iklan iwb

Iwanbanaran.com – Nggak iso ngomong tur bengong cak…mungkin itulah yang dirasakan tester dan reviewer kondang Youngmachine Maruyama saat merasakan sirkuit Sentul ketika mengadu dua motor fairing beda pabrikan Yamaha new R25 vs Honda CBR250RR. Pada pengetesan tersebut mereka disodorin sebuah pemandangan yang nggak masuk akal untuk ukuran sirkuit internasional. Dan yang paling mengejutkan adalah nongolnya anjing melintas disirkuit..sebuah kondisi yang disebut mereka tidak bisa ditoleransi karena super berbahaya !..

Secara khusus jurnalis dan tester media terkenal Youngmachine datang ke Indonesia untuk ngetes Yamaha New R25. Motor ini sengaja diadu melawan Honda CBR250RR untuk melihat potensi generasi terbaru New R25. Maruyama san ditemani salah satu rekannya awalnya cukup pede ngepush motor di Sirkuit yang memiliki aspal bumpy. Sebuah kondisi yang sudah ditebak dari awal sehingga mereka secara mental telah siap. Namun kondisi tersebut tidak cukup karena ternyata nongol penghalang yang tidak mereka tebak sebelumnya yakni kehadiran mahkluk tak diundang melintas di atas lintasan….

Yang pertama dalam pengetesan mereka dikejutkan oleh biawak atau kadal melintas di atas aspal. Bukan hanya pertama Namun dua kali cak. Dari sini Mereka sudah lumayan shock dan terkejut. Ternyata itu belum seberapa Sebab di lintasan lurus ketika menembus angka 165 km per jam ada beberapa pekerja di pinggir trek sedang menyapu sirkuit. Mereka berpikir Gimana jika terjadi crash kemudian motor dan pembalap menghantam mereka? Ternyata tidak butuh lama bagi Maruyama untuk kembali terkejut karena ketika geber motor di Sirkuit Sentul tiba-tiba seekor anjing berlari menyebrang dengan kecepatan tinggi…..

iklan iwb

Sebagai tester yang biasa melakukan tugasnya pada kondisi safety maksimal di Jepang kejadian tersebut membuat mereka tercengang. Apalagi ada beberapa anak yang sedang bermain di sekitar sirkuit dan ini disebut sesuatu hal yang tidak bisa ditoleransi di negeri matahari terbit. Berikut curahan dan penuturan jurnalis Youngmachine pasca ngetes new R25…

????????4?????????R25?CBR???????????????????????????????????????????????????!????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????R25?CBR???????????????

Lebih kurangnya bisa IWB terjemahkan sebagai berikut….

” Saat pengetesan tidak ada hujan dan aku bisa melakukan komparasi konfrontasi antara New R25 dan CBR secara full. Namun pada akhirnya aku harus katakan bahwa pengetesan ini sangat berbahaya. Yang pertama kami dikejutkan oleh kehadiran kadal yang besarnya seperti dinosaurus di atas aspal sirkuit. Kemudian pada lintasan lurus ketika melakukan tes top speed ada 2 orang sedang menyapu di pinggir lintasan..

Tidak hanya itu seekor anjing juga menyeberang di trek. Dan pada akhir pertunjukan kita melihat beberapa anak berada di tikungan luar bermain-main di sana. Sebuah kondisi yang tidak bisa ditoleransi jika ini terjadi di Sirkuit Jepang. Pada akhirnya dengan putus asa dan sedikit frustasi kami harus Sudahi seluruh tes perbandingan New R25 serta CBR 250 lebih cepat dari rencana…” cetusnya…

Yang diungkapkan Maruyama bukanlah tanpa alasan. Karena jika kita melaju pada kecepatan tinggi dan menabrak anjing pasti akan celaka. IWB sendiri pernah terkejut pada saat ngetes salah satu produk tiba-tiba kadal melintas dengan santai membuat kita harus banting setir. Untuk riders Indonesia mungkin biasa…namun bagi tester Jepang jelas kondisi ini disebut luar biasa dan mengherankan. Geleng-geleng lan tepuk jidat cak..

Last….kesimpulan tes akhir menunjukkan bahwa Yamaha R25 ternyata memiliki kemampuan yang cukup baik pada sisi handling dan ini sudah IWB tebak sebelumnya. Pada tes tersebut Yamaha New R25 mampu menorehkan waktu terbaik 2 menit 02.585 detik serta top speed mencapai 160,62 km/jam (GPS data Logger). Sementara CBR250RR lebih cepat dengan 2 menit 01.983 detik serta top speed 161.58 km/jam. Yup…CBR250RR still the king cak. Sirkuit Sentul ? semoga kedepan lebih steril cak…..(iwb)

66 COMMENTS

    • Asal bkn Darmo mlintang d tengah sirkuit, gondal gandul smbil ngayunin linggis… ??
      Iyo, Kang… Smga jd lbh baik & safety k dpan ?

  1. Itu belum lek … Ntar klimaks nya yg keluar memedi,demit,kunti,pocong,genderuwo,bunian, gerandong,ni pelet,Mak lampir,,,ehhhhh????

  2. Salah sendiri ngotot ngetes motor sport disitu,kan pembalap malysia dah bilang itu track motocros.

  3. tak cocoklah di sebut SIRCUIT INTERNASIONAL SENTUL….!
    cocoknya adalah SIRCUIT TRADISIONAL KENTUT

  4. Mungkin itu buat mempertajam insting cak biar gak kagetan… Terlalu memang di lintasan kok pake ada iklan lewat hemmmmm…..
    Mudah2an nanti di mandalika gk ada kejadian seperti ini secara sircuit di jln raya…

  5. Kalo masalah biawak dan anjing itu susah untuk di kontrol krn alami, f1 singpura juga pernah ada biawak. Tapi ada orang di area dalam sirkuit pas lagi gas pol benar2 memalukan.

  6. Belum lewat bocah ngejer layangan kan? Atau emak2 matic? Fix, orang jepang masih belum liat yg lebih parah…hahaha

  7. Sdh lihat videonya di youtube. Yg ditest bkn cuma R25 dan CBR250RR tapi jg old R25, New Ninja 250 dan old Ninja 250FI. Tapi nggak ada yg nyebut-nyebut asu dan kadal yg melintas sih

  8. Dari sirkuit seperti itu lahirlah pembalap2 militan. Pembalap yg tidak cuma mampu beradu dgn pembalap lain, tapi juga beradu dgn keterbatasan. Mungkin itu juga yg bisa bikin kita menang di ARRC, atc, ttc, rbrc, cev.
    Namanya juga punya swasta, ya harus pinter gaet sponsor buat pelihara itu sirkuit.
    Itu semua kenyataan, walau memang sangat memalukan

  9. Berarti itu benar di Indonesia. Sekalian sebelum tikungan suruh bunyikan klakson 3 kali.

  10. Ngga coba sirkuit bung tomo surabaya?lebih baik aspalnya.dan harusnya gak ada anjing dan anak2
    lewat.

  11. BElum lagi kalau ada pemain PUBG yang baru turun dari pesawat
    greget cak…bakal melongo

  12. mendiding tutup aja dulu berbenah apa lagi mau ada tandingan nya di lombok, dari pada memaksakan hasil nya malah memperburuk citra … imo sih …

  13. bukan review pedas itu mah tapi fakta nyata sekaligus tanda sayang bukan cibiran.. ayo indonesia bangkitkan sentoel..

  14. untung mereka gag melotott dan berujar: “GOJIRA! GOJIRA!!”

    *macam di film Godzilla pertama

Comments are closed.