Iwanbanaran.com – Cakkkk…..mumet sampeyan ketika mendapatkan dua spyshot dengan momentum yang sangat berdekatan. Satunya Suzuki DR150 dan satunya Suzuki XTZ125. Lha piye, hanya berselang sehari setelah IWB beberkan kehadiran trail Yamaha (dua varian) terjepret sedang dites, IWB mendapatkan spyshot serupa dari cak Rohani. Awalnya IWB yakin bahwa motor adalah dual purposes Yamaha. Namun ketika IWB coba intensifkan penyelidikan dengan ilmu lampah-lumpuh serat jiwa, hasilnya berbalik. Lha piye cak….ciri-ciri Spyshot kemarin koq mirip dengan Suzuki DR150 ? Walahhhh…

Kerancuan analisa terjadi ketika IWB mendapatkan 2 informasi yang bisa dibilang sangat berdekatan. Hanya berselang dua hari kemudian muncul bocoran tentang kehadiran trail Suzuki berlabel di DR150. Hanya beda 1 hari kemudian nongol Spyshot trail berwarna biru yang diduga merupakan trail Yamaha. Dual Purpose ini dites di salah satu lokasi yang tidak bisa IWB sebutkan diartikel. Ciri-ciri motor ini ditutup lakban, suspensi depan model teleskopik serta rem belakang masih menganut model tromol. Varian satunya jelas merupakan sosok trail yang cukup terkenal yakni WR 125. Kemunculan trail ini akan kita bahas pada artikel selanjutnya…..

” Lampu sein mirip dengan GSX series…”

Kemudian tidak butuh lama bagi IWB untuk mendapatkan Spyshot sosok motor trail berwarna putih di jalanan sekitar Bekasi. Motor ini memiliki ciri yang sangat dekat dengan Yamaha XTZ125 namun detilnya beda. Mulai dari stop lamp, knalpot, bentuk tangki. Ciri tersebut membuat IWB cukup yakin bawa trail yang berada di gambar merupakan versi facelift dari Yamaha XTZ125. Tapi yang mengejutkan setelah melalui investigasi mendalam serta mengamati dan mengumpulkan data hasilnya membuat IWB mengerutkan dahi. Arahnya ternyata bukanlah Yamaha XTZ yang akan disiapkan untuk pasar Indonesia….

Betul cak. Yang paling kentara adalah bentuk atau shape dari speedometer. Dengan beberapa alasan (tidak bisa IWB beberkan dalam artikel ini) potensinya merupakan produk Suzuki. Kemudian investigasi kedua mengarah pada spesifikasi mesin. Tidak seirama dengan testimoni yang dilontarkan ke IWB, Suzuki DR series seharusnya memang dibekali mesin SOHC 2 katup. So dari hasil investigasi pula IWB menemukan titik terang bahwa DR150 kemungkinan besar tidak menggunakan engine GSX.¬†Alasannya satu…Suzuki sepertinya berusaha keras untuk menekan harga atau bandrol DR 150….

” Piringan cakram didepan, bukan XTZ 125…”
” Yamaha XTZ piringan cakram disebelah kiri….”

Dan ketiga serta paling besar adalah posisi piringan cakram. Yamaha XTZ 125 posisi disebelah kiri sedang DR150 normal disisi kanan. Facelift rasanya cukup kecil menjangkau sisi ini. Sementara dalam spyshot disebelah kanan. Dual Purpose Suzuki DR150 ini terbuka akan bermain di segmen yang belum ada di tanah air. Segmen trail namun sedikit di bawah sehingga bandrolpun terbuka lebih murah dibanding KLX 150 sekalipun. Praktis lawan dari DR150 nanti hanyalah Yamaha XTZ150 yang sudah IWB beberkan spyshotnya di artikel sebelumnya….

Last…. kita baru mendapatkan pola dengan jelas ketika banyak informasi dan bocoran masuk ke newsroom IWB. Ibarat puzzle tidak mudah untuk menentukan apakah motor tersebut merupakan pabrikan A atau pabrikan B. Butuh waktu yang tidak singkat sampai kita mendapatkan pola yang kuat.¬† Apalagi para saksi mata rata-rata juga sedikit bingung mengingat identitas produk yang sedang dites ditutup dengan lakban untuk mengaburkan brand yang disandang. So…. gimana jika gambar terlampir adalah Suzuki DR150? Apakah bakal menarik sampeyan jika bandrol dipasang dengan angka yang menarik? Monggo berikan opini nya….(iwb)

Suzuki DR150

Yamaha XTZ125

Advertisements