iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….ngimpi opo jal. Lha piye…kabar kurang menyenangkan datang dari pabrikan roda dua besar India Bajaj yang bermaksud melepaskan kepemilikan saham 48% nya dari KTM. Pabrikan yang berhasil mengakuisisi 48% saham KTM AG tersebut pada tahun ini bermaksud untuk menjual kepemilikan dan dikembalikan ke KTM. Sebuah kabar yang cukup mengejutkan mengingat dari trend pasar yang kita lihat kolaborasi keduanya memberikan Efek positif pada penjualan KTM. Hmmm….kenapa ya cak?

Konfirmasi niat Bajaj yang ingin melepas saham 48% nya ke KTM menjadi sebuah kabar yang sangat mengejutkan di India setelah kolaborasi keduanya berjalan nyaris hampir 12 Tahun Lamanya. Seperti yang kita tahu pada tahun 2007 Bajaj berhasil mengakuisisi saham KTM AG hingga 48%. Tindakan tersebut membuat KTM yang saat itu mengalami kesulitan keuangan langsung bangkit dan sukses menjadikan produk KTM semakin terjangkau. Kenapa ?

Karena line up produk dipecah. Produksi yang biasanya dilakukan di Austria dan membuat ongkos produksi sangat mahal dibagi dua.  Sebagian besar dialihkan ke pabrik Bajaj India dengan fokus pada KTM Duke serta RC series mulai dari 390cc ke bawah. Sementara untuk 400 cc keatas produksi tetap dilakukan di Austria. Strategi tersebut membuat bandrol KTM series 390 CC ke bawah cukup terjangkau. Ongkos produksi yang lebih murah sukses menjadikan KTM Duke 200 serta 390 menjadi idola…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Tidak heran di berbagai negara motor ini lumayan digandrungi. Bentuk yang angker dengan sentuhan Eropa berhasil memikat mayoritas Bikers termasuk Indonesia yang dipegang oleh Penta Jaya. Jadi jangan heran harga KTM di Indonesia langsung terkoreksi cukup tajam dari sebelumnya berada di Kisaran 70 jutaan untuk Duke/RC250 menjadi hanya 45 jutaan hingga 49 juta. Artinya secara umum sentuhan serta keterlibatan Bajaj membuat penetrasi produk KTM jauh lebih tajam….

Sayang sekali di tahun ini sepertinya kerjasama mereka terancam berakhir. Bajaj berniat menjual kepemilikan sahamnya kembali ke KTM AG. Seperti dilansir Motorbeam, keputusan terhadap pelepasan saham akan didiskusikan secara final pada akhir Juni 2019 antara kedua pabrikan. Dan jika Confirm, Pierer Industries AG kembali menjadi mayoritas pemegang perusahaan induk KTM dengan porsi kepemilikan mencapai 99,7%. Alias merangkak cukup tajam dari sebelumnya hanya 51,7%. Hhhmmm….wisss rontok tenan cak berarti Bajaj…

Last…tidak tergali alasan Bajaj ingin melepas sahamnya di KTM. Mereka hanya memberikan alasan diplomatis bahwa dengan mengalihkan 48% sahamnya kembali ke induk KTM akan membuat Bajaj memiliki aliansi yang lebih strategis di masa depan. Dengan pabrikan lain mungkin? entahlaa. IMHO jelas sebuah alasan klasik cak. Satu hal yang membuat IWB sedikit kuatir, Apakah dengan lepasnya Bajaj dari tubuh KTM akan membuat posisi produk KTM kembali Mahal seperti masa lalu? Kekuatiran yang cukup wajar mengingat jika itu terjadi maka status produksi seluruh motor KTM 390 kebawah seharusnya akan kembali ke Austria. Semoga saja tidak pakde. So…kita pantau saja perkembangan berita ini cak….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!