iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…. marilah kita tinggalkan sejenak hiruk pikuk roda dua dan kita melirik penjualan roda empat yang ternyata juga tidak kalah panas. Seperti yang dirilis oleh Gaikindo persaingan mobil compact hatcback pada bulan Februari 2019 terjadi pergeseran yang cukup menarik. Lha piye pakdeee…. di kelas ini ternyata produk Suzuki melejit dan mampu meninggalkan para Rival yang biasanya sangat dominan. Siapa lagi kalau bukan Honda Jazz dan Toyota Yaris. Khususnya Honda Jazz yang biasanya selalu menjadi leader namun penjualan Februari 2019 menunjukkan ketangguhan hatchback ini rontok oleh Suzuki Baleno. Yup….didepak cak….sadizzzz ki Suzuki..

Tidak seperti roda dua yang masih butuh perjuangan luar biasa, performa penjualan Suzuki 4 wheels patut diacungi jempol. Melakukan langkah-langkah strategis dengan meluncurkan generasi terbaru Baleno yang sudah mengaspal dari tahun kemarin dengan merubah bentuk dari model sedan menjadi hatcback membuat daya gedor mobil ini tidak bisa dibendung lawan. Terbukti pada bulan Februari 2019 penjualan Suzuki Baleno mengalahkan para Rival…

Seperti yang dirilis oleh Gaikindo.or.id…Suzuki Baleno mampu mencatat penjualan fantastis dengan tembus 1.239 unit wholesales. Angka ini mendobrak 1000 unit dan tentu merupakan performa yang luar biasa di kelas tersebut. Apalagi sang leader yang biasanya ditempati Honda Jazz terpaut lumayan jauh. Angka 1.239 unit ini disumbang new Baleno manual sebanyak 256 unit sementara dominasi masih disumbang versi AT dengan porsi yang lumayan besar yakni 963 unit. Kedua varian tersebut jika ditotal mencapai 1.239 unit….

iklan iwb

Kemudian posisi 2 ditempati oleh Honda Jazz yang terjual sebanyak 986 unit. Angka tersebut diperoleh dari seluruh gabungan varian yang dimiliki mulai dari manual ataupun matic tipe All New Jazz S serta RS. Porsi terbanyak disumbang oleh tipe All New Jazz RS AT yang terjual sebanyak 838 unit. Sisanya merupakan gabungan dari beberapa varian dengan jumlah total wholesales sebanyak 986 unit. Hhhmm…edian juga cak gapnya. Praktis jika kita kalkulasi gap antara Suzuki Baleno melawan Honda Jazz nyaris mendekati 300 unit. Wihhhh panen ki Suzuki….

Kemudian yang ketiga ditempati oleh Hatchback andalan Toyota yakni Toyota Yaris. Penjualan total Toyota Yaris mencapai 306 unit dan ini sangat jauh dibandingkan dengan Suzuki Baleno yang sudah menembus tembok 1000 unit. Angka tersebut diperoleh dari komposisi beberapa varian seperti tipe G ataupun TRD Sportivo baik manual ataupun AT. Dan penjualan terbesar porsi Toyota Yaris banyak diberikan oleh model TRD Sportivo CVT yang mencapai 232 unit. Tidak mengejutkan sih karena dari dulu secara penjualan mayoritas Yaris selalu di bawah Honda Jazz. Di belakang Toyota Yaris nempel All New Mazda2 yang terjual sebanyak 138 unit….

Last…. tangguhnya penjualan Suzuki Baleno memang sangat mengejutkan mengingat produk baru Suzuki ini belum lama dirilis. Mungkin karena value yang diberikan oleh Suzuki sangat baik pada Baleno membuat mobil ini menjadi idola. Apalagi dengan mesin 1400 cc yang diberikan sudah termasuk material berkualitas hingga kenyamanan yang membuat Baleno susah ditampik untuk dipinang. So….raja Hatcback Februari 2019 ? Untuk sementara dipegang oleh Baleno cak…..ediann ! (Iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!