iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….sopo orang ngowoh lan domblong dengan banderol CBR250RR Thailand yang melejit hingga tembus 111 jutaan. Harga ini bahkan juga mendapatkan komen negatif dari para Bikers Thailand yang menyatakan terlalu over price. Melejitnya bandrol sebenarnya tidak lepas dari status motor yang tertulis made in Japan alias import CBU. Pertanyaannya Kenapa Thailand tidak mengambil dari Indonesia sehingga jatuhnya lebih murah ?

Honda Thailand secara mengejutkan meluncurkan CBR250RR yang dibanderol dengan harga yang sangat fantastis. Mencapai 111 jutaan rupiah motor ini diduga impor dari Jepang. Bisa kita lihat tempelan emblem di sasis bertuliskan ” Made in Japan”. Banyak yang cukup penasaran dan heran Bagaimana bisa Honda Jepang memproduksi CBR250RR. Karena mayoritas mengetahui bahwa produksi motor 2 silinder ini hanya dilakukan di Indonesia. Plant dan jig sang kuda besi hanya hadir di pabrik tanah air. Terus kepriyeeee?

Untuk menjawab mari kita coba lirik strategi yang di lakukan oleh KTM pada Duke 125. Street Fighter naked ini dijual cukup mahal di tanah Eropa. Banderol bisa mencapai 50 jutaan untuk motor 125CC tentu merupakan fakta yang mencengangkan. Padahal jika kita melirik KTM Duke ataupun RC200 harga malah jauh lebih murah. Dari beberapa referensi ternyata hal ini tidak lepas karena status KTM Duke 125 yang dijual lewat KTM Austria. ” KTM Duke 200 bisa dijual lebih murah karena tidak harus dikirim ke Austria. Kalau sudah kesana pricingnya beda....” seru salah satu narasumber…

iklan iwb
iklan iwb

Yang mengejutkan ternyata KTM Duke 125 juga buatan India. Mayoritas komponen dibuat disana yang kemudian diekspor ke Austria secara terurai. Oleh KTM Austria baru kemudian diracik dan dirakit secara utuh yang pada akhirnya dijual ke Eropa. Pertanyaannya kenapa harus dikirim ke Austria dan tidak langsung dari India dilempar ke seluruh daratan Eropa supaya harga kompetitif? ” kebijakannya seperti itu, jadi itu adalah kebijakan Pusat….” tutur narasumber waktu itu. Nahhh…menarik tooo…

Entah kenapa IWB seperti ditarik pada kesimpulan yang sama terhadap status CBR250RR. Bedanya antara KTM dan bajaj, CBR250RR masih dalam payung pabrikan yang sama bukan hasil kolaborasi yakni Honda. Oleh karena itu kebijakan lebih terpusat dan absolut tergantung pihak prinsiple. Apalagi jika kita melihat status saham APHonda Thailand yang mayoritas dipegang oleh Honda Jepang. Kondisi ini beda dengan Astra Honda Motor yang masih memiliki porsi 50:50. Mungkin Honda memandang itu adalah cara yang terbaik untuk memasarkan Honda CBR250RR di Thailand…

Artinya secara pribadi IWB masih sangat yakin bahwa motor CBR250RR yang dijual di Thailand sebenarnya juga produksi dari Indonesia. Bedanya motor ini dikirim secara terurai ke Jepang yang kemudian dirakit ulang di negeri matahari terbit dan baru di ekspor secara utuh ke Thailand. Jadi muter-muter cak. Pertanyaannya lagi kenapa sistemnya harus demikian tidak langsung dari Indonesia? Kembali lagi ke peraturan awal adalah kebijakan prinsipel. Ada beberapa poin yang Tentu saja tidak kita ketahui dan hanya pabrikan yang tahu arah strategi pemasaran produk-produknya…

Last….seluruh artikel ini hanya berdasarkan analisa mengingat sulit mendapatkan narasumber yang sudi mengungkapkan fakta sesungguhnya. Apapun itu sebagai anak bangsa tentu kita bangga jika produk buatan Indonesia sudah bisa tembus ke Jepang yang kemudian dipasarkan secara global ke berbagai negara. Apalagi dari kacamata pribadi material dan finishing yang dipakai CBR250RR ditanah air juga sudah cukup bagus. Misteri status Honda CBR250RR Thailand ? IWB yakin sih dari Indonesia cak, piye menurut sampeyan ? (iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

44 COMMENTS

      • Honda thailand pilih jalan sulit karena AHM bukan milik honda jepang seutuhnya. 50% honda jepang 50% astra group. Sedang AP honda thailand merupakan anak perusahaan honda jepang. Sama seperti yamaha indo merupakan anak perusahaan yamaha jepang. Misal AP honda thailand import langsung dr AHM maka keuntungan honda jepang di bagi rata sama AHM. Jadi biar honda jepang untung banyak , mereka beli CKD dr AHM di rakit di jepang trus di jual utuh ke AP honda thailand. Jadi laba honda jepang ga kepotong AHM. Semua ttg bisnis bro…duit duit…

    • Untung indonesia engga digituin sama honda Jepang…..bikin di indonesia utuh…terus diurai kirim ke jepang dirakit dijepang dengan embel embel MAde in Japan…..Agak Aneh kebijakannya….atau mau cari untung banyak neh Honda Japannya

  1. Kalau biker thailand ngimpor sendiri cbr250rr dari indonesia lewat importir umum kira2 gmn? Harganya bisa lebih murah atau tidak dibanding harga resmi dealer APhonda. Kalau bisa lebih murah mending ngimpor sendiri aja. Atau jangan2 malah gak bisa. Karena ada blokade atau semacamnya dari cukai/AHM.

