iklan iwb

” Untung Tuhan masih melindungi saya, plat nomor nggak sampai kena badan atau bahkan leher saya…”

” Posisi plat nomer didepan rentan lepas, cek berkala cak….”

Iwanbanaran.com – Asyemm mules cak…asli IWB ngilu mendengar penuturan kejadian nyata yang dialami oleh cak Antonius. Bukannya apa… kejadian nyata ini cukup jarang terjadi namun sangat berbahaya dan nyaris membuatnya celaka. Lha piye cak….. plat nomor depan tunggangan lepas pada saat Doi masuk kecepatan 140 km per jam serta nancap dihelm dekat visor. Walaladalaahhh….piyee kuwi kejadiannya…???

Mungkin inilah yang kita takutkan cak. Sudah menjadi analisa dari para regulator lalu lintas diluar negeri bahwa plat nomor untuk motor tidak diperlukan karena sangat membahayakan pengendara. Sebelumnya banyak yang mencibir dan menganggap analisa ini lebay. Namun kejadian nyata yang menimpa Cak Antonius membuat kita semua terperangah bahwa potensi plant nomer depan bisa mencelakakan terbuka lebar. Apalagi Plat nomor menggunakan material plat yang cukup tajam jika dilempar pada kecepatan tinggi. Cak Antonius sendiri sempat dlosor walau pada akhirnya tetap bersyukur karena masih diberikan keselamatan. Berikut kronologis lengkap yang dituturkan doi ke IWB…

Assalamualaikum wr wb..

iklan iwb
iklan iwb

To the point aja ya mas. Kemarin sekitar jam 2 jam 3 saya iseng ingin uji nyali saya. Menggunakan cbr250rr mode sport+ saya coba pacu semampu saya. Saat angka mencapai 100 saya masih enak2 aja. 110 duduk saya mulai mundur dan agak nunduk, 120, 130 nyali sudah mulai agak ciut. Saya pacu terus sampai hampir 140 lalu tiba2 ada becak mau nyebrang, karena kaget saya akhirnya rem keras. Lalu bruakk….

Seperti ada burung yg menabrak helm saya, keras dan berat sekali, jalan terlihat cuman separuh, dan sayapun akhirnya terjatuh. Singkat kata ternyata plat nomor depan saya lepas. Masuk di antara visor topi helm. Untung Tuhan masih melindungi saya, plat nomor ga sampai kena badan atau bahkan leher saya. Motor juga cmn lecet sedikit hanya frame slider dan handguard yg rusak.

Memang kemarin2 di parkiran ada orang yg dekat2 dengan motor saya. Saya kira cara pasang plat nomer saya sudah sesuai SOP. Ga tau lah apa yg di lakukan mereka saya ga mau seudzon. Melalui email ini saya ingin sedikit berbagi tips. Semoga mas Iwan mau share demi kebaikan kita semua. Terutama bagi pengguna motor sport

1. Helm half face (apalagi yg ada topinya) lebih baik di hindari buat yg hobi ngebut, full face lebih baik.
2. Pasang plat nomor depan dengan pengamanan ganda! baut sekuat kuatnya dan kasih lem di murnya + double tape di plat dan dudukan.

Ini untuk menghindari orang iseng yg bawa2 obeng atau gantungan kunci yg fungsinya sama. Maaf kalau blepotan mas, nilai bahasa saya cmn dapat 6.
Salam silent reader.

” Vixion depan dudukan plat depan…”

Luar biasa suwun puol sharingnya cak Anton. Bener-bener ngeri. Syukurlah doi selamat dan tidak mengalami cedera serius. Jelas dengan nopol didepan kita memang harus ekstra waspada dengan cara memperkuat baut-baut seperti yang sudah di sarankan oleh Cak Anton. Jalan satu-satunya mengingat regulasi Di Negeri Ini Memang tetap mengharuskan menggunakan plat nomor depan pada kendaraan roda dua tidak ada perkecualian. Celakanya bahan dari nomor polisi sendiri menggunakan material plat yang rentan mencelakakan jika lepas pada kecepatan tinggi. Jadi kudu dibaut yang bener-bener kencang cak…

