iklan iwb
iklan iwb
” Bos Dorna Motogp Carmelo Ezpelata bersama Presiden Jokowi di Istana kepresidenan Bogor…”

Iwanbanaran.com – Cakkk…seperti yang sampeyan tahu, kemarin Presiden Jokowi Mengundang Bos Dorna Carmelo Ezpeleta serta direktur Utama PT pengembangan pariwisata Indonesia atau Indonesia tourism development Corporation yang disingkat sebagai ITDC Abdulbar Mansoer. Hadir beberapa pejabat tinggi Astra Honda Motor serta pembalap merah putih yakni Mario Suryo Aji dan Dimas ekky Pratama ke istana kepresidenan Bogor. Tujuan pertemuan adalah untuk membahas perihal rencana balap MotoGP yang akan dilakukan di Lombok Nusa Tenggara Barat tahun 2021. Nah…Berikut hasil pertemuan Presiden & bos Dorna Motogp untuk Lombok yang bisa IWB kumpulkan dan share kesampeyan !

Dalam pertemuan tersebut presiden mengatakan bahwa pemerintah mendukung penuh dan berkomitmen kuat untuk menyelenggarakan balapan MotoGP pada tahun 2021. Dihadiri pula oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi Presiden Jokowi mengatakan siap mendukung dan berharap cita-cita negeri ini untuk menggelar MotoGP akan realisasi. Berikut hasil pertemuan presiden dengan bos Dorna Carmelo Ezpelata serta langkah-langkah yang akan dilakukan pengembang ITDC..

  1. Pemerintah mendukung penuh pembangunan sirkuit Motogp di Mandalika Lombok 2021
  2. Pemerintah memastikan semua infrastrukur dan organisasi siap
  3. Pemerintah siap mempercepat pekerjaan infrastruktur seperti akses jalan langsung dari bandara ke kawasan Mandalika serta perpanjangan lintasan pesawat atau run way di bandara. Termasuk pelabuhan pendukung
  4. Pembangunan sirkuit kemungkinan akan kerjakan oleh Vinci Construction yang berasal dari Prancis
  5. Komitmen investasi mereka mencapai Rp 14 triliun selama 15 tahun.
  6. Indonesia akan membangun jalan dasar yang kemudian akan dilanjutkan dengan ekskusi total alias ditingkatkan standar jalanan berdasarkan aturan dari MotoGP oleh Vinci.
  7.  Kerja sama dengan Vinci dilakukan dengan skema penyewaan selama 80 tahun
  8.  Peran ITDC mempromosikan dan kemudian koordinasi
  9. Qatar juga siap menggelontorkan dana investasi Mandalika sebesar 7,2T
  10.  Panjang lintasan Mandalika mencapai 4,32 kilometer (km) dengan 18 tikungan
  11.  Luas lahan yang dialokasikan untuk sirkuit Mandalika adalah 102 ha
  12. Pembangunan sirkuit dan fasilitas penunjang MotoGP di Mandalika mampu menyerap tenaga kerja hingga 7.000 orang (2000 musiman dan 5000 tetap)
  13. Bisa menyerap 220 ribu penonton selama 3 hari dengan estimasi penonton 75 ribu/hari
  14. Sirkuit mulai akan dibangun September 2019 dengan target kelar akhir 2020
  15. Dorna akan memantau perkembangan project hingga 2020 sebelum kalender resmi Motogp 2021 dirilis

Yup…itulah sekilas yang bisa IWB rangkum perihal sirkuit Motogp Mandalika. Dengan seluruh data diatas bisa kita simpulkan bahwa perusahaan Perancis Vinci-lah yang akan membangun total dengan kompensasi sewa 80 tahun. Artinya full kontrol penuh akan dimiliki Vinci selama 80 tahun pada sirkuit Mandalika Lombok. Kira-kira ngono cak. Motogp Lombok? semoga yang terbaik akan datang untuk negeri ini. Semangattt…(iwb)

 

Advertisements

57 COMMENTS

    • Yo iyo pasti sip.
      Bakalan jadi srikuit favorit dimas ekky. Full support penonton negri sendiri.
      Ga lagi sibuk adaptasi.
      Pra & pasca race diliput karena dah gak juru kunci.

    • Takon share profit.. dari kemaren2 kemana aja kontraktor lokal gk mau nongol.. hiks sedih saya..