  2. Masalah cbr 250 rr di thai kenapa ambil dari jepun..
    Kalo ane berasumsi itu trik org thai, biar dpt ijin produksi cbr 250rr di thai jugaa..

    Jadi ingat ane mobil swift cbu 2005 dulu… Awalnya cbu ..dgn harga yg tinggi.. Berjalan waktu swift di lokalin padasaat itu bisa motong harga 30 jt an ( biar pun ada fitur yg di sunat sejak di lokalin)

  3. Jadi gini kenapa kok harga cbr 250rr di thailand mahal , jawabannya karena pihak honda jepang minta kualitas jempolan , jadi boleh di bilang buildquality honda yang di impor ke jepang itu build quality terbaik makanya mahal, kalau cbr yang murah itu cuma untuk menekan harga ,karena di thailand itu kualitas yang nomer satu

  4. lah yang dijual di jepun aja impor dr Indonesia kog,, aneh klo mereka bisa bikin tp utk jual dlm negeri mereka impor, gtu aja…
    BTW Lek, penasaran, klo Thailand masukin via IU lgsg dr Indonesia kira2 bisa berapa beda harga nya yah? siapa tau ada koneksi2 kang utk info itu.. secara RR udah ada sejak 2017, mgkn udh prnah ada yg impor via IU disana..

  5. mungkin tidak lolos standar kualitas mereka cak kalo ambil yang untuk pasar indonesia sehingga mereka mengambil yang untuk pasar jepang IMHO

  6. Honda thailand pilih jalan sulit karena AHM bukan milik honda jepang seutuhnya. 50% honda jepang 50% astra group. Sedang AP honda thailand merupakan anak perusahaan honda jepang. Sama seperti yamaha indo merupakan anak perusahaan yamaha jepang. Misal AP honda thailand import langsung dr AHM maka keuntungan honda jepang di bagi rata sama AHM. Jadi biar honda jepang untung banyak , mereka beli CKD dr AHM di rakit di jepang trus di jual utuh ke AP honda thailand. Jadi laba honda jepang ga kepotong AHM. AP honda thailand harus nurut karena anak perusahaan honda jepang. Lain sama AHM ga harus nurut honda jepang….semacam anak haram lah..wkwk Semua ttg bisnis bro…duit duit…

  7. Harapan gw setelah membaca artikel ini bakal tercerahkan dgn pernyataan resmi pihak honda, atau setidaknya bocoran pejabatnya. Hmm.. ternyata masih bersifat asumsi dan opini dengan dasar analogi dari pabrikan KTM. Gapapa juga sih, orang yg punya warung. Semoga ada info baru yg official..

  8. Saya sependapat dengan lek Iwan, dan juga mikir hal yg sama pada KTM, podo gawenane India lapo kudu parkir ke Austria disek baru di tebar ke seluruh eropa, 1. Biar ada tulisan made in austria, 2. Ini murni bisnis, artinya duite biar parkir di negara asalnya.. yg artinya pula jadi keuntungan bertambah, mbalik lg keuntungan adalah tujuan utama bisnis.. dengan kata lain, Austria (ktm) dan Jepang (honda) dadi makelar e.. emoh rugi rekk.. back to topic tentang cbr250rr, mumpung honda jpn nduwe saham dominan di Thailand.. kan lucu brand2 dia sendiri (org jepang) lah kok gak dapet untung banyak.. gitu kali yak.. duh malah dowo lek komenku.. sepurane kalo analisaku kurang tepak.. namanya jg analisa binti opini.. hehe

  9. Benarnya ya murni bisnis, biker mana yang mau beli harga diluar kewajaran, antusias biker berapa orang, mending tunda beli atau sewa saja disirkuit jika penasaran … Gengsi bisa juga , prestasi olah raga thailand juga mentereng, …over pd tapi

  10. Vetnam memasukkan CBR250RR lewat iimportir umum, makanya youtube CBR250rr di vietnam dah banyak. Dan harga bisa lebih murah. Mungkin importir umum Thailand bisa ngikut cara Vietnam

  11. Wes tau dibahas tmcblog , yang ke Jepang itu buatan Indonesia (tapi tidak semua komponen) ,lalu dirakit di sana, nah makanya pas kemarin di Jepang ada recall salah satu komponen,yang dijual di sini tidak kena recall ,karena komponen yang di recall tsb yang dibuat oleh Honda Jepang sendiri

  12. Honda CBR250RR motor terkencang di kelasnya stabil dan powerful dengan fitur canggih dan lengkap yg tdk dimiliki kompetitor.. haha ??

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here