iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk…apes memang tidak bisa ditolak. Balap perdana motor listrik yang Rencananya akan digelar pada tanggal 3 tanggal 5 Mei 2019 terpaksa dibatalkan. Pembatalan ditempuh karena tidak ada opsi lain mengingat seluruh motor Serta peralatan yang akan digunakan hancur terbakar. Investigasi pun sudah dilakukan dengan kesimpulan sementara yang sudah bisa ditebak sebelumnya. Nyapo emange ???

Seperti yang kita tahu, tahun ini menjadi tahun Perdana bagi motor balap motoE yang akan diselenggarakan pada awal Mei 2019 di Sirkuit jerez Spanyol. Sirkuit Jerez seharusnya menjadi seri pembuka sebelum menuju Le Mans, Sachsenring, Red Bull Ring dan Misano. Akan tetapi bencana kebakaran terjadi sebelum balap dimulai semalam Jerez Spanyol. Kebakaran hebat diperkirakan sekitar jam 12.00 malam waktu Spanyol dan meluluh lantakkan seluruh peralatan motor ataupun laptop yang akan digunakan untuk balap?

Kebakaran ini terjadi baru hari kedua tes pramusim di sirkuit jerez. Dengan tragedi ini balap perdana pada awal Mei 2019 dipastikan mundur hingga waktu tak terbatas. Alasannya satu, Energica Ego bukanlah pabrikan besar yang bisa menyulap peralatan serta motor seisinya dalam waktu dekat. Butuh waktu dan sumber daya yang tidak kecil. Atas kebakaran tersebut aparat kepolisian Spanyol sudah menyelidiki secara intensif. Dan hasil sementara sudah keluar dengan hasil yang bisa ditebak yakni konslet listrik…

iklan iwb

Yup….polisi berwenang menyimpulkan penyelidikan mereka tentang kebakaran tersebut untuk sementara disebabkan oleh korsleting yang memicu baterai meledak. Namun belum ada pengumuman resmi dari pihak Dorna terkait isu biang kebakaran. Termasuk apakah betul akibat konslet seperti yang dikatakan polisi lokal setempat. Yang jelas insiden ini harus direspon secara serius supaya kejadian yang sama tidak terulang di masa depan. Kenapa?

Untuk menghindari korban jiwa cak. Masih beruntung pada saat kejadian tidak ada korban jiwa Karena kebakaran sekitar jam 12.00 malam. Kasus ini pasti bakal berbeda jika ada korban. So…. untuk mencegah hal ini kembali terjadi harus dilakukan penyelidikan secara tuntas baik kualitas dari baterai ataupun keamanan dari paddock itu sendiri agar kongslet bisa dihindarkan. Sayang hingga berita ini diturunkan belum ada konfirmasi dari Dorna perihal kesimpulan awal pihak kepolisian Spanyol yang menyatakan kebakaran terjadi karena konsleting listrik. Kita tunggu saja….(iwb)

39 COMMENTS

  1. Sayang sekali cak di gadang2 bisa bersaing dengan prototipe motoGP malah gagal di race perdana

    • Bersaing dr mana bro…top speed cuma 245km/jam… motogp kemaren di qatar 352km/jam… tapi akselerasi emang menang moto e… tapi akselerasi terlalu kuat juga ban lebih cepet abis…

      • Seiring waktu teknologi motor listrik berkembang bkn tdk mgkn dpt bersaing om kn baru permulaan to…
        Pada tanggal 18 Mar 2019 15.43, “Disqus” menulis:

  2. Penyebabnya kayak kebakaran di pasar becek. Emange sirkuit kelas internasional gada sistem pemadam kebakaran???

  3. La. Trus keamanan motor dan mobil listrik piye iki. Sekelas untuk moto GP aja bisa meledak…

  4. Motor listrik mungkin bakalan sama kayak gas elpiji waktu awal2. Dulu heboh karena sering mleduk &banyak korban. Sekarang adem2 ayem saja meski kadang2 mleduk juga.

  5. Masa pagelaran sekelas moto gp ga ada kamera yang merekam 24 jam di tempat penyimpanan motor ?

Comments are closed.