Last…. di dunia mungkin hanya ada 2 negara yang masih mengaplikasikan plat nomor depan untuk motor yakni India dan Indonesia. Tapi beda dengan tanah air, plat nomor India jauh lebih kecil ukurannya. Sedang Malaysia tidak menggunakan plat akan tetapi stiker yang ditempel difender depan. Apapun itu Jangan pernah meremehkan kekencangan Mur atau baut plat nomor depan karena jika tidak efeknya bisa mengerikan. Selalu cek dan teliti setidaknya untuk memastikan semua sudah terikat dengan benar. Akhir kata selalu waspada dan berdoa ketika di jalanan….keep safety riding pakde ! (iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

64 COMMENTS

  1. Justru ahli Indonesia sudah memperhitungkan kalau plat motor di depan itu fungsinya untuk menambah downforce seperti di MotoGP. Jauh sebelum MotoGP kepikiran pakai sayap di depan, ahli Indonesia sudah tahu.? Mantap..

  2. Sebelum mur baut dikasih ring karet. Bisa bikin sendiri dari ban dalam bekas. Ga kudu bundar sempurna. Ring besi dipasang pula. Ga mudah lepas. Itu pengalaman pribadi. Besok klo mo ganti muter baut juga lebih mudah

    • tambahan, ujung bautnya dikasih lem warna kuning yg merk Fox atau Castol supaya mur tidak gampang lepas.
      biarpun bikin mur lengket, tapi lem itu bisa dikelupas kalau suatu saat nanti butuh ganti plat nomer.

  3. enjiner indonesah udh riset bertahun2 makanya motor2 nopol depan ky gsxr cbr150 cb150 nva fu platnya dibawah headlamp posisi sekitar 30 derajat kemiringan itu buat perlindungan, klo lg ngebut tinggal hajar aja atau srempet aja pk nopol depan mungkin kedepannya nopol diubah pk mekanisme khusus jd senjata mekanis mirip mainan anak crush gear.

  4. Banyak2 bersyukur cak awakmu slamet besuk2 gk usah ngebut ya… Nikmati aja jalanan nya walau byk jeglongan

  5. Ngeri…!
    Gk habis pikir y hari gini nopol dpn msh pke ‘seng’ , lebar lagi ?
    Semoga menjadi konsentrasi pengendali aturan di negeri ini, jgn cm aware aturan emisi sj.

  6. Ternyata di dunia cuma sisa 2 negara aja yg mempertahankan plat depan di motor
    Kira2 saya harus malu atau bangga ya

  7. ayoo… cak bikin petisi biar ubah regulasi !
    malu sama kemajuan luar negeri, yang baik baik kita tiru, yang jelek jelek jangan, misalnya industri boxev.

    • no picture hoax, btw mau plat nomer dijidat trus dibilang rawan? salah.. plat nomer dibawah lampu, klo rem poll shockabs ambles platnomer mentok ban depan ya bisa mental juga kena helmet

    • Pembuat regulasi di bumi pertiwi mana paham ky ginian. Mereka tau nya duduk nyaman di mobil mewah. Panas ga kepanasan ujan ga keujanan.
      Biaya plat nomer juga lumayan jadi nya betah pakai plat untuk nomer identitas kendaraan. Mungkin bakal di upgrade plat nya palai emas biar makin mahal. Keep safety buat biker. Mending plat depan di pindah ke tempat yg aman dan bikin stiker di windshield nya. Yg penting plat tetap kepasang jd ga ada alasan buat di tilang

      • Anda ada benarnya,,, tapi yg mati dan tabrakan gara2 ngebut dan ugal2n atau bawa motor seenak udelnya jauh lebih banyak tiap hari dari pada yang mati kena plat nomor haha…ane biker usia 50an ex crosser lokal/sering balap liar dulu kalo skrg masih suka kebut2n/tapi tetap perhitungan. So terserah sampeyan mo reply komen, bebas dan sopan … Tq

  8. Persis sama komen saya ke Video sampeyan pas naik CRF150L, plat nomor nylonggat ning ngarep spedometer. Klo ketemu lobang terus njlunggup bisa kena leher

  9. Dibahas terus tapi gak ada solusi, harusnya para blogger, motovlogger dan penggiat otomotif yang lidah2nya bisa jadi jembatan untuk memberikan masukan ke pemerintah, bukan sekedar digoreng terus kayak kacang goreng.

