Iwanbanaran.com – Cakkkkk….. Siapa sih yang tidak kenal dengan Honda Tiger. Sebuah generasi motor yang masuk dalam legenda roda dua tanah air karena kiprahnya yang cukup mengejutkan dieranya. Lahir sekitar 1992, Honda Tiger menjadi salah satu motor idola yang tidak pernah tenggelam sebelum PT AHM menyetop produksinya pada akhir 2013 karena alasan emisi gas buang. Mesin yang tangguh tersebut telah tiada termasuk eksistensi generasi Tiger. Sejak itu berbagai isu muncul termasuk keinginan Honda untuk menghidupkan kembali Tiger dengan teknologi yang akan disesuaikan dengan zamannya. Namun sayang hingga sekarang Semuanya menguap begitu saja. Pertanyaannya Kenapa Honda begitu lama garap new Tiger?

IWB masih ingat, sekitar bulan September 2013 isu perihal di stop produksinya Tiger begitu kuat. Sebagai Blogger lawas yang mengamati sepak terjang setiap pergerakan pabrikan bocoran tersebut sudah mampir ke kuping. Percaya atau tidakā€¦produksi sang macan waktu itu memang terkesan setengah hati. Hal ini dikarenakan permintaan produk legendaris tersebut termasuk kecil untuk ukuran pabrikan besar macam Honda. Mungkin itulah kenapa grup Astra harus segera memutuskan. Ketimbang membebani produksi yang ogah-ogahanā€¦mereka lebih baik bertindak dan mencoba fokus kepengembangan generasi berikutnya…

Hingga alasan sesungguhnya diungkapkan saat itu Oleh Direktur marketing PT Astra Honda Motor Pak Margono Tanuwijaya yang memastikan dihentikannya produksi Tiger karena masalah emisi gas buang. Dengan mesin Kaizen sulit untuk meracik pengabut bahan bakar injeksi karena secara basis pengembangan mesin yang sudah cukup lama menghiasi Jagat roda dua tanah air tersebut adalah untuk karburator. So…. resmi di awal tahun 2014 Honda Tiger sudah tidak lagi mengaspal di tanah air. Dan Honda pun fokus pada segmen 150cc…

Setelah itu cukup banyak permintaan masuk ke newsroom IWB. Permintaan dari para followers serta Readers agar Honda menghidupkan kembali eksistensi Tiger 2000. Sebuah permintaan yang sebenarnya sudah IWB sampaikan kepada para pejabat tinggi PT Astra Honda Motor. Berbagai obrolan singkat yang menggaris bawahi kemungkinan Tiger lahir di tanah air sering kali IWB lontarkan termasuk kepada direktur marketing PT AHM sekarang yakni Pak Thomas Wijaya. Jawabannya….

” Kita masih pertimbangkan. Jikapun ada kita ingin berikan yang terbaik sebagai pengganti Tiger. Kita ingin Tiger baru nanti menyesuaikan zaman serta teknologi sesuai eranya. Jadi silahkan ditunggu saja….” serunya. Kuwi sebuah percakapan yang mungkin sudah satu atau dua tahun lalu. Jawaban tersebut memang terkesan diplomatis. Dan jujur sebenarnya Sebuah Jawaban ketidakpastian yang tentu tidak terpatok oleh waktu kapan sang legendaris tersebut lahir. Terbukti tahun terus berganti dan kini sudah masuk di awal 2019 batang headlamp Tiger belum juga tercium. Pertanyaannya Kenapa new Tiger begitu lama lahir?

Jika kita analisa kemungkinannya ada 2. Yang pertama Honda memang tidak berniat lagi menghidupkan kembali Tiger karena menurut mereka sang macan sudah tidak relevan dengan zaman. Nama Tiger jelas menjual namun mungkin dari core strategi perusahaan, Tiger terbuka bukanlah sebuah nama yang bisa berdiri sendiri. Sebab Honda saat ini begitu kekeuh untuk menggunakan nama CB pada varian nakednya dan CBR untuk sport fairingnya. So… jika pun dipaksa bisa saja namanya menjadi Honda CB250 Tiger. Nama yang keren namun tetap tenggelam dengan kuatnya CB….

Yang kedua kondisi market. Dalam kacamata marketing setiap melahirkan sebuah produk akan dilihat urgensi produk yang akan dirilis. Mulai dari profit serta porsi produk tersebut jika betul-betul dilahirkan. Harus kita akui di segmen sport naked 200 cc keatas saat ini memang pada kondisi cukup memprihatinkan. Penjualan terseok-seok susah bangkit karena pasar yang terus menciut. Tidak heran Kawasaki sampai harus melakukan evaluasi untuk mendatangkan new Z250. Karena pasar ini memang sulit cak. Kondisi yang pastinya diketahui betul PT AHM. Artinya Segmen tersebut memang berdarah-darah susah bangkit….

Last….sekitar 2 tahun lalu isu akan lahirnya CBR 250RR versi naked sudah mulai terdengar gaungnya. Dilalah setelah itu justru tenggelam dan tidak terdengar lagi. Hingga detik artikel ini IWB rilis, belum ada aroma sama sekali perihal sport 250cc generasi Tiger yang kita harapkan. Sampai kapan kita harus menunggu dan apakah justru Tiger tidak akan ada lagi di tanah air alias usai kiprahnya di negeri ini? Hanya Allah SWT dan Honda yang tahu pastinya. Yang jelas semua masih tetap masih menjadi misteri…..(iwb)

Advertisements