Iwanbanaran.com – Cakkkk…..mumet sampeyan ketika mendapatkan dua spyshot dengan momentum yang sangat berdekatan. Satunya Suzuki DR150 dan satunya Suzuki XTZ125. Lha piye, hanya berselang sehari setelah IWB beberkan kehadiran trail Yamaha (dua varian) terjepret sedang dites, IWB mendapatkan spyshot serupa dari cak Rohani. Awalnya IWB yakin bahwa motor adalah dual purposes Yamaha. Namun ketika IWB coba intensifkan penyelidikan dengan ilmu lampah-lumpuh serat jiwa, hasilnya berbalik. Lha piye cak….ciri-ciri Spyshot kemarin koq mirip dengan Suzuki DR150 ? Walahhhh…

Kerancuan analisa terjadi ketika IWB mendapatkan 2 informasi yang bisa dibilang sangat berdekatan. Hanya berselang dua hari kemudian muncul bocoran tentang kehadiran trail Suzuki berlabel di DR150. Hanya beda 1 hari kemudian nongol Spyshot trail berwarna biru yang diduga merupakan trail Yamaha. Dual Purpose ini dites di salah satu lokasi yang tidak bisa IWB sebutkan diartikel. Ciri-ciri motor ini ditutup lakban, suspensi depan model teleskopik serta rem belakang masih menganut model tromol. Varian satunya jelas merupakan sosok trail yang cukup terkenal yakni WR 125. Kemunculan trail ini akan kita bahas pada artikel selanjutnya…..

” Lampu sein mirip dengan GSX series…”

Kemudian tidak butuh lama bagi IWB untuk mendapatkan Spyshot sosok motor trail berwarna putih di jalanan sekitar Bekasi. Motor ini memiliki ciri yang sangat dekat dengan Yamaha XTZ125 namun detilnya beda. Mulai dari stop lamp, knalpot, bentuk tangki. Ciri tersebut membuat IWB cukup yakin bawa trail yang berada di gambar merupakan versi facelift dari Yamaha XTZ125. Tapi yang mengejutkan setelah melalui investigasi mendalam serta mengamati dan mengumpulkan data hasilnya membuat IWB mengerutkan dahi. Arahnya ternyata bukanlah Yamaha XTZ yang akan disiapkan untuk pasar Indonesia….

Betul cak. Yang paling kentara adalah bentuk atau shape dari speedometer. Dengan beberapa alasan (tidak bisa IWB beberkan dalam artikel ini) potensinya merupakan produk Suzuki. Kemudian investigasi kedua mengarah pada spesifikasi mesin. Tidak seirama dengan testimoni yang dilontarkan ke IWB, Suzuki DR series seharusnya memang dibekali mesin SOHC 2 katup. So dari hasil investigasi pula IWB menemukan titik terang bahwa DR150 kemungkinan besar tidak menggunakan engine GSX. Alasannya satu…Suzuki sepertinya berusaha keras untuk menekan harga atau bandrol DR 150….

” Piringan cakram didepan, bukan XTZ 125…”
” Yamaha XTZ piringan cakram disebelah kiri….”

Dan ketiga serta paling besar adalah posisi piringan cakram. Yamaha XTZ 125 posisi disebelah kiri sedang DR150 normal disisi kanan. Facelift rasanya cukup kecil menjangkau sisi ini. Sementara dalam spyshot disebelah kanan. Dual Purpose Suzuki DR150 ini terbuka akan bermain di segmen yang belum ada di tanah air. Segmen trail namun sedikit di bawah sehingga bandrolpun terbuka lebih murah dibanding KLX 150 sekalipun. Praktis lawan dari DR150 nanti hanyalah Yamaha XTZ150 yang sudah IWB beberkan spyshotnya di artikel sebelumnya….

Last…. kita baru mendapatkan pola dengan jelas ketika banyak informasi dan bocoran masuk ke newsroom IWB. Ibarat puzzle tidak mudah untuk menentukan apakah motor tersebut merupakan pabrikan A atau pabrikan B. Butuh waktu yang tidak singkat sampai kita mendapatkan pola yang kuat.  Apalagi para saksi mata rata-rata juga sedikit bingung mengingat identitas produk yang sedang dites ditutup dengan lakban untuk mengaburkan brand yang disandang. So…. gimana jika gambar terlampir adalah Suzuki DR150? Apakah bakal menarik sampeyan jika bandrol dipasang dengan angka yang menarik? Monggo berikan opini nya….(iwb)

Suzuki DR150

Yamaha XTZ125

Advertisements

51 COMMENTS

  1. Agak sedikit mubazir memang kalau pakai DOHC…. Tp kalau harga bersaing kenapa enggak…?? Ujung2nya konsumen jg yg di untungkan ??

