Iwanbanaran.com – Cakkkk…..sepertinya Made In Indonesia benar-benar semakin mendunia. Bisa terlihat daru sepak terjang AHM yang sukses membuat  Vario series laris manis diluar negeri. Sampeyan bayangin, pada bulan lalu penjualan sepeda motor Honda produksi anak negeri melonjak 122% dibandingkan bulan yang sama 2018 nenjadi 20.035 unit. Wussshh bablas njengat pakdeeee…..

Berdasarkan data yang diolah dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) pada Februari 2019, ekspor motor buatan dalam negeri ke pasar global tumbuh 42% dengan total pengiriman 54.750 unit. Pada bulan yang sama tahun lalu hanya 38.679 unit. Dengan lonjakan 122% pertumbuhan ekspor sepeda motor produksi AHM jauh melampaui pertumbuhan ekspor industrinya.

Untuk pengiriman secara utuh (CBU/Completely Built Up), Honda Vario series merupakan produk yang paling banyak diekspor dengan total pengiriman 11.616 unit. Kontribusi lainnya berasal dari Honda BeAT series, Honda Sonic 150, Honda CRF150, dan Honda CBR150. Pengiriman ekspor CBU pada bulan lalu didominasi tujuan negara Bangladesh dan Filipina.

Selain ekspor dalam kondisi CBU, AHM juga melakukan pengiriman komponen sepeda motor Honda secara terurai (CKD/Completely Knocked Down) ke manca negara, antara lain Vietnam, Malaysia, Jepang, Thailand, dan Kamboja. Tercatat sebanyak 18.060 set CKD sepeda motor Honda terkirim sepanjang Februari 2019.

General Manager Overseas Business Division AHM Kurniawati Slamet mengatakan lonjakan pengiriman sepeda motor Honda merupakan bukti komitmen AHM untuk mendukung upaya peningkatan ekspor pemerintah.

“Pertumbuhan ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami dalam menggarap pasar ekspor dengan produk-produk kompetitif karya anak bangsa. Kami harapkan berkontribusi mempercepat pulihnya neraca perdagangan kita,” ujar Kurniawati. Masih ragu buatan anak negeri ? hayooooo koweeeee :mrgreen: ….(iwb)

Advertisements

39 COMMENTS

    • Gawe biaya balap cah2 iko nang luar negeri… Mugo2 tmbh laris & nambah slot nang Moto3 plus MotoGP!

    • Lokal merajai
      Exprot menguasai
      Balap menjuarai
      Kualitas memadai
      Honda….. honda….honda…..yessss….!!!!!
      MuuuUUUuuuuuehehehe. ……

    • Selamat buat sales luar negeri yg telah belajar ke sales2 honda lokal
      MuuUUUuuuehehehehe… .

  1. CBU: Bangladesh, Filipina
    CKD: Vietnam, Malaysia, Jepang, Thailand, dan Kamboja

    Hmm.. kirain ekspor ke ngeropah

    • Produsen itu gak mikir harus jualan ke mana, tapi jualan sebanyak2nya. ke ngeropah tapi gak punya kekuatan ikut menentukan produksi dan cuman sebagai keset titip pabrik doang mah sama aja jadi budak di negara sendiri.
      Jualan laris dan bisa ikut menentukan arah produksi , itu yg bikin bangga sebagai bangsa.

    • Kalau ekspor sampe eropa ya sudah jelas kualitasnya TOP!. yg diuntungkan konsumen. ngapain repot2 mikir ini laris apa nggak?. konsumen kan tinggal pakai, rawat, selesai.

  2. Made in Indonesia tp merek Jepun, ga bikin bangga, cak. Made in Indonesia, dan merek Indonesia itu baru bikin bangga

    • Sudahlaaah, hare gene ngomongin bikin merek sendiri. apalagi merek mainstream. Orang Amerika aja gak malu bikin Honda Amerika, orang thailand gakn malu bikin Honda Thailand, orang eropa gak malu bikin Honda eropa

    • Lho kok pesimis gitu? Saya masih optimis suatu saat ada startup otomotif dari Indonesia. Salah satunya satunya Gesits semoga cepat mengaspal. Lagian saya kan ga ngomong ‘malu’, cuma ga bangga. Biasa aja, gada yg perlu dilebih2kan

    • Bukan pesimis. Cuman mau kasih tahu, apapun mereknya ( jepun kek, amerika kek, boyolali kek ) kalo itu karya usaha orang indonesia ya harus bangga.
      Justru dengan diawali kerjasama dengan merek2 luar itu kita bisa lebih cepat transfer iptek.
      Selain itu yang penting bisa bikin dan jualan produk lewat market yg udah terbentuk. Bikin Gesits itu gak cuma bikin produk, tapi juga harus bikin marketnya. Jangan sampe kita bangga bisa bikin sendiri, giliran mau jual, orang2 gak pada tahu produk itu, jadinya yg beli dikit.
      Skali lagi hari gini gak usah ngurus merek, yang penting bisa buat produk sendiri dulu.

    • Honda Indonesia bikin paryo atau embit gak usah mikir jepangnya, yang penting bisa bikin produk bermutu dan laku ada yg beli, itu pikiran sederhana untuk bisa bangga

  3. Ya bangga lah lek, dengan karya anak bangsa.

    Kawasaki Ninja125 sudah tembus sampe eropa (CBU)
    Suzuki GSX125 & Address sudah tembus sampe eropa (CBU)
    Yamaha Xmax250 sudah tembus sampe eropa (CBU)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here