iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…Sebagai hasil dari protes Swing arm Deflektor Ducati, Direktur Teknis MotoGP Danny Aldridge telah menjelaskan mengapa ia mengeluarkan pedoman bersama dengan aturan resmi yang diputuskan oleh MSMA (Motorcycle Sports Manufacturers’ Association). Keputusan FIM Stewards untuk menolak protes Honda, Suzuki, KTM dan Aprilia mengenai part swing arm yang digunakan oleh tiga pembalap Ducati selama Grand Prix Qatar mendapat pengawasan ketat, karena masalah tersebut dibawa ke Pengadilan Banding MotoGP….

Dan sementara Aldridge menerima kritik dari CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola khususnya. Dia mengatakan kepada wartawan pada hari Kamis bahwa bukan tugasnya untuk menulis aturan. Ia juga mengatakan aturan balap sekarang memang tidak sempurna alias tidak 100% jelas. Lhooo ??

Danny Ardridge Menjelaskan panjang lebar cak monggo disimak dan dipahami..

iklan iwb

“Di MotoGP kami memiliki aturan tentang aerodinamika dan juga regulasi, yang ditulis olehku, dan diperbarui ketika kami merasa perlu. Regulasi ada di sana sehingga pabrikan mengerti apa yang bisa dan tidak bisa mereka lakukan, Alasan pabrikan menginginkan regulasi ini karena, jika mereka datang kepada ku dan berkata, ‘Kami ingin melakukan ini’ dan aku mengatakan ‘Tidak’, itu tercantum dalam regulasi sehingga semua orang menyadarinya, enam pabrikan datang kepadaku dengan pertanyaan yang sama. Jadi kami membuatnya lebih jelas….

“Jika mereka melakukan sesuatu yang legal atau sesuai aturan, aku tidak mengatakan apa-apa. Itu prosedur normal. Dalam [Sebuah regulasi] ini lebih merupakan kasus ‘aku telah mengatakan sesuatu kepada seseorang, kau tidak dapat melakukan ini’ semua orang sadar sehingga mereka tidak memulai pengembangan dan memiliki masalah yang sama. Dengan situasi ini terkait part Ducati, aku telah melihatnya di tes Qatar….

” Itu dibahas antara aku, Mike Webb Race Direction, dan Corrado Cecchinelli, Direktur Teknologi. Ini seperti kelompok kerja kecil yang kita miliki. Keputusan akhir adalah milikku tetapi aku menggunakan keahlian mereka. Ketika kami melihat ini, kami pikir kami harus mengklarifikasi untuk apa part digunakan. Inilah sebabnya regulasi ini ditulis. Di dalamnya dikatakan, “kau dapat menggunakan Spoiler untuk air, untuk pendinginan [ban belakang], atau untuk penghambat kotoran….

“Inilah yang ditingkatkan sebelum Grand Prix dimulai. Regulasi diperbarui sebagaimana mestinya ketika dirasa perlu. Dan Tidak ada tanggal khusus. Di Qatar aku didekati oleh Ducati. Mereka menjelaskan prinsip di balik sistem part mereka. Mereka memberi tahu ku bahwa itu untuk pendinginan ban belakang. Dari informasi yang ku terima dan apa yang ku lihat, aku menghormati keputusan mereka dan memberikan izin untuk menggunakannya. Untuk Pabrikan lain aku mengerti mengapa ini dirasa tidak benar. Mereka memprotes karena mereka merasa alasan utama part itu untuk downforce….

“Aturan sebenarnya ditulis oleh MSMA. Setiap kalimat yang tertuang di sana harus disetujui oleh mereka (Masing-masing Pabrikan). Itu adalah pilihan mereka, keputusan mereka untuk menggunakan kalimat dan kata-kata tersebut. Direktur Teknis kemudian memutuskan apa yang legal dan apa yang tidak. Begitu Cara kerjanya. Aku mengerti [kemarahan dari pabrikan lain] yang diarahkan kepada ku. Tidak jadi soal karena ini adalah pekerjaanku. Aku menerima hal ini setiap hari. Kami selalu berusaha meningkatkan kejuaraan ini. Setelah diselesaikan dan ditenangkan, kami akan membuat perubahan pada regulasi untuk membuatnya lebih jelas bagi kami dan bagi masing masing pabrikan….

“Hari demi hari kami bekerja dengan para pabrikan. Jika kami perlu mengklarifikasi sesuatu, kami akan melakukannya. Jika mereka setuju kami akan berubah. Tetapi kami tidak dapat mengubah aturan tanpa izin mereka. Satu-satunya hal yang bisa ku ubah adalah regulasi. Itu saja. Dan regulasi tidak dapat menghentikan sesuatu yang saat ini disetujui. Ini tentang perkembangan di masa depan. Aku tidak bisa memasukkan sesuatu ke dalam regulasi yang akan menghentikan paket aero saat ini….

