iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk……followers Iwanbanaran memang luar biasa. Apalah artinya warung ini tanpa sampeyan-sampeyan yang begitu luar biasa membantu setiap jengkal informasi perihal apapun itu. Termasuk produk baru yang sedang kita pantau dan tunggu yakni motor trail Yamaha yang sebenarnya sudah IWB share pada artikel sebelumnya. Bedanya kali ini IWB mendapatkan spyshot yang sangat gamblang dan jelas… begitu detil dan inilah trail misterius tersebut cak !!….

Jika dua hari sebelumnya IWB memposting sosok misterius yang dites dengan jarak yang cukup jauh, namun pada artikel ini IWB berhasil mendapatkan spyshot dengan gambar yang sangat gamblang. Dari Spyshot terbaru ini pula bisa kita pastikan bahwa inilah motor trail Yamaha yang sedang di tes Beberapa hari lalu. Dan prediksi IWB terbukti sebab dari model dan desain dipastikan trail yang sedang di test adalah Yamaha XTZ 125. Monggo sampeyan intip dari dekat…..akan tergali ukuran mesin dan bentuk silinder atas yang tidak terlalu besar….

iklan iwb

Dari sini IWB masih lumayan berpikir keras, Apakah pada versi Mass production nanti motor akan mengusung mesin 125CC atau upgrade menjadi 150cc? Soal ini tentu hanya pabrikan yang tahu. Namun jika melihat market local seharusnya versi mass Production Yamaha menaikkan kubikasi new 150cc sebab IMHO 125cc terlalu kecil. Kemudian knalpot memiliki header yang ditekuk sedemikian rupa masuk ke samping tengah khas dari motor trail.¬†Untuk perangkat rem fix menganut model tromol di bagian belakang. Kemudian posisi dari tuas pengungkit rem menghadap vertikal keatas dan itu sudah jamak untuk motor trail…..

Untuk suspensi depan model teleskopik dengan rubber atau karet pelindung di bagian inner tube. Sementara dengan melihat spyshot juga bisa kita simpulkan ukuran ring velg depan mencapai 21 inchi dan belakang 18 inchi….lumayan jangkung cak, mantappp ki ayunannya pasti. Dan pada versi tes ini kita sudah menjumpai adanya mounting dudukan di bagian buritan. Semacam besi untuk membawa barang….juozz nehhh….

Namun sayang, dari sekian hal yang IWB teliti ada 2 poin yang cukup mengganggu pada trail baru Yamaha ini yakni nihilnya besi penyangga bawah pada mesin. IMHO hal ini tidak akan terlalu disukai para Terabaser karena mesin akan rentan terbentur mengingat motor trail identik dengan trek ekstrim. Jika kita bandingkan dengan rivalnya yaitu Kawasaki KLX 150 ataupun Honda CRF150l yang sudah dibekali dengan frame pelindung atau sasis tambahan bawah area kolong mesin jelas posisi XTZ tidak menguntungkan. Yang kedua jika tidak salah melihat XTZ trail yang di tes Ini juga masih menganut suspensi monoshock konvensional belum monocross…

Yamaha XTZ 125 diluar negeri sebenarnya memiliki besi atau sasis tambahan dibagian bawah kolong mesin. Namun entah mengapa pada versi Indonesia yang dites IWB tidak menemukannnya. Apakah karena angle jepretan sehingga menyamarkan sosok aslinya ? semoga saja demikian. Pokoknya pas masspro nanti kudu ada kuwi cak kalau mau dilirik para terabaser. IWB berharap bahwa spyshot ini masih versi tes alias belum final supaya Yamaha bisa merevisi berdasarkan masukan kita sebagai bikers….

Last….dengan spek tersebut YIMM memang kudu mempertimbangkan harga sebab jujur dibandingkan rival XTZ ini bisa dibilang bener-bener paket hemat. Masih rem tromol, suspensi konvensional (KLX sudah Uni-Trax dan CRF150 Pro-Link), suspensi depan teleskopik serta beberapa poin yang bisa intip dari foto spyshot terlampir. Untungnya disana ada WR125 sehingga harapan Yamaha merilis dua trail terbuka. Semoga saja demikian. So…new trail Yamaha??…seruuu kiieeee karena momentumnya bertepatan dengan pengembangan Suzuki DR150, alottt cakkkkk (iwb)

Advertisements

45 COMMENTS

  1. kenapa ga a pake mesin vixi Aja Kay wr seris,.?
    Jual di rentang 30 an laris pasti,…

    Btw new n-max Udah kaga Ada lanjutan Nya ya cak, ga di koco koco lagi hehehe,..
    Ane malah nunggu tu motor hihihi

  2. Sasaran pasar kalo buat trabase’rs kurang menarik kayaknya cak. Mosok medin kaki2 minimalis gitu… Auto ragu

  3. Kalau mau lebih niat lagi, bawa aja Trail berbasis bermesin Scorpio.. seperti yg dipasarkan Yamaha Brazil..250 cc..silahkan Googling..

  4. Dilihat dr disain…. masih kalah sama honda crf… tp kita tunggu saja.apakah lebih baik dr yang lain
    .

  5. Dilihat dr disain…. masih kalah sama honda crf… tp kita tunggu saja.apakah lebih baik dr yang lain
    .

  6. ada kemungkinan gak, kalau motor2 ini kepunyaan komunitas yang memang beli dari importir umum? ada temen yang kalau ikutan trackday dirt track suka dipinjemin berbagai macam merk

  7. Mungkin sengaja jual barang alakadar 20jt-an.. ogah tarung dikelas trail 30jt-an, ditambah suzi bakalan rilis trail dohc.

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama