iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…….jelas sudah wis. Setelah menunggu hampir 5 hari lamanya akhirnya keputusan datang. Pengadilan banding MotoGP FIM menyatakan menolak keberatan empat pabrikan yakni Honda, Suzuki, KTM dan Aprilia atas sirip yang dimiliki Ducati. Dengan ditolaknya banding maka dipastikan Andrea Dovizioso tetap menjadi pemenang pada balap MotoGP Qatar. Waahhhh…menarik ki pakdeee…

Seperti yang kita tahu sebelumnya terjadi kontroversi atas sirip swing arm Ducati yang diklaim memiliki efek downforce oleh Aprilia yang didukung tiga pabrikan dibelakangnya yakni Suzuki, Honda dan KTM. Mereka bersikeras memiliki data yang menunjukkan bahwa tiga bilah sirip tersebut menyalahi regulasi karena tidak hanya sekedar mendinginkan ban akan tetapi membantu sisi aerodinamika yang ini berarti tidak sesuai pedoman yang sudah ditetapkan…..

Walaupun banyak data serta beberapa pengamat ahli aerodinamika seperti Ali Rowland Rouse dari Formula 1 Alfa Romeo menyatakan bahwa komponen tersebut memang akan memberikan Efek downforce akan tetapi ternyata pengadilan banding MotoGP FIM yang bermarkas di Jenewa memutuskan mendukung keputusan direktur teknis MotoGP Danny Aldridge dengan menyatakan bahwa sayap legal pada saat inspeksi. Keputusan ini memang cukup mengejutkan mengingat banyak prediksi menyatakan bahwa bakal ada banned pada sayap tersebut. Hasilnya ? Negatif….

iklan iwb
iklan iwb

Namun tentu saja keputusan ini belum Usai. Jika keempat pabrikan tidak puas dengan keputusan FIM mereka bisa mengajukan banding terhadap permasalahan Ducati dan membawa masalah ini ke pengadilan tinggi Arbitrase Olahraga (CAS). Mereka memiliki waktu 5 hari untuk membawa hasil FIM kesana. Apalagi secara kasat mata dengan memasang pendingin di swing arm sebenarnya Ducati juga sudah menyalahi aturan perihal Motogp “Aero body” yang membatasi setiap pembalap menggunakan satu fairing dalam satu musim dengan homolasi sebelumnya. Sementara sirip Ducati baru diperkenalkan ketika race Qatar….

Dengan hasil FIM banyak yang memprediksi bahwa 4 pabrikan tidak akan meneruskan masalah ini. Apalagi tujuan dari tim sebenarnya adalah untuk mendapatkan kejelasan peraturan alias bukan menganulir kemenangan Andrea Dovizioso di losail Qatar. Seperti yang dikatakan oleh manajer tim Suzuki David Brivio. “ Dengan mengajukan protes ini kami memaksa mereka untuk mengevaluasi, menilai dan mengklasifikasi prinsip-prinsip peraturan, regulasi serta pedoman yang bisa kita pegang. Itulah tujuan utama kami yakni mengklarifikasi apa yang bisa dan tidak bisa kami lakukan…..” seru Davide…

Yang panas cak, dengan kemenangan tersebut Ducati langsung menyindir keras pabrikan lain dengan melontarkan kalimat yang super pedas via twitter pribadinya. Claudio Domenicalli (Ducati CEO) mengatakan ” Ducati sangat bangga kepada para insinyur italia dengan kecerdasan dan kemampuan berinovasinya. Banyak orang pekan lalu menganggap kami curang. Semoga mereka sekarang diam dan berusaha mengalahkan kami di Track “ serunya. Wihhhh makjleb tenan rekkkk…

Last…..belum ada satupun pabrikan yang memberikan komentar dengan penolakan banding oleh FIM terhadap masalah sirip Ducati. Yang jelas dengan kekalahan mereka artinya Ducati tetap diizinkan menggunakan sirip swing arm serta posisi Dovi tetap menjadi pemenang pada balap losail Qatar kemarin tidak bisa diganggu gugat. Dari sisi pribadi IWB sendiri sebenarnya tidak terkejut FIM mendukung keputusan Direktur teknis MotoGP Danny Aldridge. Sebab jika FIM meluluskan dan memenangkan permintaan 4 tim, sama Artinya mereka menelanjangi kredibilitas direktur teknis yang selama ini dianggap sebagai sosok tertinggi pengambil keputusan masalah teknis di MotoGP. Nahhh wis clear yooo cak, kita tunggu saja drama ini selanjutnya. Apalagi bos Ducati mengancam juga akan memperkarakan sayap fairing Honda, apakah akan benar-benar dilakukan? Seruuuu kii rekkkk….(iwb)