  10. Regulator di sini belum mau mengubah kalau belum banyak jatuh korban. Sedangkan negara lain, mementingkan keselamatan sebelum jatuh korban dan “percaya” kepada ahli safety yang telah memberi masukan.

  11. Pikir dgn logika..sekuat apa sih bahan plat nomor? Kok bisa nancep di helm. Lagian itu vixion apa bisa melaju 140kpj..? Mikir…

  12. Saya malah mengalamai sendiri Cak, ditabrak lari dan dibiarkan tergeletak dipinngir jalan mau mati didepan Comfeed Buduran, untung ada orang lain yang cepat memberi tahu istri. dan langsung operasi bedah pendarahan otak + patah.

    Sampai sekarang ya belum bisa ke mana-mana?
    ,
    parah emang masih ada orang yang TEGA ninggalan korban yang ditabrak dalam keadaan meregang nyawa., padahal saya sih gak akan minta uang ke dia. sudah lama ikut asuransi.

    nabrak KUCING aja takutnya minta ampun sampai dirawat luar biasa.
    lah nabrak orang kok dibiarin, kebangeten.

    Sedikit saran aja untuk para rider yang baik di sini, kalau menemui kecelakaan dan ada korban yang memerlukan bantuan, TOLONGLAH!, karena waktu sangat menentukan keselamatan nyawanya.
    Urusan setelahnya, biar keluarga korban yang mengurusi.
    jangan dibiarin. kasihan

    gitu aja sih Cak, Maturnuwun

  13. saya juga pernah. sama. plat nomer depan terbang. gak kena kepala atau badan. cuma gak tau orang yang di belakang (pengendara motor lain) soalnya dia bunyiin klakson agak panjang pas plat nomer terbang itu. Gak tau apakah memang kena plat nomer atau kaget, Yang jelas ane udah minta maaf.

  14. memang plat seng sendiri dah bahaya, ketambahan beberapa masyarakat kita sering iseng kayak kasus di atas (ngendorin baut plat nomor)

    lengkap deh
    di saya, supaya aman, plat nomor saya double pake papan kayu yg dipaku+lem. menghindari yg kayak gini, juga menghindari kalau plat nomor bengkok ditabrak orang

  15. Mungkin polisi di Indonesia masih belum canggih kayanya. Jadi takut ga bisa mengidentifikasi motor kalau ga pake plat nopol depan. Dan mungkin akan berkurang dong project penyediaan bahan untuk pembuatan plat nopol kalau plat nopol depan pada sepeda motor ditiadakan.

  16. Itulah kenapa saya tidak pernah pakai plat nomor depan sejak motor turun dari dealer, bahkan dudukannya pun saya lepas sekalian, alhamdulilah belum pernah ada masalah di jalan selama 2 tahun pemakaian, hampir tiap hari pasti ngegas karena tuntutan pekerjaan, saya tinggal di ibukota Jawa Tengah

  17. Sudah di lepas saja Plat depannya..ntar kalo ketangkap polisi, bilang aja, plat ini membahayakan pengendara pak, sama seperti tidak pakai helm yg juga membahayakan pengendara..Auto sampluk pak pol kon..

  18. Mungkin kalo di atas 140 kpj jangan pake plat nomor haha…yg sy pahami selama 50 tahun bawa motor di atas 120 kpj sudah lumayan kencang ,,, lah kalo lepas platnya yaa kurang perhatian di motornya. Coba survey di jutaan orang indo yg pake plat nomor depan, berapa persen yg kejadian seperti ini dan berapa persen yg jatuh atau nabrak krn ugal2n. Plat nomor cm di tempel di windshield pake lem silikon (rata2 motor sport/fairing) trus kalo lepas nyalahin siapa? Hehe. 140 kpj sdh konsekwensi di segala hal keselamatan yg ada di motor, jadi jangan cm pengen kencang tp plat nomor kurang di perhatikan dudukanya atau hal lain. 140 kpj pasti di jalan umum kasus ini sdh kurang elok kalo masalah plat nomor yg di bahas. Kecuali di sirkuit masih pake plat nomor trus balapan di atas 140 kpj dan plat lepas kena helm, itu baru oon wong sirkuit koq pake plat nmr haha pake nomor 93 ato 46 biar keren xixixi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here