iklan iwb

” Untung Tuhan masih melindungi saya, plat nomor nggak sampai kena badan atau bahkan leher saya…”

” Posisi plat nomer didepan rentan lepas, cek berkala cak….”

Iwanbanaran.com – Asyemm mules cak…asli IWB ngilu mendengar penuturan kejadian nyata yang dialami oleh cak Antonius. Bukannya apa… kejadian nyata ini cukup jarang terjadi namun sangat berbahaya dan nyaris membuatnya celaka. Lha piye cak….. plat nomor depan tunggangan lepas pada saat Doi masuk kecepatan 140 km per jam serta nancap dihelm dekat visor. Walaladalaahhh….piyee kuwi kejadiannya…???

Mungkin inilah yang kita takutkan cak. Sudah menjadi analisa dari para regulator lalu lintas diluar negeri bahwa plat nomor untuk motor tidak diperlukan karena sangat membahayakan pengendara. Sebelumnya banyak yang mencibir dan menganggap analisa ini lebay. Namun kejadian nyata yang menimpa Cak Antonius membuat kita semua terperangah bahwa potensi plant nomer depan bisa mencelakakan terbuka lebar. Apalagi Plat nomor menggunakan material plat yang cukup tajam jika dilempar pada kecepatan tinggi. Cak Antonius sendiri sempat dlosor walau pada akhirnya tetap bersyukur karena masih diberikan keselamatan. Berikut kronologis lengkap yang dituturkan doi ke IWB…

Assalamualaikum wr wb..

iklan iwb

To the point aja ya mas. Kemarin sekitar jam 2 jam 3 saya iseng ingin uji nyali saya. Menggunakan cbr250rr mode sport+ saya coba pacu semampu saya. Saat angka mencapai 100 saya masih enak2 aja. 110 duduk saya mulai mundur dan agak nunduk, 120, 130 nyali sudah mulai agak ciut. Saya pacu terus sampai hampir 140 lalu tiba2 ada becak mau nyebrang, karena kaget saya akhirnya rem keras. Lalu bruakk….

Seperti ada burung yg menabrak helm saya, keras dan berat sekali, jalan terlihat cuman separuh, dan sayapun akhirnya terjatuh. Singkat kata ternyata plat nomor depan saya lepas. Masuk di antara visor topi helm. Untung Tuhan masih melindungi saya, plat nomor ga sampai kena badan atau bahkan leher saya. Motor juga cmn lecet sedikit hanya frame slider dan handguard yg rusak.

Memang kemarin2 di parkiran ada orang yg dekat2 dengan motor saya. Saya kira cara pasang plat nomer saya sudah sesuai SOP. Ga tau lah apa yg di lakukan mereka saya ga mau seudzon. Melalui email ini saya ingin sedikit berbagi tips. Semoga mas Iwan mau share demi kebaikan kita semua. Terutama bagi pengguna motor sport

1. Helm half face (apalagi yg ada topinya) lebih baik di hindari buat yg hobi ngebut, full face lebih baik.
2. Pasang plat nomor depan dengan pengamanan ganda! baut sekuat kuatnya dan kasih lem di murnya + double tape di plat dan dudukan.

Ini untuk menghindari orang iseng yg bawa2 obeng atau gantungan kunci yg fungsinya sama. Maaf kalau blepotan mas, nilai bahasa saya cmn dapat 6.
Salam silent reader.

” Vixion depan dudukan plat depan…”

Luar biasa suwun puol sharingnya cak Anton. Bener-bener ngeri. Syukurlah doi selamat dan tidak mengalami cedera serius. Jelas dengan nopol didepan kita memang harus ekstra waspada dengan cara memperkuat baut-baut seperti yang sudah di sarankan oleh Cak Anton. Jalan satu-satunya mengingat regulasi Di Negeri Ini Memang tetap mengharuskan menggunakan plat nomor depan pada kendaraan roda dua tidak ada perkecualian. Celakanya bahan dari nomor polisi sendiri menggunakan material plat yang rentan mencelakakan jika lepas pada kecepatan tinggi. Jadi kudu dibaut yang bener-bener kencang cak…

Last…. di dunia mungkin hanya ada 2 negara yang masih mengaplikasikan plat nomor depan untuk motor yakni India dan Indonesia. Tapi beda dengan tanah air, plat nomor India jauh lebih kecil ukurannya. Sedang Malaysia tidak menggunakan plat akan tetapi stiker yang ditempel difender depan. Apapun itu Jangan pernah meremehkan kekencangan Mur atau baut plat nomor depan karena jika tidak efeknya bisa mengerikan. Selalu cek dan teliti setidaknya untuk memastikan semua sudah terikat dengan benar. Akhir kata selalu waspada dan berdoa ketika di jalanan….keep safety riding pakde ! (iwb)

64 COMMENTS

  1. Sudah di lepas saja Plat depannya..ntar kalo ketangkap polisi, bilang aja, plat ini membahayakan pengendara pak, sama seperti tidak pakai helm yg juga membahayakan pengendara..Auto sampluk pak pol kon..

  2. Mungkin kalo di atas 140 kpj jangan pake plat nomor haha…yg sy pahami selama 50 tahun bawa motor di atas 120 kpj sudah lumayan kencang ,,, lah kalo lepas platnya yaa kurang perhatian di motornya. Coba survey di jutaan orang indo yg pake plat nomor depan, berapa persen yg kejadian seperti ini dan berapa persen yg jatuh atau nabrak krn ugal2n. Plat nomor cm di tempel di windshield pake lem silikon (rata2 motor sport/fairing) trus kalo lepas nyalahin siapa? Hehe. 140 kpj sdh konsekwensi di segala hal keselamatan yg ada di motor, jadi jangan cm pengen kencang tp plat nomor kurang di perhatikan dudukanya atau hal lain. 140 kpj pasti di jalan umum kasus ini sdh kurang elok kalo masalah plat nomor yg di bahas. Kecuali di sirkuit masih pake plat nomor trus balapan di atas 140 kpj dan plat lepas kena helm, itu baru oon wong sirkuit koq pake plat nmr haha pake nomor 93 ato 46 biar keren xixixi

Comments are closed.