Iwanbanaran.com – Cakkkk…..iki jian mumet cak. Siapa lagi kalau bukan kode project Honda K0JA yang sudah IWB share kesampeyan dibeberapa artikel sebelumnya. Lha piye pakde, setelah melalui diskusi dengan teman-teman Bloggers saat di Tawangmangu, cukup banyak yang yakin Honda K0JA adalah produk yang disiapkan Honda untuk ngrecokin pasar Aerox 155 yang dipandang melenggang sendiri. Ada beberapa alasan yang membuat IWB dan teman-teman yakin K0JA terbuka merupakan lawan Aerox 155. Penasaran ? simak artikel IWB dibawah ini….

Sekilas tentang K0JA, IWB menemukan kode misterius ini nongol dalam radar IWB November kemarin. Kode tersebut rada aneh karena mengusung kombinasi angka nol dibelakang huruf K. Yang menjadi masalah, kode ini nggak ada nyerempet-nyerempetnya dengan beberapa produk yang sudah hadir. Kan gampang tuh kode K15A….jadi nongol K15G. Atau K45A jadi K45G. Lha ikiiii Honda K0JA. Terus kira-kira produk opo kiii ??

Sementara ini IWB yakin Honda K0JA adalah project yang ada hubungannya dengan dengan K81 (Beat). Entah sebagai pengganti atau varian baru atau mungkin versi facelift dengan tambahan fitur? kita perlu selidiki ulang karena sekarang ketatnya jabang bajul tenan. Satu poin yang membuat IWB sangat penasaran adalah….konon Honda K0JA memiliki injektor yang lebih besar dibandingkan dengan Beat. Namun analisa kedua adalah varian terbaru yang dicurigai disiapkan Honda untuk melawan Aerox 155…

Yup…. analisa ini berdasarkan dua hal. Yang pertama kode betul-betul berbeda dibandingkan dengan varian Beat yang mengusung K18. Yang kedua kosongnya market antara Vario dengan PCX 150 yang cukup lebar. Di sini Yamaha melenggang bebas tanpa diganggu sama sekali oleh Honda lewat aerox 155. Tentunya secara market kondisi ini menguntungkan Yamaha. Apalagi penjualan aerox 155 per bulan cukup baik dan pastinya Honda tidak akan membiarkan hal ini berlangsung selamanya….

Yang ketiga adalah estimasi produksi K0JA yang ternyata tidak terlalu besar. Betul cak… dari Trawangan pribadi estimasi produksi per bulan berkisar antara 20 hingga 25 ribu unit. Setidaknya berdasarkan terawangan jumlahnya pada kisaran nominal diatas. Jika mengacu pada Honda Beat jelas angka tersebut jauh dan tidak logis karena seperti yang kita tahu entry matic Honda ini Laris Manis Tanjung kimpul. Honda Beat mampu terjual antara 100 hingga 125 ribu per bulan. Walaupun tentu bisa saja jumlah 20-25 ribu akan naik seiring dengan permintaan pasar….

Last… jika estimasi K0JA adalah betul lawan dari Yamaha aerox 155, ini berarti kemungkinan besar matic tersebut akan menganut model dualshock. Btw…. semua memang masih sangat samar dan hanya berdasarkan analisa. Bisa saja K0JA Memang betul varian lain dari Honda Beat, ataupun produk lain. Yang jelas dari beberapa bocoran yang masuk ke IWB, Honda disinyalir memang sedang menyiapkan lawan dari aerox 155. Seperti apa? Tunggu investigasi IWB…hottt kiiieee…(iwb)

Advertisements