Iwanbanaran.com – Cakkk…..alot namun tetap bikin penasaran, mungkin itulah yang IWB rasakan terhadap Project Honda KOJA. Project yang sudah IWB analisa rilis di awal tahun 2019 ini, memang menjadi salah satu Project serius yang sedang digarap oleh PT AHM. Berbagai Lini pendukung terus melakukan tugasnya untuk menyuplai komponen sehingga pola nya makin terbentuk. Dan dari update bocoran yang mampir ke kuping IWB disinyalir Honda KOJA akan mulai produksi pada Juli 2019. Wihhhh….iki. seperti apa? Yuk kita bahas sedikit dalam di artilkel ini…

Jika pada analisa awal kita memprediksi KOJA merupakan varian lain dari Honda Beat, yang kedua merupakan lawan dari Yamaha Aerox 155 dan terakhir diseret pada Scoopy. IWB menemukan kode misterius KOJA ini nongol dalam radar IWB November kemarin. Sejak saat itu sudah hadir 3 Analisa. Yang pertama bisa jadi merupakan varian baru Honda Beat. Analisa kedua adalah varian terbaru yang dicurigai disiapkan Honda untuk melawan Aerox 155….

Yup…. analisa ini berdasarkan dua hal. Yang pertama kode betul-betul berbeda dibandingkan dengan varian Beat yang mengusung K18. Yang kedua kosongnya market antara Vario dengan PCX 150 yang cukup lebar. Di sini Yamaha melenggang bebas tanpa diganggu sama sekali oleh Honda lewat aerox 155. Tentunya secara market kondisi ini menguntungkan Yamaha. Apalagi penjualan Aerox 155 per bulan cukup baik dan pastinya Honda tidak akan membiarkan hal ini berlangsung selamanya….

Yang ketiga adalah estimasi produksi K0JA yang ternyata tidak terlalu besar. Betul cak… dari Trawangan pribadi estimasi produksi per bulan berkisar antara 20 hingga 25 ribu unit. Setidaknya berdasarkan terawangan jumlahnya pada kisaran nominal diatas. Tapi hal itu tidak menjadi jaminan sebab dari beberapa diskusi ternyata jumlah produksi bisa ditingkatkan seiring waktu berjalan. So… forecast produksi awal tidak bisa kita jadikan patokan. Dan yang terakhir adalah nongolnya beberapa part yang mirip dengan Scoopy. Nggak heran IWB Sempat berpikir bahwa KOJA merupakan produk pengembangan dari versi Prototype Project G. Maksude ?

Betul cak, dari bocoran serta Trawangan yang IWB lakukan KOJA tetap mengarah pada sosok Scoopy namun beda varian. Entah sebagai pelengkap atau memang varian yang benar-benar baru dengan desain ala Scoopy? Yang pasti dari beberapa olah TKP dan Trawangan jika tidak ada halangan kemungkinan besar KOJA mulai akan diproduksi pada kisaran Juli 2019. Yahhhh…habis lebaran cak. Nahhh hottt tooo..

Last….IWB belum ada gambaran akan seperti apa KOJA nanti jika memang merupakan varian Scoopy. Atau kembaran Scoopy ? dua produk ini cak analisanya. Namun yang jelas dari terawangan ilmu njengking mlumah murep mass production disinyalir pada bulan Juli 2019. So…estimasi kemungkinan besar peluncuran produk terbuka maju. Karena biasanya timeframe launching lebih dahulu dibandingkan dengan mas Production. So… monggo sampeyan Tunggu saja satu hingga dua bulan kedepan. Hot ki pakde…..(iwb)

Advertisements

19 COMMENTS

  1. Cak Iwan, nyuwun sewu…

    Perasaan saya, sepertinya cak iwan tau bgmn project ini secara gamblang, namun ada deal khusus terkait pemberian informasi ke publik untuk dibatasi….

    Mudah2an perasaan saya salah, hehehehe.

    IMHO, Karena berbeda tulisan cak Iwan dulu yg bebas dengan cak Iwan yg sekarang….

    Sekali lagi nyuwun sewu klo nda berkenan, demi penulis yg independen untuk kepentingan masyarakat luas hehehehe

    • Sekarang udah ngga sebebas itu om, info skrg dikekepin bener bener. Soalnya kalo info bocor scr bebas yg bersangkutan bisa dipecat langsung

  2. kayanya beat 150, buat lawan aerox, soalnya keliatin di batok stang nya gak telanjang kaya scoopy sama dek bawahnya manjang kaya aerox, ban belakangnya jg keliatan agak gede. hehehehe

  3. Retro 150cc desain ala italia, project G Atau Beat sporty 150cc?. Part yg mirip scoopy apa lik? Velg 12 inch?

  4. Koja apa k07a om
    Ijin curhat lek
    Waktu dlu gawe di ahm 2 seksi local component elektrik
    Sekitar 2013 emang muncul tuh kode part
    Tapi jenisnya cub sama kaya k03s mungkin blade new Koja ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here