Iwanbanaran.com – Cakkkk…..iki jian mumet cak. Siapa lagi kalau bukan kode project Honda K0JA yang sudah IWB share kesampeyan dibeberapa artikel sebelumnya. Lha piye pakde, setelah melalui diskusi dengan teman-teman Bloggers saat di Tawangmangu, cukup banyak yang yakin Honda K0JA adalah produk yang disiapkan Honda untuk ngrecokin pasar Aerox 155 yang dipandang melenggang sendiri. Ada beberapa alasan yang membuat IWB dan teman-teman yakin K0JA terbuka merupakan lawan Aerox 155. Penasaran ? simak artikel IWB dibawah ini….

Sekilas tentang K0JA, IWB menemukan kode misterius ini nongol dalam radar IWB November kemarin. Kode tersebut rada aneh karena mengusung kombinasi angka nol dibelakang huruf K. Yang menjadi masalah, kode ini nggak ada nyerempet-nyerempetnya dengan beberapa produk yang sudah hadir. Kan gampang tuh kode K15A….jadi nongol K15G. Atau K45A jadi K45G. Lha ikiiii Honda K0JA. Terus kira-kira produk opo kiii ??

Sementara ini IWB yakin Honda K0JA adalah project yang ada hubungannya dengan dengan K81 (Beat). Entah sebagai pengganti atau varian baru atau mungkin versi facelift dengan tambahan fitur? kita perlu selidiki ulang karena sekarang ketatnya jabang bajul tenan. Satu poin yang membuat IWB sangat penasaran adalah….konon Honda K0JA memiliki injektor yang lebih besar dibandingkan dengan Beat. Namun analisa kedua adalah varian terbaru yang dicurigai disiapkan Honda untuk melawan Aerox 155…

Yup…. analisa ini berdasarkan dua hal. Yang pertama kode betul-betul berbeda dibandingkan dengan varian Beat yang mengusung K18. Yang kedua kosongnya market antara Vario dengan PCX 150 yang cukup lebar. Di sini Yamaha melenggang bebas tanpa diganggu sama sekali oleh Honda lewat aerox 155. Tentunya secara market kondisi ini menguntungkan Yamaha. Apalagi penjualan aerox 155 per bulan cukup baik dan pastinya Honda tidak akan membiarkan hal ini berlangsung selamanya….

Yang ketiga adalah estimasi produksi K0JA yang ternyata tidak terlalu besar. Betul cak… dari Trawangan pribadi estimasi produksi per bulan berkisar antara 20 hingga 25 ribu unit. Setidaknya berdasarkan terawangan jumlahnya pada kisaran nominal diatas. Jika mengacu pada Honda Beat jelas angka tersebut jauh dan tidak logis karena seperti yang kita tahu entry matic Honda ini Laris Manis Tanjung kimpul. Honda Beat mampu terjual antara 100 hingga 125 ribu per bulan. Walaupun tentu bisa saja jumlah 20-25 ribu akan naik seiring dengan permintaan pasar….

Last… jika estimasi K0JA adalah betul lawan dari Yamaha aerox 155, ini berarti kemungkinan besar matic tersebut akan menganut model dualshock. Btw…. semua memang masih sangat samar dan hanya berdasarkan analisa. Bisa saja K0JA Memang betul varian lain dari Honda Beat, ataupun produk lain. Yang jelas dari beberapa bocoran yang masuk ke IWB, Honda disinyalir memang sedang menyiapkan lawan dari aerox 155. Seperti apa? Tunggu investigasi IWB…hottt kiiieee…(iwb)

Advertisements

59 COMMENTS

  1. Enak ya jadi honda, ga perlu tesmarket yg kandang berhasil/gagal. Mereka tinggal nyemplungin kepasar yg udah jelas2 ada.

    • ya begitulah mereka, bro. kelebihannya tinggal bikin produk yang lebih advance dari kompetitor ditambah nama besar Honda yah auto dominasi penjualan

    • let’s see……
      AHM test market skuter retro Scoopy sukses, kompetitor coba ngikut tapi gagal.
      AHM test market skuter medium Vario sukses berat, kompetitor coba ngikut hasilnya lumayan lah.
      AHM test market skuter premium PCX kurang sukses (karena CBU & mahal), malah kompetitor yg ngikut yg panen duit.

    • Skutik medium itu nuvo duluan, cuman gara gara sasis underbone kurang laku, pasar nya demen yg dek rata.

  2. Depan aerok, tengah supra x, belakang revo. Karakter design kaga jelas. Tapi tep laris. Soalnya honda.

  3. Kalo ada hubungannya dengan beat kemungkinan besar bukan ke Aerox , lebih tepat untuk hadapin Freego. karena kelas mesin dan dimensinya sama.