” Ini tentang perbaikan di masa depan, apa yang mereka boleh lakukan, dan apa yang tidak boleh mereka lakukan. Semua pabrikan memiliki hak untuk setuju atau tidak setuju dengan pendapat ku dan apakah itu benar atau tidak. Ini adalah kehidupan normal. Mereka tidak setuju dengan pendapatku. Satu-satunya yang setuju denganku adalah FIM. Dari rasa hormat itu aku senang. Namun buatku dan untuk kejuaraan karena aku tidak suka situasinya, itu tidak baik. Aku tidak menganggapnya sebagai masalah pribadi. ” tutup Danny Aldridge….

Beberapa kekecewaan Aprilia baru-baru ini pada hasil sidang Pengadilan Banding MotoGP telah diarahkan pada saran nyata Aldridge terhadap pengembangan Aprilia yang juga akan memakai part swingarm serupa pada bulan Februari lalu. Aldridge menjawab……

Aku sudah mendengar tentang ini. Aku memang menerima email dari Aprilia dan mereka bertanya tentang proses untuk membuat part deflektor hujan. Dalam email yang kuterima, tidak ada kata-kata dari Aprilia yang mengatakan bahwa mereka ingin menggunakan part aero. Dalam emailku atau balasanku kepada Aprilia, aku katakan….itu tidak dapat digunakan untuk aero, yang persis sama dengan yang ada di regulasi. Aku tahu mereka menghentikan pengembangan karena aku tidak setuju dengan. Kata-kata yang ku katakan kepada mereka adalah mereka tidak diizinkan untuk memasangnya dalam kondisi kering. Satu-satunya perbedaan adalah ketika kami membuat klarifikasi dalam regulasi…

“Mereka email awal kepada ku tidak menyebutkan tentang penggunaannya dalam kondisi kering. Itu murni yang mereka tanyakan, ‘Jika kami membuat spoiler air seperti Yamaha, apakah kami perlu membuat homologinya?’ Itu dia….” seru Aldridge….

Pada hari Kamis Honda membawa part swingarm serupa yang hampir mirip dengan Part Ducati di Qatar. Namun dengan beberapa alasan di Tolak sebelum akhirnya Honda mendapat Lampu Hijau setelah mengajukan kedua kalinya dengan mengupdate part tersebut. Pria berkebangsaan Inggris tersebut menolak untuk mengomentari setiap perkembangan teknis baru, merasa itu tidak pantas untuk dilakukan sampai ‘itu disetujui dan digunakan….

“ Aku tidak akan mengomentari part pabrikan lain sampai itu disetujui dan digunakan. Jujur, sekarang setelah ada klarifikasi tentang apa yang diizinkan, aku berharap pabrikan lain turun dengan rute yang sama dengan Ducati. Jika itu terjadi di sini, kau harus menunggu dan melihat. Sebelum sesuatu digunakan di trek, aku tidak akan pernah mengatakan, ‘Cari sesuatu dari Honda atau Aprilia.’ Tidak benar untuk mengatakan bahwa mereka telah menyetujui sesuatu, atau mereka akan menggunakannya. Semua terserah mereka.” ungkap Danny Aldridge…

Last…. semua sudah di beberkan secara lengkap dan detail. Jadi terkait Regulasi yang katanya Kurang adil atau sebagainya ternyata tidak seperti yang kita bayangkan setidaknya setelah mendengar penuturan direktur teknis Motogp Danny Aldridge. Artinya dengan kepastian maka bisa jadi pintu ijin sudah dibuka untuk seluruh pabrikan menggunakan komponen serupa dengan Ducati. Wihhhhh semua pakai jalu swing arm pakdeeee……….(iwb)

Advertisements

19 COMMENTS

    • Yg jelas Danny Aldridge itu lulusan Ir pertanian gk cocok jd direktur motogepe/bukan bidangnya
      Emang enak di kerjain ir2 honda
      MuuUUUuuuehehehehe.. ….

    • Intinya direktur teknis motoGP ga pernah ngetes part2 yg didaftarkan,hanya berdasarkan KATANYA.

      Klo alasannya terang2an buat downforce maka akan ditolak

      tapi klo lasannya dibuat untuk mendinginkan ban ama akan disetujui.

      Klo berdasarkan alasan pabrikan, kedepan akan banyak muncul auro fairing baru disemua tempat, dengan alasan mendinginkan body motor dll

      wkwkwkkk

    • Intinya direktur teknis motoGP ga pernah ngetes part2 yg didaftarkan,hanya berdasarkan KATANYA.

      Klo alasannya terang2an buat downforce maka akan ditolak

      tapi klo lasannya dibuat untuk mendinginkan ban ama akan disetujui.

      Klo berdasarkan alasan pabrikan, kedepan akan banyak muncul auro fairing baru disemua tempat, dengan alasan mendinginkan body motor dll

      wkwkwkkk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here