iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk….ediann bin kenthirrr tenan turing Honda Adventure kali ini. Memiliki konsep navigasi digital yang disebut road map yang disediakan oleh Astra Motor, butuh ketelatenan dan pengalaman luar biasa untuk memecahkan misteri trek. Jangan membayangkan sweeper karena kita semua dilepas hanya bermodalkan aplikasi Honda Adventure day. Dan tenan cak…..etape pertama mulus, kedua IWB tersesat hingga kehujanan tanpa menggunakan mantel selama 25 km. Ini gara-gara tersesat !!!..

IWB nunggang Honda CRF150L yang siap diajak melibas jalanan paling ekstrim sekalipun. Dilepas dari dealer Astra Semarang, awalnya IWB masih tersenyum lebar. Kenapa ? cuaca sik panas….jadi judule aman. Dari sana kita bersama 178 rombongan dengan berbagai motor (CRF150L, CRF250 Rally, CB500X serta Africa Twin) menuju ke Brown Canyon. Dilepas berbarengan semua terasa gampang dan mulus sebelum kita disodorin jalanan berbatu. Dengan kondisi tersebut badan sesekali dipaksa berdiri untuk meminimize goncangan. Kuwi saking parahnya jalanan. Tapi dalam hati IWB….” ealahh ngono thok…kecil pakdeeeee….” batin IWB. Anggapan yang salah total :mrgreen: ….

Tiba di Brown Canyon semua akhirnya berkumpul karena start akan dimulai dari sana. Kalkukasi waktu untuk bertarung melawan peserta lain. Kita semua berpotensi mendapatkan Honda CRF150L dari Astra Motor. Betul cak…hadiah utamanya adalah sebuah motor trail CRF 150 L . Makane podo semangat. ” Perkiraan kita  secara total akan membutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk sampai  ke Magelang…” seru kang Gareng selaku panitia. Ediannn wolung jam….mantappp tenan kiii. Odometer harus dinolkan dan dicatat panitia. Setelah kelar dan sebelum berangkat IWB sedikit ngempesin ban untuk mendapatkan traksi yang lebih baik di jalanan rusak. Disana terlihat mz Ari (HC3 AHM)…Lek Aripitstop, TMC, Jodie, Irpan Pertamax, Gondes wis siap tempur….

iklan iwb
iklan iwb
” Pose di Brown Canyon….”

” Wahhh….kayaknya ngiler sama hadiah CRF150L ki...” seru IWB. “ Iyaaa dong...” sahut mereka semangat. Jawaban yang membuat IWB tersenyum simpul. Lihat saja seberapa kuat mereka. Rebutan hadiah koq musuh kaum Pro komunitas trail Honda…iso jenggot sariawan tenan :mrgreen: . Start dimulai dan IWB langsung geber gas. Jalanan kali ini full makadam. Yakni Jalan berbatu campur tanah liat dan rerumputan yang cukup licin karena hujan. Di sini IWB melihat para peserta sudah seperti kesetanan. Wisss semangat tinggi pakde. Sebagai informasi Sistem navigasi yang diberikan oleh Honda sangat berbeda dengan Adventure resmi pabrikan yang pernah ikutin….

Jika umumnya ada sweeper depan dan buntuti dari belakang….kali ini tidak. Kita hanya diberikan digital road map yang akan menunjukkan jalan secara manual. Ke mana belokan yang harus kita ambil serta berapa jarak tempuh termasuk titik finish semua tercurah secara gamblang pada roadmap aplikasi yang kita download berdasarkan instruksi panitia. Tapi bagi IWB….ini seperti sebuah teka-teki yang membikin sampeyan mumet. Lha piye cak…. setiap saat sampeyan harus melototin HP yang kudu on untuk guide. Alhasil tidak sampai 2 jam handphone sudah mati kehabisan baterei…..

Jalanan juga variatif cukup lengkap. Dari aspal hingga jalanan berbatu diselingi lumpur ringan. Wihhhh suspensi CRF150L ki emang istimewaaaaaaa. Kenyot-kenyottt cakkkk. Dan setelah melibas jalanan hingga hampir 2 jam lebih tanpa menemukan titik temu kita pun akhirnya berdiskusi. “ Iki piye lek….? ” tanya IWB ke Ari yang jalan bareng IWB. “ Enake piye lho…?” Jawab doi minta pendapat IWB. Rombongan yang sebelumnya nempel sudah tercerai berai. Jadi pada saat jalan tinggal di IWB dan Ari berdua. “ Wis…cari jalan yang enak aja lek…ngirit tenaga…” seru IWB. Ari mengangguk setuju….

Bola matanya bersinar tanda doi sebenarnya juga ingin cari alternatif jalan yang lebih mudah. Lhaaa piye cak…racing boy ditantang jadi cross boy. Loyo tenan jadinya :mrgreen: . ” Sampeyan kan wong Jowo Tengah pas tahu jalan…gih didepan sono, saya ngikutin...” seru IWB modus. Asli cak, kalau soal mencari jalan IWB ki ora bakat. Jangankan di pegunungan, nang Jakarta wae sering tersesat. Akhirnya kita pun berbelok masuk jalanan aspal. Wihhhh lego tenan rekkk. Pergelangan tangan langsung adem. Namun itu hanya sebentar karena tiba-tiba oleh marshal kita kembali diarahkan ke jalanan hancur ” Trek CRF150L silahkan kekanan. Kalau ini trek big bike…” seru mereka. Kitapun berpandangan mata. Wehh mau nolak gengsi tapi koq mau masuk rasane ragu-ragu…

Yup…trek yang kita ambil tadi memang jalanan untuk big bike. Jadi pada rombongan Honda Adventure di 2019 ini diikuti oleh para penunggang big bike Honda seperti CB500X hingga Africa twin. Motor-motor yang kurang cocok digunakan di jalanan full cross. Sementara tunggangan kita tidak. CRF150L memiliki jalur berbeda yang dipilih panitia untuk menguji ketangguhan trail Honda ini. Dan treknya cak….jiannn jauh dengan big bike yang super mulus. Tapi kalau sudah kepentok sama marshal yang berjaga ditiap lintasan kan jadi gengsi…iyo ora. Akhirnya hanya dengan kode mata…lek Ari langsung masuk trek ekstrim….

Trek yang ditutupi oleh hutan yang sangat rimbun hingga langit pun tidak kelihatan akibat daun yang menyelimuti sampai ke atas. Jalanan batu-batu campur air dan tanah liat memaksa mesin CRF150L teriak. Benturan-benturan batu seakan ingin mencabik ban dan pelk tunggangan IWB. Ban depan berusaha IWB kontrol dan ini cukup melelahkan. Ban belakang sih bodo amat karena dari tadi sudah ngesot kiri kanan. Gileeee….lelah benerrr. Lek Ari yang didepan awalnya pede sebelum akhirnya berhenti noleh kebelakang karena ban belakang doi spin terjebak dalam lumpur. Doi geleng-geleng kepala…motor ora iso maju cak. Ditengah keraguan…dari belakang suara melengking kayak geledek membuat kita sontak menoleh kebelakang. Waduhhh…..(Bersambung Part 2)

 

View this post on Instagram

 

TERSESAT !!! . Saat ini Kita pecah grup dan ada sekitar 5 orang bersama IWB yang bingung karena tersesat di pegunungan Telomoyo. Kabut pekat membuat kita makin was-was. Udara juga menusuk sangat dingin akibat hujan. Asli cak….tangan megang grip aja sulit terasa kaku saking dinginnya?. Bayangin wae…..tanpa jaket dan hanya menggunakan baju jersey, dari panas ke dingin. Dan untuk kesekian kalinya kita bertanya ke rumah penduduk…mungkin sudah lebih 10 kali nih cak. Inilah yang istimewa dari Honda Adventure Day 2019. Konsepnya tanpa sweeper namun kita dilepas begitu saja dan hanya diberi road book digital. Mumet ndase menantang tenan cakkkkk?? #HondaAdventureDays #HAD2019 #CRF150L #HondaSportsBike #ExciteYourRide

A post shared by IwanBanaran (@iwanbanaranblog) on

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

43 COMMENTS

  1. Inilah yang namanya adventure, memberikan tantangan, tapi tetep aman.
    Kalo gak mau kesasar ya acaranya diganti Honda Touring Day aja.
    Apalagi kalo kesasar trus dapet Kembang Deso ….. biyuuuuuuh

  2. nah.lo..keblasuk sampai kopeng
    wakakaka.
    mau tak suruh mampir ( secara rumah di ungaran), tapi saya baru di mega kuningan jakarta nich kang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here