan pengelasan tambah tulang dari material duralium. Lalu posisi linkage atas pindah ke bawah...” tukas doi lagi…

Untuk monoshock diputuskan menggunakan Ohlins menggantikan Showa bawaan pabrik. Tidak hanya itu perangkat suspensi depan juga dilengserkan dan diganti suspensi Upside Down milik Honda CBR1000RR. ” Pemasangan USD Ninja sangat jarang sekali dibuat underyoke karena tingkat kesulitannya cukup bikin garuk-garuk kepala. Ada beberapa yang pasang saya lihat segitiga terlihat aneh gantung di atas karena maksain dibuat underyoke. Garuk-garuk mikirin solusinya beberapa hari. Akhirnya dibuatlah tripleclamp custom tech CNC dengan hitungan matematik yang pas. Hasilnya bisa dilihat sendiri..” ujarnya. Hasilnya ?

” Bagian depan tripleClamp atas bawah custom sendiri CNC di anodize hitam. Posisi stang dibuat underyoke tetap di posisi. Enak dilihat tidak terlihat tinggi, tidak maksain....” tambah doi puas. Setelah itu perangkat rem juga disentuh ulang diganti dengan Brembo. Kaliper depan dipilih menggunakan Brembo M4 Monoblock. Sementara belakang mengandalkan Brembo 2 piston. Beberapa komponen kelas kakap lain adalah knalpot Austin racing ZX-10R, velg CBR1000RR facelift, master rem Brembo RCS dan masih banyak lagi lainnya yang membuat motor ini jadi makin keren. Berikut spek modifikasi Kawasaki Ninja 250FI milik cak Sanusi yang digarap HorseMotoshop….

1. USD CBR1000RR
2. Swing arm Kawasaki Ninja ZX10R
3. Monoshock Ohlins
4. Kaliper depan Brembo M4 Monoblock
5. Kaliper belakang Brembo 2P
6. Disc brake Brembo SuperSport
7. Footstep lightech
8. Lever guard lightech
9. Chain adjuster lightech
10. Fuel tank lightech
11. Knalpot Austin Racing Ninja ZX-10
12. Gas spontan Domino
13. Cover engine GB Racing
14. Body parts carbon kabon
15. Velg Honda CBR1000RR facelift
16. Front fender Ninja ZX-10R Karbon
17. Windshield Zero Grafity
18. Master rem Brembo RCS19 Corsa Corta
19. Brake line Hell
20. Stoplamp 3in1
21. Body repaint
(Total modif istimewa)

Nahhh sangar tooo. Yang menjadi poin tersendiri, cak Rizal Horsemotoshop ternyata juga fokus agar perombakan tidak merusak frame atau sasis bawaan. Tujuannya satu yakni untuk memudahkan jika Cak Sanusi (owner) ingin mengembalikan ke posisi standar. “Sasis atau frame tidak ada rubahan dibiarkan standar, dimana bosen bisa balikin standar…” ujarnya. Pertanyaannya berapa biaya yang dibutuhkan untuk modifikasi ?

Disinilah IWB sampe cekelan kursi cak saking dengkul gemetaran. Sebab angka yang disebut bener-bener fantastis. Lha bisa cak, biaya modif bisa untuk membeli moge 4 silinder bekas keluaran terbaru….opo ora ngowohhh tenan. IWB yakin kalau sampeyan sedang ngunyah tempe bisa keselek karena nominalnya yang super HEDON untuk ukuran modifikasi sport 250cc. IWB nggak usah nyebut angka namun gambarannya segitu cak. Wihhh rider Ninja emang tajir-tajir rekkkk. Untungnya hasilnya emang sepadan karena ganteng puoll !

Last…proses pengerjaan total modifikasi Kawasaki Ninja 250 FI Hedon ini memerlukan waktu sekitar 1 bulan sudah termasuk painting. IWB yakin akan banyak rider diluar ngiler ngeliat motor ini jika melaju dijalanan. Nah….kalau sampeyan tertarik ingin dandani tunggangan kesayangan langsung kontak aja ke HorseMotoshop 08111296006 atau merapat langsung kebengkelnya di Jl. Raya Pancawati no. 37A, Kosambi, Kec. Klari Karawang Timur. Modifikasi Kawasaki New Ninja 250 HEDON ? ini baru premium beneran. Edian !!! (iwb)

Kawasaki Ninja 250Fi HEDON garapan HorseMotoshop

Modifikasi Kawasaki new Ninja 250FI

Owner : Sanusi805
Builder : Rizal Horsemotoshop
HorseMotoShop. Jl. Raya Pancawati no. 37A, Kosambi, Kec. Klari Karawang Timur
Phone: 08111296006

Advertisements