Iwanbanaran.com – Cadazz cak…tekad yang begitu ambisius dilontarkan Bos  KTM Stefan Pierer yang ingin mengalahkan Kawasaki dipasar Global. Pabrikan Austria yang kini juga dikuasai Bajaj India mengatakan bahwa KTM ingin menjadi pabrikan roda dua ketiga dunia dalam lima tahun kedepan. Artinya KTM harus mengalahkan Kawasaki yang saat ini bercokol diposisi ketiga dibelakang Honda dan Yamaha. Wihhh sadizzz juga ki KTM…

Seperti dilansir kleinezeitung.at, KTM ingin menjadi penguasa pasar ketiga dunia yang saat ini ditempati Kawasaki. Target untuk mengalahkan Kawi dipatok dalam 5 tahun kedepan. Untuk mewujudkan cita-citanya tersebut KTM sudah melakukan langkah-langkah strategis. Salah satunya memperkuat basis jaringan serta penjualan di negara berkembang seperti India, Amerika Latin ataupun Asia Tenggara. Rasa optimis mereka tidak berlebihan sebab dari waktu ke waktu KTM memang terus merangkak….

Sebagai informasi, KTM grup yang kini juga menguasai Husqvarna mampu membukukan penjualan yang cukup membuat mereka tersenyum. KTM sendiri berhasil menjual 212.899 unit tahun kemarin. Sementara Husqwarna  mencapai 48.555 unit. Sumbangsih KTM Dukè serta RC series kubikasi 400cc ke bawah sangat signifikan. Motor hasil kerjasama dengan Bajaj India sukses diterima pasar dan membuat pundi-pundi KTM semakin melambung. Keberhasilan mereka meracik Duke 125 pada tahun 2011 terus berlanjut hingga sekarang….

Selain itu cak…tidak hanya penjualan motor bensin, KTM juga akan mengalokasikan dana mengembangkan motor listrik yang disebut sebagai E-mobilitas. Kabarnya KTM menginvestasikan setengah miliar euro  untuk mengembangkan motor listrik tersebut selama 5 tahun kedepan. Project motor listrik sebenarnya sudah jalan sejak 2008 namun sedikit mengendur dan sekarang mereka akan menghidupkan kembali secara serius. KTM juga menggaris bawahi bahwa memiliki Ducati merupakan target utama mereka. Wihhh edian neh….

Ambisi besar tersebut tentu saja tidak mudah karena Kawasaki merupakan brand yang sangat kuat dan memiliki loyalitas militan. Akan tetapi jika KTM mampu menekan bandrol semua produknya disertai dengan pengembangan jaringan secara masif bukan tidak mungkin cita-cita tersebut terkabul. Apalagi jika mereka mampu meracik Duke 125 dijual dengan harga yang sangat miring. 25 jutaan misalnya ? Sayang hingga sekarang KTM hanya menjual mesin 200 cc terkecil di tanah air….

Last….. KTM di bawah Penta Jaya juga terus berkembang di Indonesia. Kendati Jalan mereka masih awal akan tetapi jika mereka mampu konsisten produk KTM terbuka untuk disukai Bikers tanah air. Catatannya harus konsisten dan tidak mengendur baik dari produk itu sendiri ataupun Sisi marketing. Jangan sampai semua yang telah diukir oleh mereka sebelumnyanya stagnan atau malah turun dibandingkan dengan masa lalu. Kalau bisa malah improve cak. Dengan cara apa ? alokasikan dana untuk terus ngepush eksistensi KTM di tanah air. KTM geser market Kawasaki? Kalau menurut sampeyan mampu nggak cak? (Iwb)

Advertisements