Iwanbanaran.com – Cakkkk….Belgia berniat menyelenggarakan MotoGP lagi pada tahun 2024. Rencananya di laksanakan di sirkuit yang indah dan bersejarah Spa – Francorchamps. Mereka berusaha berbenah agar masuk kriteria Aman untuk level Balap Motor. Selain keinginan menyelenggarakan MotoGP, Belgia juga berniat menggaet ajang Ketahanan paling bergensi di dunia yaitu FIM Endurance World Championship atau yang biasa di sebut FIM EWC pada tahun 2022. Wihhhh….

Sirkuit Spa – Francorchamps sendiri terletak di Perbukitan Arsennes, Stavelot, Belgia. Panjang sirkuit ini mencapai 7 KM. Salah satu sirkuit yang cukup sulit dengan kombinasi ketinggian permukaan track naik turun yang khas dan beragam, wajar cakk masih ikut kawasan pegunungan juga iki..

Nah…Agen pengembangan ternama Sogepa Wallon sudah menyiapkan pinjaman dana sebesar 29,5 juta euro atau sekotar 470 milyar guna merenovasi tiap – tiap track agar benar benar aman untuk Race MotoGP maupun EWC. Wajib melakukan pembenahan secara penuh karena sebelumnya sirkuit Spa Francorchamps menggelar Ajang tahunan Belgia 24 Heures de Li├Ęge yang terakhir kali di selenggarakan pada tahun 2004 dan Race ketahanan tersebut di batalkan dengan alasan Safety….

Pembenahan telah di lakukan mulai musim ini cak. Hal yang sudah direncanakan oleh pemerintah daerah telah di terbitkan melalui akun Twitter Resmi dari Wakil Presiden Walloon, Bergia. Berikut isi lengkapnya…

“Atas Proposal saya, pemerintah menyetujui partisipasi Daerah dalam rencana investasi (dalam bentuk pinjaman dari @SOGEPA_Wallonie) dengan tujuan ambisius untuk membawa event Motor dengan Formula 1 di sirkuit paling indah di dunia ? #WalGov @circuitspa”

Last… Sirkuit Spa – Francorchamps sebelumnya pernah menjadi tuan rumah Grand Prix pertama pada tahun 1921. Dan pada tahun 1949 hingga 1990 Grand Prix rutin di selenggarakan di sirkuit ini sebanyak 40 Kali. Kemudian pernah sekali pada tahun 1980 Grand Prix Belgia di pindah ke sirkuit Zolder. Sebagai tambahan. Hans Spaan (125), John Kocicnski (250), dan Wayne Rainey (500) adalah pemenang terakhir edisi terakhir Grand Prix Belgia. Jika memang benar benar terlaksana maka Sirkuit Spa – Francorchamps menjadi sirkuit terpanjang dalam kalender MotoGP. Wajib di tunggu pakdee….(Cc for iwb)

Advertisements

11 COMMENTS

  1. Mas iwan!! kenapa artikelnya belakangan ini ga ada yg menarik,,, kebanyakan artikel ttg balapan,,, ga kek dulu lagi, , padahal blog lain masih banyak loh yg masih bisa ngeluarin artikel ttg permotoran yg lebih menarik, wlopun padahal blog nya ga sebeken yg ini.. Tapi masih bisa ngeluarin artikel yg genuine wlopun ada juga yg sedikit2 ngeluarin artikel ttg balap, tapi ga se massive berita balap dari duopoly blogger indo saat ini , ya kita tw lah siapa yg atu lagi,,, wkkwk Sampe luntur gini aura blog nya ga kek dulu,,, wkwkkw ini uneg2 pembaca setia blog nya mas iwan aja sih,,, jangan di banned cak, , wkkwkwk

    • Menarik ato gak, itu urusan selera. Bagi kita menarik belum tentu menarik bagi yg lain, dan sebaliknya. Cth : artikel data aisi dianggap gak menarik bagi yg ms nya kecil tapi digemari bg yg ms nya besar.
      Anggap aja kebetulan lagi gak cocok Ama artikelnya, ntar kalo pas cocok ya enak bacanya.

  2. Bersyukurlah kita. Yg lain harus bangun ato renov sirkuit dulu baru ACC ngadain MotoGP, kalo kita ACC dulu baru bangun sirkuit, Mandalika. Kalo maksa pake Sentul ya mungkin gagal maning gagal maning son

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here