Hasil balap Motogp Qatar 2019

1. Dovizioso, Ducati
2. Márquez, Honda
3. Crutchlow, Honda
4. Rins, Suzuki
5. Rossi, Yamaha
6. Petrucci, Ducati
7. Viñales, Yamaha
8. Mir, Suzuki
9. Nakagami, Honda
10. Aleix Espargaró, Aprilia
11th Morbidelli, Yamaha
12th pole Espargaró, KTM
13th Lorenzo, Honda
14th Iannone, Aprilia
15th Zarco, KTM
16th Quartararo, Yamaha
17th Oliveira, KTM
18th Abraham, Ducati
19th Rabat, Ducati
20th Syahrin , KTM

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

83 COMMENTS

  1. Mantap inovasi ducati gk bakal berhenti kalo kek gitu ceritanya, semoga yg lain lebih kompetitif jg biar tambah seru

    • Ntr yg pd pke jd kncang & kompetitif gmn? Akankh Ducati sewot & balik arah mnta d banned tuh part? ?
      Msh nunggu Sisusi bnr2 bs ngepretin Ducati… Akankh bs bkin geram & mnta d bongkar msinny? ??

    • Ntr yg pd pke jd kncang & kompetitif gmn? Akankh Ducati sewot & balik arah mnta d banned tuh part? ?
      Msh nunggu Sisusi bnr2 bs ngepretin Ducati… Akankh bs bkin geram & mnta d bongkar msinny? ??

    • Mungkin belum, karena waktu bagi pabrikan lain buat copy paste terlalu pendek, next race mungkin, atau yamaha boleg juga mengingat mereka gak ikut2an masalah ini dari awal dan sudah pernah make, who knows

  2. Emang peraturan amburadul ni moto gepe..
    Team kecil mau bikin gitu di larang kasian aprillia..
    Giliran ducateng… Legal ckckcckckck oh moto gepe ada mafianya.

  3. La terus aprilia dulu knp di tolak cak mengajukan sayap swing arm yg mirip2 punya ducati…. Apakah ada sesuatu???? ?

  4. La terus aprilia dulu knp di tolak cak mengajukan sayap swing arm yg mirip2 punya ducati…. Apakah ada sesuatu???? ?

  5. Kalo beneran dulu aprilia pernah bikin arm serupa…tolong liat pictnya dong beneran mirip ducati nggak?kalo iya….dorna kebangetan nih..pilih kasih….

  6. Sepertinya emang lg era agar ducati bisa juara. Ngga di wsbk ngga di motogp, ducati diuntungkan. Semakin ngga respect dg pabrikan ini. Dovi ngga juara musim ini, wearpack Dovi kasih kutang. Kalo Bau di wsbk, seharusnya wsbk diakhiri prematur aja, langsung aja Bau dinobatkan sebagai juara, best of the best, core of the core. Ducati di motogp: It doest make any sense of sport spirit. Tinggal liat gimana usaha kebangkitan yamaha dan seperti apa taring suzuki buat mengoyak honda.

  7. bisa bayangin? ducati pakai sayap swing arm aja bisa ngalahin honda yg sbelumnya menang terus pakai sayang fairing,
    ,

    ntar rossi pakai keduanya buat balapan, auto njengat dan mematahkan teori “wes tuwek”

  8. Yamaha, yang dulu cuman buat antisipasi air hujan sekarang bisa dipakai kapan pun. Aprilia silakan dipakai hasil eksperimennya yg kemarin batal dipasang, apalagi punya ahli aerodinamika mantan F1, pasti jauh lebih joz. Sekarang bebaaaaaas.

  9. Aprilia pengen dpt data riset GRATIS, makanya langsung ke FIM, biar semua riset dibuka gamblang tinggal comot ntar

  10. yo wislah, iye kalau sayapnya dilebarin sekalin, biar yang lain pada PUAS!
    puas ditingglin maksudnya.

    gak usah rewel lah, kalau gak mau balapan ya mbalap kampung ala balap di Bondowoso tempo hari, :kalah, gepuk” 🙂

  11. Semua tim mungkin akan mengembangkan Part tersebut setelah dinyatakan LEGAL, dan mungkin alibinya juga sama untuk mendinginkan ban tapi mungkin juga justru pengembangannya ke arah Aerodinamika untuk Downforce yg bisa memberikan traksi lebih, Motor motor jepang (Honda, Yamaha dan Suzuki) sasisnya sangat bagus di Corner hanya sedikit lemah di trek panjang, nah dengah Part ini bisa jadi PR di trek panjang ini bisa teratasi, istilah jawane matur suwun Duc…gegara ente Part jadi Legal dan kami bisa gunakan untuk menguatkan traksi ban di trek panjang untuk lebih mudah mengalahkan-mu

  12. Emang peraturan amburadul ni moto gepe..
    Team kecil mau bikin gitu di larang kasian aprillia..
    Giliran ducateng… Legal ckckcckckck oh moto gepe ada mafianya.

