Iwanbanaran.com – Cakkkk….jauh di ujung Negeri Bollywood, hari ini baru saja secara resmi Yamaha India meluncurkan varian terbaru Street Fighter MT 15. Menggunakan slogan Dark Side of Japan…. Yamaha MT 15 India ternyata dijual dengan harga yang sangat miring yakni 28 jutaan. Bandrol diduga akan membuat MT 15 menjadi motor naked India yang cukup menggiurkan mengingat motor ini memang memiliki desain yang rupawan. Pertanyaannya, Kenapa di sana bisa sangat murah di saat tanah air dijual hingga nyaris 35 jutaan?

Secara resmi Yamaha MT 15 dirilis oleh Yamaha India dengan harga 1.36 laks atau jika kita konversi ke rupiah jatuhnya sekitar 28 jutaan. Harga ini memang sangat miring dan jauh dibandingkan dengan tanah air. Namun yang patut diingat dengan harga tersebut banyak sekali terjadi downgrade pada MT 15 versi India. Yang pertama adalah suspensi depan. Berbeda dengan tanah air untuk suspensi depan Yamaha MT-15 India masih menggunakan mode teleskopik. Secara visual jelas USD lebih menggairahkan…

Perbedaan lain yang cukup signifikan terlihat pada swing arm. Yup…. lengan Ayun masih model pipa kotak bukan banana die cast style seperti halnya versi Thailand ataupun Indonesia. Sekali lagi keputusan ini Tentu juga sangat mengejutkan sebab Yamaha MT 15 versi India jadi jauh terlihat lebih kurus. Hanya itu? Ora cakkk. Monggo sampeyan intip pada pelk atau cast Wheel yang lebih mirip dengan palang CB150R tanah air….

Termasuk hadirnya Mud Guard sebagai standar yang dicangkokkan pada Yamaha MT 15 India. Serta Sari guard dan juga mata kucing. Sentuhan terakhir yang dirasa cukup minimalis juga pada rear Fender. Spakbor belakang ini sedikit berbeda karena menggunakan bahan full plastik yang tidak sama dengan versi Thailand. Untunglah dari sisi mesin atau dapur pacu Yamaha MT15 versi India identik yakni menganut mesin 155 SOHC VVA 6 speed yang mampu memuntahkan tenaga hingga 19,3ps. Selebihnya mumet tenan…

Last….siapa menyangka dengan harga tersebut ternyata banyak komen negatif datang dari Bikers India yang menyatakan terlalu mahal. Kenapa ? karena dibandingkan dengan R15VVA, new MT15 hanya beda ratusan ribu rupiah. Btw…pada peluncuran, Yamaha India menawarkan MT 15 dengan 2 pilihan warna yakni Metallic Black serta Dark Matt blue. Penasaran sosok MT15 India ? Intip saja foto-fotonya dibawah ini. 28 jutaan rekkkkkk, piye pilih murah tanpa USD dan banana swing arm atau mahal komplit ?…..(iwb)

Advertisements