iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….jiann apes koq dobel kuadrat ki piye. Disaat Dorna berharap balap motor listrik MotoE akan menjadi debut luar biasa Motor listrik dibalap paling bergengsi dunia justru mereka mendapatkan bencana. Sebuah bencana masif karena harus kehilangan seluruh line up MotoE yang disediakan Energica. Dilalah karena ketidak sanggupan pabrikan yang memang tidak terlalu besar, setelah Jerez batal Dorna kembali mengumumkan untuk juga membatalkan balap seri Le Mans. Sayonara good bye untuk dua seri sekaligus. Byuhhh moncrotttt serius lek ikiiii….

Seperti yang kita tahu terjadi bencana kebakaran pada saat pengujian MotoE selama 3 hari di Jerez Spanyol. Kebakaran yang meluluh lantakkan seluruh komponen termasuk 20 mesin energica ego Corsa. Ora tersisa cak….habis bablas angine. Bahkan laptop yang digunakan untuk menyeting motor pun ludes. Puluhan perangkat keras ikut binasa pada kebakaran yang terjadi pada hari Kamis tanggal 14 Maret sekitar jam 12.00 malam waktu setempat….

Hancurnya lokasi karena sponsor pengisi daya cepat perangkat yang disuplai oleh Enel pada saat itu juga menyimpan energi yang cukup besar. Bisa ditebak pada keesokan harinya sudah tidak ada tersisa apapun. 18 motor yang siap digunakan oleh para tim ditambah 2 motor cadangan meleleh hangus. Termasuk peralatan Pit dari 12 tim hancur tidak tersisa. Kondisi tersebut membuat Dorna melakukan langkah-langkah awal dengan cara evaluasi menyeluruh. Termasuk kemungkinan tetap menggelar balap seri pertama di Jerez Spanyol….

Namun pada akhir kesimpulan Energica tidak sanggup. Keputusan pahit diambil untuk membatalkan balap Jerez yang seharusnya digelar pada tanggal 5 Mei nanti. Energica sendiri sudah berusaha untuk meracik ulang motor pada versi standar di Italia. Namun masalahnya kemampuan motor ini jauh dibandingkan versi racing yang sudah di oprek dengan berbagai kekuatan tenaga penggerak. Terbukti kabarnya hanya 6 putaran dengan jarak 26,5 km baterai sudah habis tanda motor ini tidak memungkinkan untuk ajang balap. Jiann ciloko tenan pakdeee…

Dengan fakta tersebut akan sangat sulit untuk mendorong balapan seri kedua sekalipun. Oleh karena itu secara resmi promotor Le Mans Claude Michy lewat kepastian Dorna membatalkan MotoE yang seharusnya digelar pada tanggal 19 Mei 2019. So…5 dan 19 Mei bubar cak. Konfirmasi ini dimuat via speedweek dengan kemungkinan balap MotoE akan didorong pada bulan Juni 2019. Di bulan tersebut kemungkinan antara Mugello, Barcelona ataupun Assen. Dari sana barulah akan disambung pada tanggal 7 Juli di Sachsenring Jerman….

Lalu 11 Agustus di Spielberg barulah yang terakhir pada tanggal 15 September 2019 di Misano Italia dengan 2 balapan. Itu rencana sementara cak….. jadi memang belum fix karena harus tetap berpegangan dengan kemampuan Energica ego menyiapkan mesin baru pengganti 20 yang hancur karena kebakaran. Pabrikan ini sekarang masih berusaha keras untuk meracik secepat mungkin MotoE terbaru yang memiliki spek racinguntuk ukuran motor listrik…..

Last… tragedi bencana yang dialami oleh MotoE menimbulkan kerugian yang sangat besar. Dari beberapa media dan referensi disebut total kerugian mencapai 1,5 juta Euro atau setara dengan 24 miliar rupiah. Angka yang tidak sedikit cak. Yahhh… Semoga cepat kelar karena IWB sendiri cukup penasaran ingin melihat Seperti apa balap MotoE. Seru ora yo kiro-kiro. Kita tunggu saja…(iwb)

Jadwal baru MotoE

Race 1 – July 5th -7th – Sachsenring, Germany
Race 2 – August 9th -11th – Red Bull Ring – Spielberg, Austria
Races 3 & 4 – September 13th -15th – Misano World Circuit Marco Simoncelli, San Marino and Riviera di Rimini
Races 5 & 6 – November 15th -17th – Circuit Ricardo Tormo, Comunitat Valenciana

Daftar nama para pembalap MotoE 2019

Alma Pramac Racing: Josh Hook and Alex De Angelis
Ángel Nieto Team: Nicolas Terol and Maria Herrera
Avintia Esponsorama Racing: Xavier Siméon and Eric Granado
LCR E-Team: Randy de Puniet and Niccolò Canepa
Tech3 E-racing: Kenny Foray and Hector Garzo
Trentino Gresini MotoE: Matteo Ferrari and Lorenzo Savadori
Dynavolt Intact GP: Jesko Raffin
Ajo Motorsport MotoE: Niki Tuuli
Estrelale Galicia 0.0 Marc VDS: Mike di Meglio
One Energy Racing: Bradley Smith
Pons Racing: Sete Gibernau
SIC58 Squadra Corse: Matteo Casadei

iklan iwb
Previous articleBreaking news : Hasil Rapat FIM menyatakan sayap Ducati legal, banding 4 tim ditolak !!
Next articleWSBK 2019 : Tantang Kawasaki, Bautista-Ducati tidak takut RPM disunat !!!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

16 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here