    • IMO gak mungkin cak untuk trail kelas capung ini pake DOHC, apalagi punya GSX yang high rev.. torsinya kurang di bawah

  2. Saya kemaren juga sempat ragu kalau ini adalah produk Yamaha..yg saya ragu adalah bentuk sein_nya..malah mirip-mirip produk Honda..tapi entahlah..

  3. Mendingan suzuki rilis trail aja,,RM down spec gitu..adventure kayanya masih sepi peminat deh klo entry level..

  4. Di liat dari tangki dan lampu belakang sih suzuki bgt… Makin penasaran dgn wujud aslinya… Looknya kurang nungging cak seperti trail2 lainnya…

  5. Dari awal memang gak yakin kalau itu yamaha (berdasar bentuk batang lampu sein)
    Dan lebih yakin kalau itu suzuki
    Tapi saya suka bagian belakangnya
    Ini motor buat petualang, kurang trail look

    #sayatidaksukatrail

  6. kalo Sijuki pantes cak.. desainne rada rada gimana gitu, wkwkwk.

    bukan penikmat trail, tapi kalo DR150 yang keluar kayak gini IMO mirip2 bandit lah ntar nasibnya, ditunggu-tunggu para fans, yang keluar seadanya karena ngejar ‘murah’, apa karena mereka nganggep FBS kui kere-kere? ya gak lah.

    kenapa gak all out sijuki? keluarin produk2 ultimate, bandit yang bener bandit, kasih yang selevel MT15, DR yang bener2 DR, kasih yang levelnya diatas CRF.
    apa ada buktinya produk yang pricing nya agresif tapi model ala kadarnya bisa jadi produk yang disukai?? apalagi di kelas sport.

    apa ini image yang mau dikasih Sijuki? produk murah, berkualitas tapi wujudnya bener2 gak inspiring?? harus dinaikin dulu baru ketauan enaknya? iya bener enak pas dinaikin, pas ridernya turun dari motor jadi males lagi ngeliat tampang motornya hahaha.

    maaf lek sekedar menumpahkan unek2

    • Desainer nya dari india itu boss ,,,, kentara banget garis desain nya

      Tahun depan moga pabrik nya gak bangkrut

    • bangkrut sih gak cakk.. cuman ya gitu2 aja nasibnya. susah balik ke market share dua digit

  7. IMHO, ini tetap kmgkinan yamaha Lek, terlebih secara design.,
    design shroud mirip2 dengan Vixion baru, lagipula kan XTZ itu asumsi awal Lek Iwan sendiri, jadi ga nutup kmungkinan Yamaha memang bukan bikin XTZ atau turunannya toh..? lalu sein sama skaligag mriip GSX series.. GSX seris batang sein nya ukurannya hampir sama dengan lampu, sdg kan ini batang nya leih kecil ketimbang lampunya..

    Dan bisa jadi spyshot awal hanya test engine, sdg kan trail indo di buat beda lagi cuma nyomot engine (misal)..
    Klo liat DR200 pun, posisi rem nya ada di kiri

    Atau bisa jadi ini bukan Yamaha maupun Suzuki lhoo.. secara rider nya ga ber-riding gear yg proper gitu.. di spyshot2 lalu kan testrider yamaha dan suzuki pasti pake wearpack balap..

  8. trus surel dari reyhan mengenai mesin gsx, pake radiator gmna ini bung iwan?
    mudah2an pke mesin seperti surelnya reyhan

  9. Ho oh to….
    Ga cuma satu sepaisut ploduk baru yang ngalaaaghkan berita laga perdana dimas ekky di moto2.
    Go dimas ekky….. Mbuhhhh
    Kibarkan Merah Putih … Mbelllll
    Nulisnya sih ngasih semangat. Padahal batinnya “master of adaptasi”
    Dimas Ekky : “Ora masalah cakkk…. Aku koen kabeh podho-podho nggolek pangan. Ora usah diperpanjang. Wis ngunu ae rekkk…”
    WkWkkkkk asyemmm

  10. semoga saja bukan Yamaha XTZ, jujur sangat tidak menyenangkan melihat desain trail yang warna putih. Mending yg warna biru beneran dah :v

  11. Xtz ki diluar sana masuk kategori farm bike bukan trail /mx. Ini motor serbaguna khusus buat petani, peternak, penjaga hutan Dll mosok mau diadu sama trail asli macam CRF & KLX moncrot tenan. Harusnya dilawan pakai WR150..
    Nek tetep adol XTZ njur ra payu salahe yamaha dewe..

  12. sepertinya suzuki lebih mengincar pasar adventure ketimbang garuk tanah, bahkan mungkin ini bukan DR150 tapai malah jadi Vstrom 150

  13. Designnya ok cak.lebih ke dual purpose/enduro ya ketimbang Trail…mungkin suzuki ga mau berhadepan lgsg dikelas trail. . Bikin kelas sendiri…semoga aja harganya ramah di kantong

  14. Sampean kayake kelewatan 1 point mas foot step blakang spyshoot sma xtz itu sama plek ga mungkin lk iku dr suzuki?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here