  4. Moga moga futstep nggo boncenger ora kemajon kaya Aerox ya kang ,
    marakna cepet pegel tur sandale sing mbonceng gampang ngotori celanane sing nyupir

    • Karena mereka pemimpin pasar bro…apa yg di jual pasti laku…yamaha harus gt bersni buka pasar..kalo ga berani ya pasti jelas kalah telak ma honda. Seandainya di balik kalo yamaha yg MS nya 75% trus honda cuma 20% pasti jonda cari segala cara agar naik MSnya…salahsatunya dengan buka pasar baru… liat aja nmax pake mesin bagus 155cc VVA 4klep cuma di lawan honda sengan PCX 149cc 2klep ga pake VTEC.. dan laku juga..ya namanya pemimpin pasar lah bro… macam AQUA ga akan berinovasi…yg berinovasi CLEO keluarin edisi botol kecil lucu2

    • Pengecualian untuk kelas sport 250cc.
      sudah dikasih desain super ganteng, power super kenceng, fitur super komplit..harga juga lebih murah.
      eh masih kalau laku sama sebelah.

    • let’s see……
      AHM jualan skuter retro Scoopy sukses, kompetitor coba ngekor tapi gagal.
      AHM coba jualan skuter medium Vario di 2008 kemarin & sukses berat, kompetitor coba ngekor & hasilnya lumayan lah.
      AHM coba jualan maxi skuter PCX kurang sukses (karena CBU & mahal), malah kompetitor yg ngekor dengan maxi skuter CKD yg sukses berat.
      dst.

    • Bknnya scoopret itu desing nyulik punya fino, cuma honda curi start launching aja wkwwk

    • Kalo kata fansboy yg muncul duluan yg bener bro….scoopret muncul duluan dr pada fino..jadi fino yg salah nembak scoopret…wkwk

    • Ga usah ikut2an jadi fansboy ga jelas mas bro. Akuin aja klo emang yamaha lebih sering jadi pioneer n berani main di blue ocean n honda mmg sering niru n berusaha ambil pasar yg ada. Klo dulu vixion kagak lahir mungkin smp skr ente msh dikasih mesin GL series yg paling cuma naik cc, stroke, noken as dll. Ane udh pernah pake motor merk jepang, dari honda, yamaha, suzuki smp kawasaki. Cobain motor dr berbagai merk. Smua ada plus n minusnya. Ente suka pakenya yg merk apa y terserah ente. Trgantung yg cocok sm kitanya aja.

  5. Nanya om, tinggi saya mungkim dibawah 160an, cocoknya pakai apaan? Yg ada fitur abs nya. Ngeliat lexi, aerox sama pcx kok kayaknya tinggi tinggi ya.

  6. Selama masih pake 2 klep ga VVA atau VTEC ga usah di bilang lawan aerox…. PCX yg memaksimalkan mesin 2 klep bisa mengeluarkan daya10.8KW torsi 13.2NM sedang aerox 4klep + VVA cuma punya daya 11.0KW torsi 13.8NM selisih sangat dikit. Makanya ane ambil PCX..ternyata ke 100km lama banget..cobain aerox temen ke 100km lumayan lebih cepet di banding pcx… akirnya ane jual PCX yg berumur 1.5bulan beli aerox baru… yg bener jangan percaya tulisan brosur.. coba sendiri motornya..PCX belet banget…sudah ganti roler dr 17gram ke 15gram juga tetep kenceng aerox standart pabrik… ya kalo honda niat lawan aerox pake mesin 150cc 4 klep lah..kalo masih ga mau pake teknologi VTEC nya… 2klep jaman skr dah belet amat… susah lari… jangan malu2in diri sendiri…buat matic gede ,ban gede, shock ada 2, cakram 2 ,body keren eh mesin 149cc 2klep tenaga belet…

    • Kata honda gausah aneh2 ud ada embel2 HONDA pasti laku laris, mindset orang indo cukup di kibulin

    • Ia kalo cc sama performa yamaha pasti di bawah honda. Makanya yamaha harus kasih lebih biar setara honda.
      Vixion R 155cc VVA vs cb 150cc.
      Mio m3 125cc vs beat 108cc
      Jupiter z 115cc vs revo 108cc
      Semua mesin standart yamaha itu ane biasa aja…tapi coba mesin VVA nya… enak banget bro..bedain aja nmax ma pcx jauh bro… enak nmax.. kalo mesin non VVA ane pilih honda tapi kalo mesin ada VVA nya ane pilih yamaha.
      Kecuali honda buat mesin 4klep VTEC baru ane pikir2 lagi ttg VVA yamaha…wkwk

    • dan ketika ada lampu merah ,, aerox dan nmax nyempil di antara kerumunan honda ,,, ngihihihi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here