Iwanbanaran.com – Cakkkkk…..misteri Suzuki DR150 akhirnya terungkap. Jika sebelumnya hanya mampu mendapatkan gambar dari sisi samping serta belakang maka pada artikel ini berkat follower iwanbanaran sebuah spyshoot yang mengungkap sosok dari Suzuki DR150 terbuka gamblang. Jepretan ini sekaligus memberikan gambaran kepada kita semua Bagaimana desain dari side angle dual Purpose Suzuki yang diduga mengusung nama di DR150. Seperti apa? Monggo diintip cakkkk….

Spyshot Suzuki DR150 bak air hujan….bener-bener deras cak. Beberapa hari kebelakang bak squel film yang datang secara beruntun dengan jedah hanya satu atau dua hari. So…IWB harus haturkan Terima kasih yang luar biasa karena berkat bantuan para follower inilah teman-teman pembaca lainnya bisa melepaskan dahaga atas keingintahuan mereka pada produk-produk baru yang akan dirilis di tanah air salah satunya Suzuki DR150…

Nah….dari spyshot ini bisa kita gali bahwa desain sosok yang diduga sebagai Suzuki DR150 dari samping ternyata lumayan garang. Hal ini karena shroud yang nempel di tangki menganut dua layer. Intip saja tekukan yang menghiasi dari pangkal hingga bawah tangki. Dan dengan hanya memperhatikan shape atau bentuk tanki, IWB cukup yakin kapasitas bahan bakar DR150 sepertinya lumayan besar….

Kemudian mengarah kepada bagian suspensi. IWB jujur penasaran dengan hadirnya mata kucing pada front suspension outer tube. Perangkat ini sangat jarang hadir pada motor racikan lokal era 2000 an keatas. Bahkan bisa dibilang “Zero” alias tidak ada satupun pabrikan yang mengaplikasikan mata kucing akibat regulasi yang tidak mewajibkan pabrikan nempelin perangkat tersebut. Sementara di luar negeri karena alasan safety merupakan kewajiban bagi pabrikan untuk memasang reflective yang biasa kita sebut sebagai mata kucing. Artinya apa?

IWB lumayan yakin motor ini statusnya CBU. Seperti halnya Suzuki DR200 yang digunakan instansi pemerintahan bisa jadi DR150 juga demikian. Kuwi analisa awal cak. Lalu melirik pada bagian rem kita akan menjumpai komponen rem 2 piston berwarna silver. Nahh…. yang juga cukup menyita perhatian adalah bagian mesin. Dengan sekedar melihat motor ini kita akan langsung tahu bahwa mesin yang diusung benar-benar baru. Intip saja area crankcase sebelah kanan…..fix mesin anyar cak….

Dengan melihat silinder head bisa kita pastikan motor ini memiliki kapasitas mesin 150cc, SOHC air cooled. Bisa kita lihat sirip-sirip pelepas panas. Dan jika tidak salah menganalisa Suzuki DR150 disinyalir masih mengusung pengabut bahan bakar karburator. Yang menggembirakan motor Ini kemungkinan memiliki jok yang cukup lebar dan luas. IWB sangat yakin secara kenyamanan DR150 pasti bisa diandalkan. Kelebihan lain kedua adalah tipe atau model rangka yang sudah dibekali besi di bawah engine….

Yup….. tidak seperti Yamaha XTZ 125 yang sempat IWB abadikan, Suzuki mencangkokkan sasis dengan ukuran besi yang cukup besar untuk melindungi dan menggendong mesin. Tentu ini kabar bagus buat para terabaser Jika ingin menggunakan Suzuki DR150 untuk menaklukkan jalanan extreme. Konstruksi tersebut lebih kuat dan durabilitynya bisa diandalkan. Kemudian foot step masih dibekali karet yang mengindikasikan motor ini memang bukan murni motor trail namun lebih kepada dual Purpose bike dengan orientasi penggunkan untuk dua alam sekaligus yakni jalan rusak serta aspal…

Last….Suzuki DR150 menjadi salah satu motor panas yang patut kita tunggu. Desain soal selera….IWB nggak akan melakukan intervensi. Namun secara paket keseluruhan seharusnya motor ini akan menjadi salah satu hot item mengingat kabarnya Suzuki akan berusaha keras memasang DR150 dengan harga secantik mungkin. Apalagi kelebihan Suzuki adalah feel riding yang konsisten dijaga dengan sangat baik dari dulu hingga sekarang. So….Suzuki DR150? Fix new engine yo cak, gamblang wissss. Btw, next artikel akan IWB bahas perihal analisa dan jadwal peluncuran produk ini. Sabar subur pakdeeee…..(iwb)

Advertisements