” Bos Dorna Motogp Carmelo Ezpelata bersama Presiden Jokowi di Istana kepresidenan Bogor…”

Iwanbanaran.com – Cakkk…seperti yang sampeyan tahu, kemarin Presiden Jokowi Mengundang Bos Dorna Carmelo Ezpeleta serta direktur Utama PT pengembangan pariwisata Indonesia atau Indonesia tourism development Corporation yang disingkat sebagai ITDC Abdulbar Mansoer. Hadir beberapa pejabat tinggi Astra Honda Motor serta pembalap merah putih yakni Mario Suryo Aji dan Dimas ekky Pratama ke istana kepresidenan Bogor. Tujuan pertemuan adalah untuk membahas perihal rencana balap MotoGP yang akan dilakukan di Lombok Nusa Tenggara Barat tahun 2021. Nah…Berikut hasil pertemuan Presiden & bos Dorna Motogp untuk Lombok yang bisa IWB kumpulkan dan share kesampeyan !

Dalam pertemuan tersebut presiden mengatakan bahwa pemerintah mendukung penuh dan berkomitmen kuat untuk menyelenggarakan balapan MotoGP pada tahun 2021. Dihadiri pula oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi Presiden Jokowi mengatakan siap mendukung dan berharap cita-cita negeri ini untuk menggelar MotoGP akan realisasi. Berikut hasil pertemuan presiden dengan bos Dorna Carmelo Ezpelata serta langkah-langkah yang akan dilakukan pengembang ITDC..

  1. Pemerintah mendukung penuh pembangunan sirkuit Motogp di Mandalika Lombok 2021
  2. Pemerintah memastikan semua infrastrukur dan organisasi siap
  3. Pemerintah siap mempercepat pekerjaan infrastruktur seperti akses jalan langsung dari bandara ke kawasan Mandalika serta perpanjangan lintasan pesawat atau run way di bandara. Termasuk pelabuhan pendukung
  4. Pembangunan sirkuit kemungkinan akan kerjakan oleh Vinci Construction yang berasal dari Prancis
  5. Komitmen investasi mereka mencapai Rp 14 triliun selama 15 tahun.
  6. Indonesia akan membangun jalan dasar yang kemudian akan dilanjutkan dengan ekskusi total alias ditingkatkan standar jalanan berdasarkan aturan dari MotoGP oleh Vinci.
  7.  Kerja sama dengan Vinci dilakukan dengan skema penyewaan selama 80 tahun
  8.  Peran ITDC mempromosikan dan kemudian koordinasi
  9. Qatar juga siap menggelontorkan dana investasi Mandalika sebesar 7,2T
  10.  Panjang lintasan Mandalika mencapai 4,32 kilometer (km) dengan 18 tikungan
  11.  Luas lahan yang dialokasikan untuk sirkuit Mandalika adalah 102 ha
  12. Pembangunan sirkuit dan fasilitas penunjang MotoGP di Mandalika mampu menyerap tenaga kerja hingga 7.000 orang (2000 musiman dan 5000 tetap)
  13. Bisa menyerap 220 ribu penonton selama 3 hari dengan estimasi penonton 75 ribu/hari
  14. Sirkuit mulai akan dibangun September 2019 dengan target kelar akhir 2020
  15. Dorna akan memantau perkembangan project hingga 2020 sebelum kalender resmi Motogp 2021 dirilis

Yup…itulah sekilas yang bisa IWB rangkum perihal sirkuit Motogp Mandalika. Dengan seluruh data diatas bisa kita simpulkan bahwa perusahaan Perancis Vinci-lah yang akan membangun total dengan kompensasi sewa 80 tahun. Artinya full kontrol penuh akan dimiliki Vinci selama 80 tahun pada sirkuit Mandalika Lombok. Kira-kira ngono cak. Motogp Lombok? semoga yang terbaik akan datang untuk negeri ini. Semangattt…(iwb)

 

Advertisements