Iwanbanaran.com – Ngacirrr cakkkk…..jiann bener-bener buanterrr sepak terjang Suzuki karena diam-diam ternyata sudah melangkah cukup jauh. Lha piye cak… setelah IWB coba terawang secara detail… potensi Suzuki DR150 lahir tahun ini cukup besar. Ahhh mosokkk ? simak hasil terawangan berdasarkan ilmu jarang kepang ngamuk nang sawah (haiyahhh) berikut ini…..

Seperti yang sudah IWB bahas diartikel sebelumnya, Suzuki diam-diam melakukan test Ride motor dual Purpose yang disinyalir sebagai DR150. Membandingkan dan setelah terkumpul dengan jelas Akhirnya bisa kita simpulkan bahwa ternyata motor yang akan dipasarkan dengan label DR150 ini sudah dirilis di Tiongkok dengan label Hajoue NK150. Sebenarnya tindakan ini tidak mengejutkan karena seperti yang kita tahu Hajoue banyak melahirkan motor-motor Suzuki seperti Inazuma ataupun V-Storm 250 contoh. Kembali soal Suzuki DR150…..

Jika sampeyan perhatikan secara teliti bisa dipastikan basis desain betul-betul identik dengan Hajoue NK150. Mulai dari depan, samping hingga belakang. Dengan hanya melihat sampeyan bisa simpulkan bahwa ternyata motor ini memang bukanlah lawan dari CRF 150 ataupun KLX 150 yang bisa kita katakan sebagai murni trail. Namun DR150 lebih mendekati sebagai motor adventure dual purpose. Jika spesifikasi tidak berubah sama sekali dan benar motor didatangkan secara CBU maka bisa kita pastikan ukuran ring depan mencapai 19 inchi dengan profil ban 90/90….

Kemudian untuk ban belakang ukurannya sekitar 17 inchi dengan profil ban 110/90. Cukup mantap cak. Yang menarik sampeyan juga akan menjumpai dudukan atau behel yang di desain sedemikian rupa untuk menaruh barang di belakang. Tidak hanya itu lebar jok terbukti memang cukup lebar. Jelas motor ini bakal cocok bagi sampeyan yang menyukai motor adventure dual purpose. Speedometer juga sudah menganut model full digital termasuk hadirnya engine Kill ciri khas motor sport. Untuk lampu dipastikan masih menggunakan bohlam biasa. Yang IWB demen sisi engine, terlihat padat cak…

Dengan hanya melihat IWB yakin 1000 persen untuk jarak jauh DR150 akan jauh lebih nyaman dibandingkan trail. Intip saja jok yang super lebar dengan konstur panjang diserta behel flat dibelakang. Lalu tanki juga besar tanda motor siap diajak menjelajah jarak jauh. Mungkin hanya satu yang kurang sreg adalah bentuk headlamp. Bentuk lampu Entah kenapa IWB malah teringat dengan muka Vixion generasi kedua. Shapenya cak… tidak terlalu lancip dan sedikit rada membulat. Tapi gampang sih bisa diakalin…

Kelebihan dari motor ini adalah ukuran swing arm yang lumayan tebal. Termasuk hadirnya chain stabilizer bawah sehingga motor siap digunakan untuk menghajar jalanan rusak. Dari sisi sasis bisa kita pastikan cukup mumpuni karena hadir twin tubular di bagian bawah engine seperti yang sudah IWB beberkan sebelumnya. IMHO lumayan menggiurkan seandainya Suzuki mampu mematok harga yang terjangkau. Pertanyannya kapan motor dual purposes adventure ini akan dirilis di Indonesia dan berapa harganya ?

Nahhh…sisi ini memang lumayan menarik cak. Karena harga NJKB Suzuki DR150 bocor dan disana disebut mencapai 23,5 juta rupiah. Dengan banderol tersebut rata-rata gap yang diperoleh setelah on the road berkisar 5-7 jutaan. Artinya Suzuki DR150 bisa saja dipatok diangka 27-30 jutaan. Sebuah harga yang akan bersanding dengan KLX 150 tipe standart. IMHO IWB berharap banderol bisa dibawah 26 jutaan agar menarik perhatian para bikers. Pengennya ngono cak karena akan semakin terjangkau banderol maka akan membuat ekspansi pasar lebih luas….

Kemudian soal peluncuran, dari beberapa telik sandi yang IWB kumpulkan (suittt-suittt)….Suzuki DR150 terbuka dirilis tahun ini. Catat cak….nggak perlu nunggu tahun depan alias terbuka tahun ini dengan  perkiraan sekitar triwulan keempat 2019. So…jika kita kalkulasi maka kisaran Oktober, November atau Desember 2019. Artinya sampeyan punya waktu untuk ngumpulin duit guna meminang motor semi adventure yang siap diajak melahap segala kondisi jalan…

Last….niat Suzuki untuk memberikan harga terjangkau memang tidak mudah. Ada penghalang tembok yang begitu tebal karena berkaitan dengan pajak impor yang tidak kecil. Dengan status Suzuki DR150 yang kemungkinan didatangkan secara impor CBU membuat beban pajak yang disandang oleh calon DR150 cukup besar. Tapi kita Tetap berharap semoga Suzuki bisa mencari solusi sehingga motor ini betul-betul akan menjadi motor idaman bagi para Bikers seluruh lapisan yang mendambakan motor tangguh disegala Medan lewat harga yang strategis. Suzuki DR150? Insya Allah tahun ini cak, monggo sampeyan Tunggu saja….(iwb)

Advertisements