Iwanbanaran.com – Cakkkk…… Siapa yang tidak pening melihat sosok dari Honda Forza 250. Mewah, elegan, nyaman, futuristik serta modern menjadi kekuatan yang sulit dibantah. IWB yang sudah jajal langsung dan menggunakan touring di jalanan Thailand lumayan kena racun akibat ditampol riding quality yang diberikan oleh Honda Forza 250. Sayang cak….. saat dibawa Astra Honda Motor ketanah air banderolnya cukup tinggi. Status penjualan yang didatangkan secara CBU Thailand membuat pajak yang digendong Forza 250 sangat berat. Dan sepertinya hal ini disadari betul oleh AHM yang konon sedang mempertimbangkan untuk melokalkan Honda Forza 250. Dan…..stttt,¬† Potensi Honda Forza 250 dilokalkan semakin serius cak katanya….

Seperti yang kita tahu Honda Forza 250 resmi dirilis Astra Honda Motor tahun kemarin. Motor yang memiliki fitur bejibun ini cukup laris walaupun tentu tidak maksimal. IWB sebut tidak maksimal akibat bandrol yang cukup jauh dari kompetitor dekatnya Yamaha X-Max 250 yang dijual 58 jutaan. Dengan rentang gap harga yang nyaris tembus 18 juta rupiah jelas akan membuat para potensial buyer yang memiliki dana cekak kembali melirik ke X Max. Padahal cak….Honda Forza 250 ki jiannn enak tenan tunggangannya. Tapi jika gap banderol segitu…..suka atau tidak pasti akan sedikit mempengaruhi. Belum lagi status CBU membuat proses pembelian juga cukup sulit. Indennya suwe. Kan Butuh Waktu Cak proses import dari Negeri Thailand….

Mungkin itulah yang mendasari isu akan dilokalkannya Honda Forza 250 semakin kencang. Diperkuat oleh penuturan salah satu pejabat main dealer Honda yang tidak bisa IWB sebutkan disini cukup yakin Forza 250 makin serius untuk dilokalkan dengan progress kemungkinan dimulai tahun ini. ” Kan akan dilokalkan, harapannya sih tahun ini sudah mulai….” serunya saat menjawab banderol Forza sekarang. Nahhhhh….menarik tenan to. Sayang cak, hingga detik ini IWB belum mendapatkan ungkapan langsung dari pejabat AHM. Selain itu IWB juga belum memperoleh bocoran apapun tentang kode project yang memiliki korelasi dengan Forza 250. Artinya memang masih berupa kasak-kusuk tanpa bukti. IMHO mending tetap kita tampung….

Last….. walaupun kencang mengemuka isu Forza 250 akan dilokalkan namun Entah kenapa dari sisi pribadi IWB masih belum terlalu percaya mengingat melokalkan produk tentu butuh perhitungan yang cukup detil. Terkait investasi untung rugi karena dengan melokalkan produk dibutuhkan alat jig baru yang tidak murah.¬†Jika penjualan unit produk bisa dilakukan secara masif mungkin potensinya cukup besar. Akan tetapi jika yang kita bicarakan adalah produk premium dengan market yang cukup kecil jelas melokalkan adalah keputusan berani. Namun tidak ada salahnya kita tampung dan pantau saja bocoran ini apakah akurat atau tidak. Forza 250 versi lokal? Logis ngak menurut sampeyan kira-kira? (Iwb)

Advertisements