iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…bener-bener insiden dan tragedi luar biasa terjadi jelang ajang balap MotoE Jerez. Balapan motor yang seharusnya akan dilakukan secara perdana pada awal Mei 2019 diragukan bisa dilaksanakan akibat kebakaran hebat yang terjadi semalam di sirkuit jerez Spanyol. Kebakaran Ini meluluh lantakkan semua peralatan termasuk motor yang akan digunakan untuk balap semua tim. Dan dari laporan yang dishare media luar dipastikan 18 sepeda motor Energica Ego musnah. Pertanyaannya, Kenapa ini bisa terjadi Dan apakah ada upaya sabotase?

Tahun ini menjadi tahun Perdana bagi motor balap motoE yang akan diselenggarakan pada awal Mei 2019 di Sirkuit jerez Spanyol. Sirkuit jerez akan menjadi seri pembuka sebelum menuju Le Mans, Sachsenring, Red Bull Ring dan Misano. Akan tetapi bencana kebakaran terjadi sebelum balap dimulai semalam Jerez Spanyol. Kebakaran hebat diperkirakan sekitar jam 12.00 malam waktu Spanyol dan meluluhlantakkan seluruh peralatan motor ataupun laptop yang akan digunakan untuk balap…

iklan iwb

Kebakaran ini terjadi baru hari kedua tes pramusim di sirkuit jerez. Dengan tragedi ini diperkirakan balap perdana pada awal Mei 2019 terancam mundur. Alasannya satu, Energica ego bukanlah pabrikan besar yang bisa menyulap  peralatan serta motor seisinya  dalam waktu dekat. Butuh waktu dan sumber daya yang tidak kecil  sehingga kemungkinan besar balap MotoE seri awal terancam batal. Waduh sobek tenan ki !

Bencana kebakaran jelas membuat semua khalayak sangat terkejut termasuk para pemerhati MotoGP yang meragukan keamanan MotoE. Kenapa kebakaran terjadi di saat semua tim pada kondisi istirahat. Diperkirakan tidak ada aktivitas sama sekali pada jam tersebut Namun justru pada jam itulah kebakaran yang melahap semua isi di paddock MotoE terjadi….

Berbagai pertanyaan timbul… Apakah ada salah satu mekanik yang teledor tidak menempatkan socket pada tempatnya? Hal ini menjadi pertanyaan besar karena seperti yang kita tahu kelistrikan sangat rentan terhadap konslet akibat posisi soket. Atau memang ada sabotase besar untuk membuat balap motor listrik dianggap sebagai balapan berbahaya? Entahlah cak. Berbagai spekulasi timbul namun sejauh ini belum ada konfirmasi dari pihak Dorna. Seluruh kejadian masih dalam tahap investigasi. Dan aparat berwenang berjanji akan mengumpulkan hasil penyelidikan mereka terhadap terbakarnya paddock MotoE di Jerez….

Last….. tidak bisa dipungkiri Baterai masih menjadi sumber utama MotoE untuk menggerakkan power mereka. Dan tidak bisa dipungkiri pula bahwa teknologi baterai dewasa ini masih sering terjadi kegagalan. Sebut saja pengalaman pabrikan besar gedget Samsung yang gagal karena masalah baterai pada produk mereka Note 7. Baterai yang tiba-tiba meledak karena kesalahan perakitan pada supplier baterei Note 7 memaksa Samsung menarik ribuan unit Note 7. Tidak heran ketika terjadi kebakaran pada MotoE tanpa sebab menimbulkan spekulasi adanya baterai yang meledak di lokasi. So..IMHO potensi sabotase sangat kecil. Apapun itu…. kita tunggu saja hasil investigasi dari Dorna…..(iwb)

Advertisements

3 COMMENTS

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama