iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….suka atau tidak pergeseran teknologi sepertinya akan mulai merambah dan fokus pada motor listrik. Terbukti dengan kelahiran balap motor MotoE yang sudah masuk agenda Dorna. Di sisi lain untuk motor Mass production sudah ada beberapa merk yang serius di sana seperti Energica serta Zero. Namun untuk raksasa otomotif Honda ternyata memiliki strategi lain yakni mereka ingin merambah dunia cross dengan kehadiran motor listrik. Keseriusan Honda dibuktikan dengan perkenalan sebuah trail listrik yang mengusung nama Honda CBR elektric di ajang Tokyo Motor Show 2019. Waaaa ikiii….juozz!!

Hari ini Honda secara resmi memperkenalkan motor listrik untuk varian trail berlabel CR elektric. Motor yang dibuka selubungnya di ajang Tokyo Motor Show 2019 menunjukkan bahwa secara fisik ternyata memiliki kemiripan yang lumayan besar dengan CRF versi bensin. Intip saja di area sasis yang menganut model Twin spar aluminium. Yang menarik sampeyan juga akan menemukan desain sasis model kotak di bagian depan lengkap dengan cover engine……

Begitu pula lengan Ayun atau swing arm yang mengggunakan material aluminium die cast khas trail profesional. Pada versi Prototype kita juga menemukan sistem penggerak yang disalurkan oleh rantai dan sproket gir di sebelah kiri seperti layaknya tipe bensin. Mungkin perbedaan signifikan CR Electric kita tidak menemukan tangki bensin di bagian atas. Yup…. Betul kangBro di area tersebut dibuat flat atau rata…

iklan iwb
iklan iwb

Cukup dimaklumi karena dengan sistem penggerak listrik tidak lagi diperlukan tangki untuk menampung bensin. Lalu di area mesin kita juga akan menemukan sebuah komposisi sistem penggerak yang cukup berbeda dibandingkan dengan tipe bensin. Tidak ada lagi silinder head ataupun radiator. Dengan penggerak generator yang disuplai oleh energi listrik seluruh komponen tersebut tidak diperlukan. Kemudian bagian depan suspensi juga tetap mengandalkan Showa Upside Down….

Perbedaan signifikan lainnya tentu saja tulisan electric Proto di buritan CR elektric. Pemilihan kelir tricolor merah-putih-biru membuat karakter Honda begitu kuat. Untuk ban sendiri dipilih model Dunlop lengkap  dengan pattern “tahu” khas dirt bike. Pertanyaannya Kapan motor ini dijual dan berapa harganya ?

Tidak ada keterangan apapun karena sejauh ini Honda hanya melakukan proses revealed alias perkenalan. Dan yang patut dicatat motor CR electric hanyalah berupa prototype….masih belum pasti akan lahir dalam waktu dekat. Mereka sepertinya hanya ingin memberikan petunjuk bahwa Honda berniat dan memiliki wacana untuk melahirkan sebuah motor listrik generasi dari CR family. Keinginan yang tentu saja patut kita tunggu karena suka atau tidak motor listrik memiliki torsi yang luar biasa besar dan sulit disamain mesin bensin…..

Last…. dari pengalaman masa lalu jika Honda sudah memperkenalkan versi prototype untuk berubah menjadi Mass production bukan hal sulit. Seperti halnya PCX series yang sebelumnya juga diperkenalkan dalam bentuk prototipe terlebih dahulu. Dan pada akhirnya lahir Mass Production. Termasuk Honda CBR250RR yang kini mengaspal di tanah air dengan sukses. Motor Ini pertama kali juga diperkenalkan di ajang Tokyo Motor Show dalam bentuk prototype. So….CR Electric? Sepertinya kita tidak akan bisa mendengarkan raungan mesin di ajang balap motor cross dimasa depan….weehhh iso garing tenan pakdeee…(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

19 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here