      Kalo bole berandai2, ane siap jd kontraktor utama kalo byk duit.. btw foundation macem dja*um grup, bakr*e grup, dll itu sangat mampu sebenere apalagi saling gotong royong mau bangun. Tp sayangnya mereka gk ada effort apalagi mau support ke arah sana.. jadi ya sudahlah. Kayak gini nanti rawan dipolitisir kalo era pemerintahan skrg pro luar negeri.. padahal produk lokal wis ditawani “ora gelem”, mung php wae..

    • Nah ntu dia…apakah profitnya tdk menguntungkan investor..ato BEP nya lama…sehingga tdk menarik minat investor lokal…kalo property investor kita rebutan..tp bikin sirkuit gd yg mau…padahal u jangka panjang prospeknya cerah..

    • Hikss.. sedih saya om.. terlepas dari itu, mudah2an mandalika terealisasikan.. aamiinn

    • @ndaru @arianto, dua idiot sok teu
      wajar nanya share profit, pemerintah ri udah bayar kontrak 142,7 milyar pertahun, udah nyediain lahan ratusan hektar trus gak dapat apa2? tolong lah, lain kali kalo IQ di bawah 70 dilarang comment la…

    • Komenmu harimaumu.. sakit hati saya dikatain idiot.. semoga dapat hidayah bro

    • @arianto
      lha lu emang faktanya idiot, dia cuma nanya profit share, lu malah jawab bawa bawa kontraktor? dimana nyambungnya? 200 ribu potential penonton x harga tiket 500.000 rupiah = 100 milyar, kontrak dorna 142,7 milyar. udah untung? sewa ratusan hektar lahan selama 80 tahun indonesia dapet apa?

    • Gini lo,apa iya kerja sama yg satu untung yg satu rugi,,logikane iku lo,,ahhhrrrrggghhh,,

    • dipikir proyeksi 200rb penonton itu gratisan kali ya masuknya.. itu sudah dipikirin sana. Tp sampeyan salah nanya kalo disini, langsung tanya pak jokowi sana

  1. Waktu 80 tahun ini menurut saya menunjukkan setidaknya 2 hal, pertama perhitungan balik modal+keuntungan yg sangat lama artinya vinci cukup yakin dengan potensi mandalika secara jangka panjang utk menyelenggarakan event2 balap belum lagi penontonnya adalah fby+fbh militan, kedua pemerintah sangat yakin dengan side-effect jangka panjang selain penyerapan tenaga kerja dan event motogp yg hanya 3-4 hari, yaitu tidak hanya calon investor otomotif, tapi juga sektor lain. Semoga berdampak positif bagi warga mandalika

  2. Semoga yang terbaik buat indonesia, masa negara sebesar ini gak punya sircuit internasional yang memenuhi standar moto GP dan WSBK

  3. ayo yg merasa duitnya ga berseri,yg lahanya ga bisa di ukur sama meteran.. buat donk sirkuit tandinga..mo d sumatra kek d kalimantan kek,terserah.. yg penting punya buanyak sirkuit.

    • Saya lagi nyatet niat baiknya gubernur Jabar nih, mau bikin sirkuit tandingan deket2 sama bandara Internasional yg baru jadi, biar lbh termanfaatkan lg tu bandaranya

    • sudah ada beberapa sirkuit besar diluar Jawa yang terbengkalai om, awal2 semangat. makin kesini makin gak terawat, karna gak terawat animo pemakai sirkuit jd turun untuk sekedar latihan. Sudah sangat tepat sirkuit mandalika dg konsep urban circuit karena ketika off event tetep bisa digunakan. jadi jangan muluk2 pengen punya sirkuit besar untuk event skala Motogp atau WSBK untuk nandingin Mandalika, bangun sirkuit standar road race aja dulu macam sirkuit Geri mang Subang, Sentul Kecil, bukit peusar Tasikmalaya dll. Toh kebanyakan masih pada latihan pake motor kecil. Biaya maintanace lebih murah, biaya sewa untuk latihan juga harus terjangkau.

  4. masih lama kang……
    kalo belum dimulai jangan percaya
    kadang yg udah dimulai aja mangkrak wkwkwk

  5. Ini seperti angin segar bagi yg biasa di php in. Kontrak dah diteken, dipanggil ke istana lagi, apa masih gak yakin ?

  6. sewa 80thn itu untuk maintenance sirkuit toh cak? bagus buat pariwisata indonesia cak, serapan tenaga kerja nya juga mantap, siapa tau imbas positif ke kemajuan motor lokal juga ? ?

  7. dulu kayaknya, malah sudah bikin video sang jagoan meliuk-liuk di jalanan macet, joossss markojos guyub rukun kopi ireng ning warkop pree wipi.

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama