iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….sepertinya Honda pada bulan Januari 2019 boleh tersenyum bangga atas raihan penjualan yang semakin meroket. Grup Astra makin tak terkejar rival dekatnya. Begitu juga dengan Suzuki yang melejit naik 50%. Perjuangan Suzuki yang begitu masif memasuki seluruh kanal serta produk-produk barunya mampu membuat PT SIS meraih raport luar biasa dibanding tahun lalu dibulan yang sama. Ironisnya, raihan kedua pabrikan ini berbanding terbalik dengan Yamaha. Pabrikan ini anjlok dibulan ini dengan penguasaan pasar tidak sampai 20 %. Waahhh….

Seperti dilansir bisnis.com, Honda semakin tidak terbendung diawal tahun 2019 dengan penjualan yang cukup masif dan mampu menguasai pasar hingga 77,5 %. Asli cak….iki wis taraf kenthir bin edian. lha mosok nyaris 80 %. Sebenarnya tidak ada yang salah sebab Raihan market share ini tidak lepas dari konsistensi pabrikan Astra melakukan langkah-langkah profesional dan kongkret. Baik dari produk serta tim marketing yang jempolan. Perjuangan mereka membuahkan hasil setidaknya diawal tahun ini….

iklan iwb
iklan iwb

Sebagai perbandingan, di bulan yang sama tahun lalu AHM melego 345.957 unit motor. Sementara di tahun ini mereka berhasil menjual 441.165 unit alias melejit tak terbendung. Praktis dari kisaran 73% market share kini posisi mereka sudah merangsek di angka 77,5 %. Sementara Yamaha justru anjlok. Ditahun lalu pabrikan garputala berhasil melego 122.989 unit motor. Namun tahun ini dibulan yang sama YIMM hanya berhasil menjual sebanyak 110.110 unit. Turun 12 ribuan unit disaat yang sama Honda justru melejit naik membuat mereka kehilangan porsi market share cukup signifikan….

Yup…dari sebelumnya masih berkisar 22 % di bulan Januari hanya 19,3 %. Sayang IWB tidak mendapatkan detil produk perproduk. Nggak tahu cak, sekarang sulit banget mendapatkan data per-produk. So…jika dikalkulasi hanya Yamaha yang mengalami penurunan penjualan cukup tajam hingga 10,5% diperiode yang sama. Sebagai informasi di bulan Januari 2018…market share Yamaha masih berada dikisaran 25,5 %. Sedang sekarang nangkring diangka 19,3 %….

Selain Honda, yang cukup positif adalah tren Suzuki. Pabrikan S berhasil menjual sebanyak 9.100 unit dibulan ini. Angka tersebut jauh melesat dibandingkan Januari 2018 yang berada dikisaran 6000-an. Kondisi tersebut membuat Suzuki menjadi pabrikan yang menorehkan tren positif dengan kenaikan mencapai kisaran 50,4% dan berhasil meningkatkan market share nasioanal hingga 1,6%. Sementara Kawasaki mepet diposisi tiga dengan mengoleksi penjualan 8.608 unit. Dan yang paling buncit adalah TVS yang menjual 143 unit…..(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

77 COMMENTS

    • Qbix terlalu segmented bos…Ga bakal signifikan mempengaruhi market share.
      Yang penting,segera refresh nmax,aerox,mio m3,vixion,fino. Kalo perlu keluarkan new xeon atau apalah utk head to head dengan vario series. Itupun dengan catatan desainnya keren,power imbang,plus fitur yang lengkap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here