Iwanbanaran.com – Cakkk….kelar sudah IWB menggunakan motor terbaru dari Suzuki GSX 150 Bandit. Motor yang melengkapi varian motor sport 150cc Suzuki GSX R150 serta GSX S150… Bandit ini mendapatkan beberapa revisi salah satunya adalah perombakan subframe belakang yang kini lebih landai. Yang menyenangkan ternyata Suzuki tidak melakukan penyunatan dari Sisi power di mana Bandit masih mampu melengking hingga 13,000 RPM. Yup…mesinnya top cak. Nah…. untuk menjawab rasa penasaran, IWB sudah racik Vlog review YouTube Iwanbanaran agar sampeyan terpuaskan. Seperti apa? Simak dibawah ini cak….

Tidak diragukan soal mesin motor sport 150 Suzuki dalam pandangan IWB masih menjadi yang terbaik. Feel riding rileks dengan ledakan performa atas diatas rata-rata. Walaupun di atas kertas power Motor Sport 150cc Suzuki sedikit di bawah Yamaha…. setidaknya berdasarkan klaim masing-masing pabrikan (19,2 ps vs 19,3 ps) namun tidak ketika kita jajal lapangan. Vibrasi mesin yang terkontrol dengan nafas yang sangat panjang untuk ukuran 150 cc. Engine DOHC overbore berhasil membuat seluruh mesin motor sport Suzuki memiliki karakter performa yang cukup kuat….

Mungkin pabrikan bisa mengumbar ledakan power lewat data. Namun mereka tidak mengumbar data tentang vibrasi mesin. Makanya test Ride harian penting sehingga kita bisa merasakan langsung tingkat stres mesin ketika kita betot pada putaran tinggi. Dan IMHO…itulah perbedaan signifikan antara mesin Suzuki serta Yamaha sekarang. Boleh saja secara power memiliki posisi yang nyaris seimbang namun untuk kontrol vibrasi pada high RPM…. motor Suzuki khususnya Bandit jauh lebih terkontrol dan halus. Well done Suzuki !

Tidak hanya engine, IWB uga menyoroti build quality serta material yang digunakan. Ketok saja bagian tangki…. benar-benar tebal dan solid. Suzuki Bandit 150 memiliki ketebalan tangki yang sangat baik. Lalu handling motor cukup ringan walaupun pada kecepatan tinggi khususnya ketika masuk speed 120 km/jam IWB ngerasa rada ampang. Menaikkan ukuran ban mungkin bisa menjadi solusi jitu. Karakter suspensi Suzuki GSX Bandit 150 juga sedikit berbeda dibandingkan dengan kakaknya…

Entah kenapa IWB merasa untuk suspensi belakang sedikit lebih lembut sehingga sangat nyaman ketika melindas polisi tidur. Namun efeknya ketika digunakan untuk boncengan Bandit yang kita rasakan tidak semantap GSX S150 yang tetap stabil dan terkontrol.  Handling Bandit sedikit turun dan manuver juga tidak selincah GSX S150. Bisa jadi karena perombakan subframe belakang yang kini sedikit landai disertai dengan pemilihan suspensi agak soft membuat motor tidak se anteng GSX S150 ketika digunakan untuk boncengan. Tapi buat sendiri? Mantap cak…

Last…semua kelebihan dan kekurangan Bandit sudah IWB beberkan semua dalam Vlog YouTube Iwanbanaran terlampir di bawah. Blak-blakan cak biar rasa penasaran sampeyan terhadap Suzuki Bandit terjawab dengan gamblang. Artinya ? 2 hal yang cukup menonjol dari motor Suzuki ini adalah performa mesin yang di atas rata-rata serta material dan build quality yang sangat baik. Nah…. ketimbang banyak bertele-tele, Monggo sampean nitip saja video review di bawah ini. Bandit 150 ? Mesin top tenan !! (Iwb)

Vlog Review Bandit 150

Advertisements