iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk……akhirnyaaaaaaaaaaaaa. Bener-bener bungah jingkrak kegirangan karena prediksi IWB diartikel sebelumnya terbukti akurat bahwa Suzuki sudah mulai ngetes trail terbaru mereka. Motor tes ini menurut cak Reyhan kepergok didaerah Kranggan. Namun satu hal yang membuat IWB penasaran adalah penuturan doi yang memastikan ada dua jenis motor yang dites Suzuki yakni versi ban tahu dan supermoto. Wihhh uasyemmmm kecut tenan kieeeee. Dan yang bikin kita makin semangat serta antuasias adalah kepastian doi bahwa trail Suzuki dibekali pendingin radiator. Weksssss….

Garuk-garuk alis cak…IWB bener-bener penasaran dengan testimoni cak Reyhan yang memastikan melihat dua motor misterius dengan bentuk trail serta Supermoto. Nahh…ini cak, Supermoto…benarkah demikian? ketimbang banyak cing cong sampeyan intip wae surel lengkap cak Reyhan ke IWB berikut ini….

iklan iwb

Assalamualikum wr. Wb

Pagi cak, perkenalkan saya reyhan, pembaca setia iwb dr kelas 3 smp sampai skrg kelas 3 SMA. Cak kemarin pagi sekitar daerah kranggan saya melihat 2 trail bewarna merah putih dari lawan arah, tanpa striping dan sekilas mirip CRF, namun saya cukup kaget saat melihat area mesin yg punya radiator berukuran masiv…

Sempat berpikir bahwa motor tersebut merupakan viar cross X tapi kok kecil?? Akhirnya saya niatkan putar balik dan berusaha mendekati 2 motor tersebut yg dikendarai 2 test rider dengan full protector dari alpinestar, eh bener aja…mesin nya nemiliki radiator besar! Dan head cilynder yang pendek!

Liat kebawah lagi crankcase yg tengahnya dilakban mereknya “suzuki” nya sangat mirip dengan mesin gsx/satria series…lebih bikin kaget lagi motor yang satu lagi pake ban aspal IRC road winner kaya kawasaki dtracker, seperti supermoto…

Karena macet, saya niatkan mau ambil foto dan pada saat itu juga si rider tahu dan langsung panik…mereka berdua berdiskusi dan tiba2 serentak balik arah langsung ngebut…”wah as* tenan, kedandapen doi pas aku ngeluarin hp, wkwkkw”..

Sama ini kang, shock depan yg pake ban aspal teleskopik, dan yang ban tahu pakai upside down dengan ukuran besar bewarna emas, swingarm juga gede cak, kemungkinan bisa alumunium kalo liat desainnya semoga bermanfaat kang. Kalo ketemu langsung tak videoin kang, suwun…kepepet waktu pas ketemu, mau kesekolah dan itu udh jam 6.55. Jika benar suzuki memberi mesin gsx ke trail nya maka ini menjadi gebrakan yg besar !

Ediannnn….asli bikin penasaran kieee. Btw suwun buat cak Reyhan, walau harus berangkat sekolah masih sempet puter balik karena penasaran dengan sosok trail mencurigakan. Dan benar cak…Kranggan memang menjadi langganan para tester pabrikan khususnya Suzuki. Dari Pulogadung mereka biasa dilepas hingga Bekasi salah satunya Kranggan. Sayang masih kurang rejeki nggak bisa jepret…mungkin lain waktu…

Mencermati testimoni cak Reyhan bisa dipastikan semua klop dengan bocoran IWB bahwa Suzuki sudah mulai ngetes trail mereka yang sementara kita sebut DR150. Namun yang bikin surprise mesin yang disandang memiliki ciri-ciri mesin GSX series, ini yang cukup mengejutkan mengingat DR series biasanya masih mengusung mesin SOHC 2 katup. Walau tentu secara pribadi IWB sebenarnya nggak terkejut. Kenapa ?

Intip saja bocoran artikel IWB masa lalu berjudul “ Trail Suzuki disinyalir terbuka menggunakan mesin DOHC ! ” (klik disini lengkapnya). Artikel Juli 2018 tersebut sudah mengupas indikasi kearah sana. Setahun berlalu akhirnya prediksi tersebut mulai terjawab. Iini berarti Suzuki sepertinya akan mengambil jalan terbaik dengan mesin DOHC walau dari terawangan IWB SOHC 2 katup masih dites untuk mencari tipe mesin yang tepat. So…berdasarkan testimoni cak Reyhan bisa kita simpulkan sementara sbb :

1. Trail Suzuki menggunakan mesin DOHC identik dengan mesin GSX series
2. Menggunakan suspensi USD warna emas (untuk motor trail)
3. Swing arm besar sekilas kayak bahan aluminium
4. Dibekali radiator
5. Model mirip Honda CRF
6. Ada versi Supermoto (IRC Road winner)
6. Versi ini masih menggunakan suspensi teleskopik

Yup…itulah sekilas testimoni trail Suzuki yang kepergok dites didaerah Kranggan. Dari sisi pribadi jujur IWB masih kurang yakin Suzuki akan merilis juga versi Supermoto termasuk mesin DOHC. Bakal dibanderol berapa mengingat mesin DOHC cukup mahal. So…Bisa saja motor modifikasi Suzuki dengan tujuan ngawal. Namun tentu saja sulit untuk menyimpulkan selama belum ada bukti foto sahih. Semoga saja kedepan cak. So…Suzuki DR150 ?? siapin kamera pakdeeee…jiannn hottt tenan kiee Suzukiiiiiii (iwb)

Advertisements

45 COMMENTS

  1. Ya harusnya begini all out kalo mau grogoti klx sama crf. Harga juga pasti di pepetin kompetitor biar laris kaya permen

  2. Surelnya terdengar seperti motor dengan spek imajinatif dan khayalan dari ahlinya ahli intinya inti… Core of the core… Semoga bukan semacam berita dari kapten hoax milik jenderal alien pak ndul..

    • Motor trail pakai DOHC stroke 48 + radiator. Fix, imajinasi gulo abang karo santen.

  3. wedyan, jika benar. pasar motor garuk tanah akan semakin panas dengan kehadiran Suzuki dan Yamaha yang mulai ancang-ancang untuk masuk ngerecokin honda dan kawasaki.

  4. Motor Trail kualitas ekspor kayak nya ,,, yg pake shock teleskopik harga 34jt kyk nya pas banget, mesin sdh DOHC, terlihat kekar berotot ,,,, mantapp djiwa

  5. Frame trail nya khan bisa ambil desain DR200 ,,,, so gak perlu riset frame lagi, biar cepet brojol

    Padahal masih ngarep trail Suzuka pake mesin Satria Karburator, biar mudah perawatan nya ,,,, apalagi buat trabas ,,, terutama kisi-kisi radiator kudu sering di bersihkan

  6. Wajar lik kalau Suzuki pake mesin gsx series, daripada bikin cetakan mesin lagi. Lumayan efisiensi untuk menekan harga.

  7. Sementara ditampung dulu cerita fantasinya soal trail baru suzuki. Wong ya otentik pict nya gak ada. Bisa jadi hoax. Maklum akhir2 ini hoax sedang jadi lifestyle.
    Salam kopi joni…

  8. Jual pk siasat “Harga Promo” ky gsx dijamin naikin ms ?????? tp…… ah sayang udh minang 1 ploduknya, kynya ok bgt yg supermoto klo pasang usd??????

  9. Khas suzuki semoga hrga bersahabat…yamaha pk xtz bwt lawan crf sm klx…wr150 bwt lawan dr150 mesin fu fi….mantefh nih

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama