Iwanbanaran.com – Keren pakde….. negeri ini selalu memiliki para modifikator rumahan yang patut diandalkan. Seperti yang dilakukan oleh rumah modifikasi AE Custom berikut ini. Walaupun modifikasi YZF R125 sudah bukan barang baru Namun tidak mengurangi rasa antusiasme ketika melihat hasil modifikasi terlampir. Diracik sedemikian rupa termasuk ketelitian dan finishing, siapa menyangka awalnya ini adalah motor Vixion lansiran 2013…..

Motor ini awalnya adalah New Vixion lansiran 2013 yang dibawa dan dipercayakan kepada AE Custom Jatim untuk dirubah menjadi motor fairing dengan inspirasi Yamaha YZF R125. Bahkan cak Alex Frandika sebagai owner dan pemilik dari New Vixion tersebut sampai rela membawa motornya jauh-jauh dari Surabaya ke Magetan Jawa Timur. Namun hasilnya tidak mengecewakan alias keren tenan. Btw gimana prosesnya ?

Untuk mengubah New Vixion 2013 menjadi motor fairing galak dengan basis dari YZF R125, AE custom harus merubah banyak hal. Salah satunya mencangkokkan satu body set full body original dari R125. Walaupun original tentu tidak mudah memasang pada body Vixion karena mounting dan dudukan betul-betul berbeda. Oleh karena itu modifikator harus merubah hampir semua titik supaya body set full tersebut bisa dicangkokkan pada body Yamaha Vixion. Langkah pertama adalah mengubah tangki dalam….

Termasuk spakbor belakang hingga pembuatan single seat fiberglass yang fokus pada bentuk asli R125. Dari sana modifikator juga harus mengubah sedikit rangka, mencangkokkan headlamp original YZF R125 termasuk stop lamp original. Kemudian bagian depan setir juga mendapatkan sentuhan khususnya segitiga atas bawah (yoke set) yang kini memiliki stang original YZF R125. Tidak hanya itu kunci kontak juga digeser dengan posisi mirip klan R125….

Termasuk foot step depan dan belakang, jok depan dan belakang yang semuanya menggunakan part original dari YZF 125. Jadi memang harus impor cak. Kesulitan tidak hanya di sana karena untuk membuat seluruh part masuk dengan presisi juga dibutuhkan tingkat ketelitian serta skill mumpuni dari modifikator. AE custom memilih speedometer original R15 V2 agar lebih mudah. Sementara swing arm original Vixion model kotak dibuang dan diganti dengan original R15 endurance. Merk ini lebih bagus karena masih impor dari India. Maklum cak, generasi setelahnya termasuk ringkih kurang kuat..

Kemudian untuk memperkuat penampilan kaki-kaki, velg asli juga dibuang diganti dengan merk Axio dengan ukuran depan 3 inci dan belakang 4,5 inchi. Jadi jauh lebih gambot. Tidak lupa knalpot Proliner, rem depan merk PSM, frame slider variasi termasuk mata kucing milik Honda C70 hingga lampu sein LED variasi membuat sosok dari New Vixion lightning 2013 ini berubah total. Hasilnya?? Owner puassssss….

”¬†Modif sudah 2 kali gagal dan tidak sesuai harapan. Dan untuk ke 3 kalinya saya ( AE Custom) di suruh ngerjain. Untuk part Original R125 nya, dia di Importkan sahabatnya yg menetap di Singapura yg bernama Samsul Hidayat. Untuk proses pengerjaan sekitar 2 bulanan. Dan menghabiskan biaya lebih dari 35 juta.. Pokokan punjule yo akeh kang. Dan kesan terakhir dari yang punya Motor ini sangat puas sekali setelah motor di bawa pulang.. Kemudian dia bicara. “Mas ternyata sampean ga bohong, body nya benar2 bisa buat ngaca...” seru Punggawa AE Custom ke IWB. Juozz tenan !

Last…. modifikasi memang tidak mudah. Dibutuhkan tangan-tangan terampil untuk merombak bentuk dari motor asli menjadi sebuah motor impian yang tentu tidak bisa kita nilai dengan uang.¬†Karena kepuasan di atas segala-galanya ketika kita membicarakan tentang modifikasi. Nah…. seperti apa Yamaha YZF R125 yang basisnya dari Yamaha Vixion lightning 2013? Monggo intip foto-fotonya berikut ini… piye ganteng ora? (Iwb)

New Vixion (NVL) 2013
Atas nama Alex Frandika
Domisili Semarang
Tempat Lahir Jogja

Spek sebagai berikut

– Body set (hampir) full, Body Original R125
– Tank dalam, spakbor belakang, Singgle seat fiber glass Version by AE Custom
– Ubah rangka 1:1 by AE Custom
– Repaint Hiqt Class Quality by AE custom
– Headlamp Original R125
– Stoplamp Original R125
– Segitiga atas bawah (Yoke set) plus stang Original R125
– Kunci kontak Original R125
– Footstep depan Original R125
– Footstep belakang Original R125
– Jok Depan belakang Original R125
– Spion Original R15 New VVA
– Speedometer Original R15 OLD
– Tutup tangki Original Yamaha NMAX
– Swing arm Original R15 Endurance
– Velg Depan Axio 3,0 inc
– Velg belakang Axio 4,5 inc
– Knalpot Pro Liner
– Disc depan New PSM
– Frame Slider Variasi
– Proguard Variasi
– Mata kucing Honda C70
– Sein Led Variasi

Advertisements