iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…siapa bilang modifikasi harus mengeluarkan uang cukup dalam untuk membuat tampilan menjadi maksimal. Hal ini dibuktikan oleh modifikator asal Malaysia yang berhasil merubah Yamaha R15 versi 3 menjadi superbike YZF R1M. Yang membuat kita makin tercengang adalah biaya yang dikenakan untuk membuat tampilan tersebut bisa diaplikasi pada R15 tunggangan sampeyan. Sebab 1 poin yang sangat penting ternyata komponen casing ala R1M tersebut bisa ditempelkan secara plug n Play tanpa merubah sasis ataupun dudukan asli pabrikan. Nahh mantep to. Dan hasilnya ? Ini sih edian tenan….

Modifikasi yang setelah ditelusuri ternyata sebenarnya digarap oleh modifikator asal Bandung Rmod ini harus akui begitu rapi serta presisi. Garapannya mencengangkan untuk ukuran perangkat casing dengan status plug n Play. Bener-bener keren dan mampu merubah total sosok asli R15V3 menjadi superbike andalan Yamaha YZF R1M. Perombakanpun termasuk minimalis karena Sampeyan tidak perlu merubah sasis asli ataupun mounting R15….

iklan iwb iklan iwb

Jadi kita hanya tinggal membeli 1 set casing duplikat dari R1M mulai dari fairing depan, bawah atau undercowl, hugger samping hingga buritan. Pada versi yang diperkenalkan sepertinya jok belakang memang tidak bisa difungsikan. Jadi jok belakang harus dilengserkan karena casing modifikasi tidak lagi memungkinkan untuk memasang seat boncenger. Yang IWB salut adalah garapan shape atau tekukan casing cak. IMHO begitu manis dan enak dilihat. Kendati tentu saja garapan tersebut bukannya tanpa kelemahan karena kita akan melihat pada bagian ujung depan kisi-kisi kawat yang biasanya untuk air ram kini terlihat bolong dan rada janggal…

Begitu pula lubang sirip pada tangki yang ukurannya cukup besar sehingga menyisakan pemandangan yang kurang enak dipandang jika kita mengintip di dalam. Sebab komponen dalam tangki akan terlihat jelas. Namun itu hanya minor, alias tidak menjadi soal. Satu hal yang juga menjadi kekuatan dari garapan Rmod ini adalah paket yang ditawarkan sudah lengkap meliputi lampu DRL dan juga Projie kiri kanan. So… ketika kontak dinyalakan DRL langsung menyala. Mereka juga merubah bagian hugger atau spatbor kolong. Menurut informasinya bentuk spakbor baru ini mampu menampung ban dengan ukuran 180. Gede cak. Pertanyaannya….gimana saat pemasangan ? Apakah sulit?

Memang lumayan cak. Tapi untuk ukuran modifikasi yang dihasilkan jelas tidak terlalu rumit. Sampeyan hanya membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 jam untuk melepas semua perangkat asli R15. Mulai dari spakbor, tebeng, cover tanki hingga buritan. Nah….untuk spakbor belakang wajib dilepas karena desain baru ini tidak memungkinkan untuk memasang rear fender. Jika Sudah kelar melepas semuanya baru sampeyan harus sedikit melakukan modifikasi pada bagian kelistrikan untuk lampu sein ataupun lampu utama. Yang terpenting semuanya plug n Play. Yang jadi kekuatan lagi dari modifikasi ini adalah… stop lamp masih bisa digunakan alias mempertahankan komponen asli pabrikan. Mantapppp tenan !

Last…. modifikasi Yamaha R15 menjadi superbike YZF R1M ini memang banyak ditemukan di Malaysia. Namun jika ditelusuri sebenarnya semua adalah garapan modifikator lokal asal Bandung. Di negeri jiran, seluruh casing R1M ini dijual pada kisaran 9 jutaan sudah lengkap dari depan hingga belakang. Nah…seharusnya ditanah air lebih murah cak. Jika ingin total, sampeyan bisa mencontoh modifikasi yang dilakukan geng tayar Malaysia yang juga mencangkokkan knalpot Akrapovic, melabur hugger dengan silver, menjejali suspensi USD Ohlins termasuk perangkat rem Brembo plus livery ala R1M dan yang terakhir memasang crankcase cover transparan. Dan hasilnya? maknyus tenan. Pengen tahu seperti apa modifikasi R15V3 ke R1M ? intip beberapa fotonya berikut ini…piye segerrrr toooo. Monggo ber-ngeces ria :mrgreen: ….. (iwb)

Advertisements

32 COMMENTS

  1. Cbr gepeng disinyalir pas ketemu di gang langsung commiting suicide. WkwkwkwkWk asyemmm

  2. Haiyyaaa ini baru keren waaa…
    Harusnya rmod jd RnD yamaha untuk urusan model sport… Pecat yg bikin model vixionR, newr25, aerox125, new scorpion Z

  3. lek IWB…kalo mbuka halaman sampeyan pake firefox pc kok gambarnya ga keluar ya…pakek chrome masih normal. Gimana ini lek?

  4. Kayakanya lebih cakep kalo r25/3 yg di modif begitu, ganti knalpot racing suaranya masih mirip2 r1. Lah kalo r15 ganti knalpot racing mirip vega r suaranya?

  5. Tampilan keren. Tapi suara knalpot nggak bisa bohong. Dibetot bunyinya manggilin bininya “nuurrr.. nuurrr..”

  6. Kenapa yamaha sendiri ga bikin..model bgini versi simple apa mininya aja…ettdahh…laris kavang goreng dah tuh r 15…klo oem kan pasti lebih rapih lg….

  7. Cak Iwan…nii modifikator dari Bandung Rmod ada alamat sama contact langsung gak ya? Bisa dishare? WA saya +628170404022 thanks Cak Iwan

    • Ngapain new R15 yg dioprek gini, bagusan aslinya malah, cm perlu ditweak aja dikit… Harusnya R25 aja deh …

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama