iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…. marilah kita tinggalkan sejenak hiruk pikuk roda dua dan kita melirik penjualan roda empat yang ternyata juga tidak kalah panas. Seperti yang dirilis oleh Gaikindo persaingan mobil compact hatcback pada bulan Februari 2019 terjadi pergeseran yang cukup menarik. Lha piye pakdeee…. di kelas ini ternyata produk Suzuki melejit dan mampu meninggalkan para Rival yang biasanya sangat dominan. Siapa lagi kalau bukan Honda Jazz dan Toyota Yaris. Khususnya Honda Jazz yang biasanya selalu menjadi leader namun penjualan Februari 2019 menunjukkan ketangguhan hatchback ini rontok oleh Suzuki Baleno. Yup….didepak cak….sadizzzz ki Suzuki..

Tidak seperti roda dua yang masih butuh perjuangan luar biasa, performa penjualan Suzuki 4 wheels patut diacungi jempol. Melakukan langkah-langkah strategis dengan meluncurkan generasi terbaru Baleno yang sudah mengaspal dari tahun kemarin dengan merubah bentuk dari model sedan menjadi hatcback membuat daya gedor mobil ini tidak bisa dibendung lawan. Terbukti pada bulan Februari 2019 penjualan Suzuki Baleno mengalahkan para Rival…

Seperti yang dirilis oleh Gaikindo.or.id…Suzuki Baleno mampu mencatat penjualan fantastis dengan tembus 1.239 unit wholesales. Angka ini mendobrak 1000 unit dan tentu merupakan performa yang luar biasa di kelas tersebut. Apalagi sang leader yang biasanya ditempati Honda Jazz terpaut lumayan jauh. Angka 1.239 unit ini disumbang new Baleno manual sebanyak 256 unit sementara dominasi masih disumbang versi AT dengan porsi yang lumayan besar yakni 963 unit. Kedua varian tersebut jika ditotal mencapai 1.239 unit….

Kemudian posisi 2 ditempati oleh Honda Jazz yang terjual sebanyak 986 unit. Angka tersebut diperoleh dari seluruh gabungan varian yang dimiliki mulai dari manual ataupun matic tipe All New Jazz S serta RS. Porsi terbanyak disumbang oleh tipe All New Jazz RS AT yang terjual sebanyak 838 unit. Sisanya merupakan gabungan dari beberapa varian dengan jumlah total wholesales sebanyak 986 unit. Hhhmm…edian juga cak gapnya. Praktis jika kita kalkulasi gap antara Suzuki Baleno melawan Honda Jazz nyaris mendekati 300 unit. Wihhhh panen ki Suzuki….

Kemudian yang ketiga ditempati oleh Hatchback andalan Toyota yakni Toyota Yaris. Penjualan total Toyota Yaris mencapai 306 unit dan ini sangat jauh dibandingkan dengan Suzuki Baleno yang sudah menembus tembok 1000 unit. Angka tersebut diperoleh dari komposisi beberapa varian seperti tipe G ataupun TRD Sportivo baik manual ataupun AT. Dan penjualan terbesar porsi Toyota Yaris banyak diberikan oleh model TRD Sportivo CVT yang mencapai 232 unit. Tidak mengejutkan sih karena dari dulu secara penjualan mayoritas Yaris selalu di bawah Honda Jazz. Di belakang Toyota Yaris nempel All New Mazda2 yang terjual sebanyak 138 unit….

Last…. tangguhnya penjualan Suzuki Baleno memang sangat mengejutkan mengingat produk baru Suzuki ini belum lama dirilis. Mungkin karena value yang diberikan oleh Suzuki sangat baik pada Baleno membuat mobil ini menjadi idola. Apalagi dengan mesin 1400 cc yang diberikan sudah termasuk material berkualitas hingga kenyamanan yang membuat Baleno susah ditampik untuk dipinang. So….raja Hatcback Februari 2019 ? Untuk sementara dipegang oleh Baleno cak…..ediann ! (Iwb)

Advertisements

62 COMMENTS

    • Wuiiihhh…..
      Mantaaab cak….YAMAHA BALENO
      bisa mengalahkan honda jazz dan Toyota yaris
      Usaha BC kah….para FBY….?

      • Komen terbodoh.. wkwkkw.. entah korelasinya dimana antara yamaha motor yg notabene sahamnya punya toyota dgn suzuki indomobil..

      • Brangkali dia adalah seseorang yg mncintai merk yamaha pngen naik kelas krn sdh brkluarga dan tdk mndapati yamaha jualan mobil di Indo

  1. Desainnya gk maksa, lebih ke arah model mobil” eropa, kalau rivalnya terasa terlalu maksa utk ke RACING LOOK.

    Dan cocok utk semua umur si BALENO.

    Menurut saya sih itu

  2. Desain Baleno ancen mantep. Kepengen tuku tp sek kapan2 ae. Tuku 250 cc disek ae, lek bosen baru tuku mobil.

    Bismillah lek 5 tahun ke depan mobil listril iso murah. Pajek e gk gilani kaya’ saiki.

  3. Emang desain body cakep cak. Mudah2an banyak saingan harga jg makin terjangkau biar jalanan makin macet muehehe

      • Kawasaki suruh bikin mobil juga dong mbah biar rame jalanan kita… Pada tanggal 19 Mar 2019 15.21, “Disqus” menulis:

  4. Padal dr review gridoto ni mobil
    – paling keras suspensinya
    – paling kecil tenaganya
    – paling lemot tarikanya
    + cuma paling irit dan paling murah harganya…

    • Yg terakhir itu jd senjata utama bro..skrg yg dicari irit dan harga murmer dpt barang bagus.. kalo mau racing sekalian beli varian turbo atau sc aja..

    • begitulah gambaran umum mayoritas konsumen roda 4 di Indonesia, mereka cukup permisif & tidak terlalu peduli dengan suspensi, tenaga, dan sejenisnya.
      yg penting bisa dipakai sesuai fungsinya, harga & biaya operasional sehari hari juga masih terjangkau.
      karena itu mobil basic macam Avanza Xenia bisa laku keras di sini padahal tidak bisa dibilang nyaman, ya salah satunya karena harga & perawatannya murah.

      BTW, sudah rahasia umum kalau yg suka ribut mendang-mending & hujat merk mobil tertentu di Sosmed biasanya cuma bocah, dan bocah2 itu gak punya duit buat beli mobil. yg punya duit ya bokap2 mereka, dan biasanya bokap2 mereka beli mobil yg umum saja
      ??

      • Kalo saya ga akan mau beli mobil macam avanza dkk.. beli mobil ya yg nyaman kalo bisa yg bukan sejuta umat..tapi terserah juga yg beli..kalo di suru pilih dr 3 mobil di atas ya yg paling masuk akal beli jazz… palingb lapang di kelasnya lumayan irit juga paling gede tenaganya.. 1500cc = 120ps.

  5. Baleno paling banyak delivery ke dealer bulan Feb 19 karena sejak akhir 2018 impor dibatasi kang, jadi dari akhir 2018 hingga awal 2019 hanya sedikit banget yang masuk ke Indo. Dan begitu kran impor dibuka lagi, langsung sekalian banyak. CMIIW

    Beda dengan Jazz dan Yaris yang buatan Indo…

  6. Baleno harganya masi logika.. Interiornya cukup mewah..minus per shock terlalu tinggi , jadi GC terlalu tinggi di pakek ngebut berasa limbungnya,, ngatasin cukup potong ulir per paket hemat,, lebih amannya uda ada per lebih pendeknya PnP buat baleno harga tergantung merek..yg dari suzuki juga ada.

    Honda Jazz harganya uda kelewatan Mahal.. Dan model interior Honda ini bosenin, dari lcgc dan non lcgc ko sama..
    Yaris interiornya,, bahannya tipis,, mirip kasus rush baru ini bnyk masalahin material interiornya kayak mobil murahan,, Padahal harga mobil nya cukup mahal di kelasnya..

    Kayaknya beda kelas dah.. Jazz dan Yaris ya 1 kelas..
    Dulu suzuki swift masuk kelas ini, sejak pemangkasan cc swift jadi 1400 cc.. Pencinta swift pada kabur..
    Swift sport thn 2014 dulu yg mesinnya nyahut ,,harga nya mahal krn cbu,, dikit yg beli.di sene suzuki aneh swift sport kok tidak di lokalin..padahal yg minat banyak Pak..

  7. Yg jazz pada lari ke brio, yaris lari ke agya. Krn pada nyari merk dan lebih terjangkau buat dapetin merk2 itu. Kalo baleno gak bakalan bentrok dgn ignis krn matic nya beda
    Tinggal nunggu swift turbo biar gak bentrok

  8. galau ini kang, saya sudah ngincer ini agak lama, tp karena jimny sierra jadi nunggu kepastian masuk indo tidak.
    harga selisih 150 an tp kelas jimny beda dengan si bahenol ini.
    sibahenol ini harga lebih murah dari yaris atau jazz ( tapi power sibahenol juga imut), mesin punya ertelu sama seperti mesin yg dibenamkan di jimin sierra.
    ya matic dan manual tidak ada perbedaan kasta di fitur bahenol

    • iyak sama masbro, ane juga demen S Cross, kalau Baleno beda segmen dengan Jazz dan Yaris,,, mungkin sebaiknya Swift yang head to head

  9. Pernah naek grab dpt baleno merah, enak bgt asli, joknya empuk, sandaran tangan di door trim jg nyaman. Mobil grab terbagus yg pernah gua naikin.
    Btw cak iwan, blh dong update mobil jg. Soalnya dl saya ikutin motor, liat mobil beritanya panas, jd ikutin wkwkwk. Butuh bnyk media yg mau siarkan berita

  10. Sya user suzuki, ketika naik Ertiga dah lupa pernah punya apansa.
    Emang mesin ertiga uenak, akhir nya nular ke baleno dll

    • Desainnya menyesuaikan dengan selera pasar India.
      harap maklum karena konsumen terbesar Suzuki ada di India.
      ini kasusnya sama kaya Xenia & Terios yg desainnya menyesuaikan selera Indonesia karena konsumen terbesar Daihatsu adalah rakyat Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here