iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk….buanyakkk yang penasaran dan bertanya ke IWB sebenarnya seperti apa sih aspal sirkuit Sepang Malaysia. Sirkuit yang menjadi tolak ukur karena memang Sepang adalah  salah satu sirkuit paling bagus yang ada di Asia. Banyak yang berpikir aspal Sepang Malaysia merupakan campuran aspal paling mulus karena dari jauh terlihat begitu licin seperti elemen setrika. Namun ternyata kalau kita melihat dari dekat prediksi tersebut tidak selalu benar. Meraba dan melihat langsung, seperti inilah aspal sirkuit Sepang Malaysia yang IWB racik dalam bentuk video….

Beruntung IWB adalah salah satu Blogger yang cukup sering menyambangi beberapa sirkuit internasional baik di dalam serta luar negeri sehingga bisa membandingkan. Mulai dari Sentul, Sepang Malaysia, Motegi Jepang ataupun Chang Buriram Thailand. Selain sirkuit internasional IWB juga sempat merasakan sirkuit private seperti Bira Thailand ataupun Johor Malaysia. Namun pada artikel ini IWB akan membahas dan lebih fokus pada sirkuit internasional seperti Sepang…

Untuk memberikan grip atau traksi yang bagus dibutuhkan aspal yang memiliki kontur berbeda dibandingkan dengan kebanyakan jalan raya. Bisa terlihat pada saat kita mendekati dan meraba secara langsung aspal sirkuit Sepang Malaysia. Asphalt ini cenderung memiliki komposisi yang sedikit berbeda bahkan dibandingkan dengan Sentul sekalipun. Permukaan diracik sedemikian rupa untuk memberikan traksi maksimal pada ban motor. Dan yang menarik ternyata Jika dilihat dari dekat aspal tersebut tidak sehalus yang kita kira…

Aspal memiliki banyak pori besar yang sengaja supaya bisa menyerap air secepat mungkin. Jadi banyak lubang kecil berukuran mikro alias tidak sepekat sirkuit tanah air. Dari beberapa referensi yang IWB dapatkan, aspal tersebut memang khusus dibuat untuk tetap mempertahankan traksi pada low temperatur ataupun high temperature, mencegah retak atau crack serta elastis dengan membuat gengan air secepat mungkin. Aspal sirkuit juga harus memiliki permukaan yang rata, menghindari ban selip termasuk memiliki durabilitas tinggi Kendati sudah berumur. Kuncinya adalah penambahan lapisan polymer yang akan mengikat beberapa campuran material aspal. Ketebalan Polymer minimal 10mm…

Nggak heran cak…konturnya emang beda dibandingkan dengan aspal yang ada di tanah air. Yang menarik aspal seperti ini juga IWB jumpai dijalanan Jepang. Artinya kemungkinan besar secara teknologi ataupun sistem pengaspalan kita masih tertinggal dengan mereka. Aspal yang tahan retak ataupun rontok akibat beberapa material campuran yang memiliki kualitas sangat baik termasuk kemampuan menyerap air yang tidak dimiliki oleh aspal kebanyakan. Seharusnya kita bisa mencontoh dan mencoba untuk aplikasi aspal model demikian cak…

Yah…mungkin biaya lebih mahal tapi kalau awet Kenapa tidak. Kendati secara level tidak sebagus sirkuit namun ada baiknya aspal yang ada di Jepang bisa menjadi bahan rujukan. Tidak usah jauh-jauh. IWB pernah touring melintasi wilayah Aceh yang sempat terkena tsunami dan mendapatkan bantuan pengaspalan pihak luar negeri ternyata aspalnya beda. Warnanya agak cerah bukan hitam pekat tanda campuran sepertinya memang mirip dengan beberapa aspal yang ada ada di jalanan mancanegara….

Last…. aspal sirkuit dipastikan mahal dan tidak murah. Oleh karena itu untuk membangun sebuah sirkuit dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Beberapa jepretan aspal yang IWB lampirkan juga menjadi bukti bahwa aspal sirkuit luar ternyata memang berbeda secara komposisi ataupun pola pengerjaan. Yang jelas ada rongga mikro dan warna aspal sedikit cerah seperti batu. Untuk menjawab rasa penasaran sampeyan Monggo intip saja video yang sudah IWB lampirkan dibawah ini. Piye, wis ora penasaran to ?…(iwb)

VLOG Lengkap Sepang Malaysia 2019

 

iklan iwb
Previous articleJorge Lorenzo akui takut mati diatas mesin Motogp !
Next articleCarmelo Ezpeleta : “MotoGP Lebih baik dari pada F1”
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

36 COMMENTS

      • Aspalnya si gak salah yg salah rakyat yg gk mau pajak sama tikus2 rakus Pada tanggal 24 Mar 2019 15.45, “Disqus” menulis:

        • Gak salah sih… TAPI…
          Rakyatnya yang terlalu manja… Semua hasil pajak alokasinya buat subsidi doang manjain rakyat biar gak demo… Dikit doang yang bisa dialokasi buat develop infrastructure yang jelas lebih menghasilkan kedepannya…
          Pajak kita abis cuma buat barang konsumsi…
          Buat apa? Orang kerja keras, suru bayar pajak buat manjain manusia” malas doang…

  1. Itulah bedanya kualitas pembalap yang biasa latihan di sentul sama sepang.
    Yg disepang udah bisa tembus sampe sekelas MotoGP Dan skill engga malu”in bgt.
    Makanya aneh pemerintah mw bikin sirkuit level internasional nya tipe jalan raya yang engga bisa sesuka hati dipake.
    Padahal Indonesia butuh dedicated sirkuit macam sepang untuk penambah/pengganti sirkuit sentul.

      • Jadi itu sirkuit khusus buat gelaran dorna doank?
        Yg lain GG bisa make gitu?
        Yg ai permasalahin itu penggunaannya sirkuitnya engga bisa setiap saat, sebelum digunakan ini sirkuit pasti Ada persiapan Yg makan Waktu until convert Dr jalanan umum ke sirkuit mode.
        Nah pembalap Indonesia pasti kesulitan buat bisa bebas latihan di sirkuit itu ujung”nya pd lari ke sentul LG.
        Masa iya itu jalanan bakal ditutup terus buat sirkuit?

  2. Cerita aspal.. Kampung owe di sumut.. Masi ada jalannya di semen swadaya warga.. Mau cerita aspal kelas 1.. Kelas 4 aja belum kebagian..

  3. yang depan rumahnya belum diaspal tapi cuman dikasih batu mana suaranya, heran sama yg bikin kok cuman dikasih batu, di tutup tanah juga nggak, malah sering bikin ban kempes, cocoknya dterapin utk depan sekolahan biar yg ngebut mledos ban rodanya auto nyungsep kan lebih berfaedah.

    • Alasan safety om depan rumah bnyk anak2 keliaran main2 klo di aspal, beton, pv blok rata halus mulus kan bahaya

  4. kalo aspal jalanan indonesia di buat bagus & awet, tahun depannya para kontraktor jalan mau ngerjain apa cakkk 😀 #IYKWIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here