  13. aprilia tim lemah,jangan samakan dengan ducati mengenai kekuatannya di motogp.
    apa yg tidak di aprilia bisa ia di ducati.

  14. Perlu diketahui dan selalu diingat, kehadiran Ducati di MotoGP adalah suatu usaha supaya masih ada motor Eropa yang bisa bersaing di balap prototype. Maka segala kemudahan dan keberpihakan Dorna pada merek ini terus dipertahankan. Salah satunya adalah abu-abunya peraturan winglet.
    Kenapa aturan winglet dibuat abu-abu? Untuk melindungi Ducati. Mau winglet model apapun , kalo itu di Ducati maka “abu-abu” inilah yg akan dimanfaatkan.
    Tapi biarkanlah, wong Dorna itu dari eropa, itu “hak” dia. Yang penting ketika Ducati pake winglet apapun tetep bisa nyalip ( lirik Honda dan Suzuki )

  15. bisa bayangin? ducati pakai sayap swing arm aja bisa ngalahin honda yg sbelumnya menang terus pakai sayang fairing,
    ,

    ntar rossi pakai keduanya buat balapan, auto njengat dan mematahkan teori “wes tuwek”

  16. Jika dibolehkan niscaya dana riset untuk part itu akan membebani pabrikan kecil, karena jika gak ikut riset bakalan makin tertinggal, dan pada akhirnya pabrikan yang naik podium L4

    Dan tahun depan part ini dilarang, karena alasan dana riset diatas, gitu aja terus DORNA, lanjutkan ketidak-tegas anmu

  17. Nah gini kan enak, jelas sudah. Aprilia silahkan dipake lagi aero swingarmnya. Kalo ditanya tinggal jawab buat dinginin ban juga.

    Hidup rok abu-abu, #ehsalah hidup aturan abu-abu wkwkwkwk

  18. yok pada dipasang rame2… jangan lupa ducati menang juga skill pembalapnya ada.. si petrux buktinya pake tapi tetep dibelakang.. wkwk

  19. Kemenangan Ducati dari 4 pabrikan bukan hal yang menyenangkan buat Ducati, mengingat yg awal ingin mengembangkan adalah Aprilia, lalu setelah dinyatakan Legal oleh FIM maka semua pbarikan bisa menggunakannnya, Yamaha yang semulanya hanya sebatas untuk menyingkirkan air tentu akan dikembangkan tak sebatas menyingkirkan air. dan dengan semua tim mengembangkan alat tersebut Ducati untuk mengalahkan tim lain terutamanya Honda justru akan seperti musim musim sebelumnya terlebih Suzuki juga sudah mulai kompetitif, dengan terbongkarnya part etrsebut dan dinyatakan Legal justru memberikan angin segar untuk semua tim untuk bisa mengalahkan Ducati, jadinya Ducatinya malah dapat kesulitan baru, yg sebelumnya saja sudah mengalami kesulitan terutama untuk mengalahkan Honda, justru dengan terbongkarnya Part ini justru memberi angin segar pabrikan jepang. Dari awal thn 70’an memang pabriakn Jepang ciamik dalam dunia balap motor sampai saat ini.
    Menang banding rugi dalam persaingan (jeroane terdeteksi lawan)

  20. Dinyatakan legal pun resep ramuan nya akhirnya mulai terkuak. At the same time dorna ga ada alesan mw nglarang yg laen klw bsa ngembangin

    • ? seperti yang dulu ? winglet di larang, akhirnya muncul kotak fairingnya…. inti nya, ducati mau inovasi apa pun, yang lain tinggal mengembangkan nya lebih advanced ? aspek LEGAL nya urusan ducati. aman

  21. Slh sndri kan ducati ud nyogok malboro 1slop,,mkny klo mw menang pd nyogok samsoe atw minimal mild lah

  22. jangan2 abis ini ada pembalap kamikaze yang sengaja nge-T dovi
    Menurut saya sih,kalah di balap ,mendingan bales di PlayStation ngoahahahajuuur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here