iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….bengong dan heran saat membaca ulasan para jurnalis media kondang Young machine yang juga lumayan penasaran dengan performa kedua motor beda generasi. Komparasi antara generasi lawas Yamaha R25 melawan generasi 2019 yang diklaim lebih kencang 8 km per jam dibandingkan dengan Old gen. Namun yang mengejutkan pada saat pengetesan, IWB lumayan mengerutkan dahi bahkan tester pun demikian karena hasilnya berbeda. Top speed keduanya ternyata beda cukup jauh di mana generasi lawas lebih kencang dibandingkan dengan generasi yang baru. Lhooo…koq isooo??

Pengetesan dilakukan di Sirkuit Sentul Indonesia sehingga jurnalis Jepang harus datang ke INA. Berbagai revisi yang dilakukan oleh Yamaha untuk membuat R25 lebih Superior dibandingkan dengan gen sebelumnya memang belum terlalu optimal. Terutama engine yang disandang identik dengan generasi sebelumnya. Namun menurut Yamaha hal ini tidak membuat motor lebih pelan. Revisi aerodinamika yang fokus pada pengaturan wind resistant membuat mereka melakukan perombakan pada bagian batok depan….

Termasuk penambahan lubang di moncong dengan alasan membantu pendinginan radiator agar lebih maksimal. Namun banyak juga yang percaya revisi bentuk fairing ini membuat motor ini jauh lebih kencang karena minim hempasan angin dari depan. Bentuk yang lebih Slim dengan Visor menjulang ke atas diharapkan akan melindungi pengendara dengan baik ketika melakukan tuck in. Itulah kenapa ekspektasi terhadap New R25 memang cukup besar. Terlebih pabrikan garputala sudah mencangkokkan suspensi Upside Down sehingga secara handling seharusnya meningkat. Dan semua terbukti cak…

iklan iwb
iklan iwb

Tester dari Youngmachine menyatakan bahwa handling New R25 jauh lebih baik dibandingkan dengan R25. Hal ini karena sumbangsih dari suspensi USD sehingga pada saat masuk dan keluar tikungan bisa dilakukan dengan lebih mudah dan stabil. Ayunan suspensi yang Stiff menurut Maruyama san sebagai tester membuat New R25 lebih presisi. Selain masuk dan keluar tikungan ketika hard braking pun demikian. Di saat generasi lawas sedikit bergerak pada saat mengerem keras, generasi baru lebih anteng….

Tidak mengejutkan karena secara teori bagaimanapun suspensi Upside Down memang cocok digunakan di atas trek. Akan tetapi impresi positif tersebut sedikit tercederai dengan performa engine yang cukup membingungkan. Dikatakan kecepatan Puncak kedua motor jauh berbeda di mana generasi lawas malah lebih bertenaga. Bahkan menggali top speed selama 2 kali Yamaha New R25 hanya mampu menorehkan kecepatan Puncak terbaik 167 km per jam di Sirkuit Sentul…..

Padahal old gen justru berhasil tembus 175 km per jam pada gigi dan titik pengereman yang sama. IWB wae heran cak. Koq malah makin lemot yak. Apakah kalibrasi kedua speedometer berbeda? Bisa saja. Sebab IMHO perbedaan yang nyaris 8 km per jam lebih lambat justru terbalik dari klaim yang menyatakan lebih kencang 8 km per jam. Lhaaa piyeee jal. Youngmachine berjanji akan mengolah data logger dahulu guna memastikan Apakah betul top speed new R25 lebih rendah dibandingkan New R25. Sebab sudah Jamak dan sering terjadi speedometer antar produk memiliki kalibrasi yang berbeda….

Last…. setidaknya dari sodoran data diatas bisa kita simpulkan bahwa Yamaha sepertinya memang hanya fokus pada sisi handling bukan performa. Namun kita tetap berharap semoga saja setelah dibuka datalog GPS, generasi terbaru R25 tetap lebih kencang. Lha piye cak…kalau lebih pelan, buat apa kita harus ganti motor Kendati sudah dibekali suspensi USD dan revisi desain ? kita tunggu saja hasil racelogic nanti….(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

63 COMMENTS

  1. Dari segi model pun juga kelihatan lebih kencang yg lama cak…cukup cangkokin USD gen baru ke Old R25, maka jadilah R25 yg lebih sporty..sayang yamaha lagi” kurang serius meremajakan produknya

    • Ekekekekek…..
      Gak serius kok facelift
      Bilang aj gk bisa bikin kuenceng tanpa nambah cc
      MuuUUUuuuehehehehe….

  2. kalo spedo bisa jadi namun klo liat rpm jg memang beda cak.. r25 old rpmnya 12k lebih.. sedangkan yg new cm rpm 12. jika mesin dan set gir sama serta ban sama. maka memang lbh kencang yg lama cak dr kitiran rlm aja lbh tinggi yg lama.

  3. kalo spedo bisa jadi namun klo liat rpm jg memang beda cak.. r25 old rpmnya 12k lebih.. sedangkan yg new cm rpm 12. jika mesin dan set gir sama serta ban sama. maka memang lbh kencang yg lama cak dr kitiran rlm aja lbh tinggi yg lama.

  4. Speed segitu dah lbh dr cukup buat harian. Klo buat balap, bisa ditune up..
    Moge 1000cc 4 silinder juga jalan pelan kok kalo di jalanan umum..
    Motor itu yg penting nggak rewel, sparepart mudah didapat, handling enak. Kenceng itu bonus. Dah itu aja..

  5. Lha menurut ku kok design malah lebih bagus yg old gen ya?
    Anda sehat wahai designers?
    Dimana2 yg namanya New Model ya lebih good looking.. contohnya facelift duo kaleng..

  6. Klihatan klo Yamaha kurang greget, masak pabrikan sekelas yamaha bikin new R25 powernya kalah jauh dibanding pabrikan K walupun minus upside down, bener-bener R series yg kehilangan jati dirinya

  7. Itu yang versi tua aja dibawa ngebut masi pakai dua kaca spion sementara yang baru udah gundulan dilepas. Bisa aja lebih dari 8kpj selisihnya ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here