iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…. kemenangan Ducati di Qatar ternyata menghasilkan gugatan dari 4 tim yang merasa keberatan dengan desain swing arm GP19 terbaru. Empat tim tersebut adalah Aprilia, KTM, Honda dan Suzuki. Alasannya satu secara teknis, lengan Ayun desain terbaru dari Ducati 2019 dianggap memiliki tujuan untuk mendinginkan ban belakang. Gugatan ini dilayangkan kepada steward. Dan setelah dilakukan penyelidikan gugatan ditolak…

Dari gambar jelas kita lihat desain lengan ayun memiliki sirip dibawah. Empat tim yakin desain lengan Ayun atau swing arm sengaja dibuat sedemikian rupa dengan tujuan untuk membantu mendinginkan ban belakang. Jadi ada air circulation manajemen yang berkonsentrasi dan fokus dibuang ke arah ban belakang. Gugatan tersebut dilemparkan ke steward MotoGP Qatar dan hasilnya ditolak…

Alasannya desain swing arm tidak menyalahi aturan yang sudah ditetapkan. Berdasarkan konfirmasi dari FIM Steward, dengan keputusan tersebut maka hasil balap losail Qatar tidak berubah bahwa Andrea Dovizioso juara. Proses keberatan sudah dilayangkan ke pihak MotoGP dengan fokus agar informasinya sejelas-jelasnya terhadap desain komponen yang dimaksud. Setidaknya polemik ini sudah selesai dan tetap akan berlanjut hingga balap berikutnya…

Last…. Ducati memang salah satu pabrikan yang banyak melakukan revolusi dibandingkan pabrikan lain.¬†Beberapa celah dipelajari mereka hingga lahir winglet diajang Motogp. Tidak hanya itu mereka juga menggunakan sistem hole shot untuk mengatur suspensi pada saat start. Sistem ini mungkinkan motor tidak gampang wheelie saat start sehingga pembalap bisa lebih leluasa membuka gas. Dilalah ide tidak hanya sampai disitu sebab kini mereka disoroti dengan desain swing arm yang sengaja dibentuk sedemikian rupa sehingga dicurigai akan membantu pendinginan ban….cerdas cak ! (Iwb)

iklan iwb
Previous articleMotogp Qatar 2019 : Dovi kalahkan Marc, Suzuki menggila !
Next articleBreaking news : Aksesories Yamaha MT15 resmi dirilis, Ohlins dan Daytona !!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

55 COMMENTS

    • kalaupun tim lain mau niru, harus nunggu tahun depan untuk mendaftarkan desain ke panitia Moto GP, karena untuk balapan yg sekarang kan musimnya sudah berjalan.

      • Ga harus nunggu. Sasis dan swing arm tidak kena rule pmbekuan.

        Bahkan klw ngga too excessive. setiap sirkuit ada 1 swing arm khusus itu bhkan dimungkinkan

    • Mau komplain apa..orang pabrikan papan tengah… skr itu honda- ducati 1 level di bawahnya ada suzuki.. yamaha di bawahnya lagi selevel ama pramac ducati ,aprilia ma KTM.
      Mau komplain ga komplain tetep aja sulit menang..pembalapnya yg 1 spesialis test dan kualifikasi yg 1 spesialis race tapi udah impontennn…

  1. “Proses keberatan sudah dilayangkan ke pihak MotoGP dengan fokus agar informasinya sejelas-jelasnya terhadap desain komponen yang dimaksud” sudah jelas, mereka ingin dibuka dan kemudian ditiru…haha

  2. Ducati itu cerdas bisa melihat celah regulasi dan memanfaatkannya untuk kelebihan didukung dengan sokongan dana yang besar dari VW Group.

  3. Harusnya langsung dibuat Patent nya… Biar ga ditiru lagi kayak winglet… Kemaren pas FP juga udah merhatiin.. kok swing arm nya jadi kayak airscoop gitu bentuknya… Rupanya malah diprotes skrg hahaha..

  4. Makanya kalau mau lawan mesin ducati harus pakai mesin pcx (POWERFUL COMBO EXTRA SPEED BOSTER) PGMFI (POWER GET MORE FAST INDUCTION) CBS ( COMBO BIG SPEED ) karena sudah canggih dijamin jadi rajanya qatar

  5. Kreatifitas tanpa batas di ducati, hrs nya menjd perhatian di awal² musim, bkn pas juara.
    Klo smlm dovi p2 blkg mm93, kyknya ga ada yg bakal protes.

    • TUMAN nih si ngondah!

      Dulu Ducati pake winglet di protes, ujung2.nya ditiru
      Skrg Ducati punya inovasi baru, di protes jga, dan ntar paling ujung2nya ditiru juga

      Heran ayas
      Pabrikan ini ni ga bisa apa berinovasi sndiri?

      • Baca yg bener…yg ngugat 4 team.. aprilia, KTM,Honda,suzuki… bukan honda aja..ya bener lah mereka merasa di curangi..yg lain menghemat ban biar ga panas ducati malah pake AC di ban nya..alhasil ga usah di hemat juga ga panas.. ya kalo ga menyalahi aturan ronde ke 2 nanti pasti di pake semua pabrikan lah AC ban model ducati… paham ga?? Makanya di baca dulu baru koar2..jangan di balik.. jadi keliatan… ahh..sudahlahh..

        • Ide cerdas itu, selama ga melanggar regulasi. Oya ga semua komplain kan, ada yg enggak komplain tuh.. atau lupa nulis.. ah sudah lah..

    • sing penting jiplak, tapi merajai dan lanhsung juara..
      dari pada sebelah, jiplak tapi ga pernah juara d motogp…
      sakit brooo
      ekekekekekek

  6. honda kalah battle sprint di lurus sama ducati, langsung gugat, choeggg!!! winglet yg di pake RCV awalnya ide siapa?? Ducati tho, awakmu jg pake sekarang.

  7. belum apa2 sudah mulai dah ah. kl dukati menang y di akui aja ngga usa banyak alasan, beruntung yamaha tdk ikutan komplen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here