Iwanbanaran.com – Cakkk…. walaupun sudah banyak yang membahas tentang mahalnya sensor kabel speedometer Yamaha NMax 155 ternyata cukup banyak pertanyaan dilontarkan ke IWB. Keterkejutan mereka karena seutas kabel tersebut harganya bikin pingsan. Tidak mengherankan sebab siapapun pasti tidak menyangka bahwa kabel sensor yang terkesan diremehkan tersebut ternyata harganya betul-betul mengejutkan. Pertanyannya…kenapa kabel yang biasanya hanya dijual seharga 30 ribuan tersebut bisa begitu mahal???

Zaman sudah berbeda kangbro. Harga 30 ribuan adalah kabel manual yang digunakan untuk speedometer analog. Sementara pada speedometer digital kabel yang digunakan memang jauh lebih mahal. Contohnya Honda Verza 150 yang dijual pada kisaran 200 ribuan. Banderol tersebut memang terkesan lebih masuk akal dibandingkan dengan harga yang dipasang oleh Yamaha untuk Maxi scooter nya. Lha piye cak…..beberapa keluhan masuk ke newsroom IWB tentang mahalnya harga kabel speedometer Yamaha NMax 155…..

Berawal dari display speedo yang tidak lagi memberikan bacaan secara Real Time. Jadi saat sampeyan melaju kencang motor hanya berputar di angka 20 hingga 30 km per jam. So… jika itu terjadi dipastikan yang rusak adalah kabel sensor speedometer (walaupun bisa juga area rotor). Beruntung sampeyan kalau hanya rotor sebab jika kabel…wisss mumet ndase cak. Sebab harga OEM yang dipatok Yamaha untuk Wheel Sensor Assy Front dengan kode Part 2DP-85980-00 ini ternyata mencekik leher. Awalnya IWB nggak ngeh sebelum beberapa keluhan masuk perihal ini. ” Harganya gila kang IWB….barangkali ada solusi lain..?” Seru cak Reza via Instagram….

Dan setelah IWB cek memang betul harga HET yang dipatok untuk komponen tersebut sekitar 876.000 rupiah. Bahkan di beberapa online store harganya bisa di atas itu yakni antara 900 hingga 1 jutaan. Gileee kenthirrr ediannn njaran. Pertanyaannya…kenapa harga kabel sensor speedometer bisa semahal itu? Dari analisa IWB Ada tiga kemungkinan. Yang pertama fungsi dari kabel sensor speedometer menjadi satu dengan sensor ABS. Walaupun alasan diatas tidak bisa dijadikan patokan Karena untuk harga kabel speedometer NMax non ABS pun bandrolnya tetap di Kisaran angka tersebut. So….dari sini mentah cak…

Yang kedua adalah jumlah produksi. Sensor kabel speedometer masuk kategori slow moving part alias jarang rusak. Sudah jamak hukumnya komponen yang jarang mengalami kerusakan biasanya akan diproduksi dengan jumlah yang tidak terlalu masif. Praktis vendor pun akan memasang harga yang cukup mahal untuk Yamaha. Tapi jika dibandingkan dengan produk lain, NMax Wheel Sensor Assy Front memang tetap mengerikan. Yang ketiga dan ini prediksi paling kuat adalah status dari komponen. Bisa jadi mahalnya sensor speedometer Yamaha nmax 155 yang mengusung nomer part 2DP-85970-00 masih import dari luar…..

Dengan menyandang status impor maka komponen pun jadi terkerek akibat dibebani pajak import. Soal ini memang masih berupa prediksi sebab belum ada keterangan apapun dari pihak Yamaha tentang mahalnya kabel sensor speedometer Nmax 155. Yang jelas komponen ini memang termasuk awet akan tetapi memiliki Lifetime. Ada baiknya sampeyan siapkan dana lebih sebab jika itu terjadi tidak ada jalan lain kecuali harus diganti mengingat sensor tersebut juga bisa mempengaruhi kinerja ECU….

Sebagai informasi sistem injeksi NMax tergantung dari speed. Jika sensor speed gagal memberikan informasi kecepatan maka ECU akan terganggu serta memberikan tanda error pada display speedometer. Sebab speed mempengaruhi besarnya debit semprot injektor pada sistem pengapian. Makanya jangan heran jika kabel speedometer rusak, sampeyan akan merasakan engine endut-endutan bahkan kadang mati pada kecepatan tertentu. Ini karena injektor bingung dan tidak mampu memberikan jumlah debit BBM ideal yang dibutuhkan mesin khususnya pada high speed. Jadi emang vital cak…

Last…. sejauh ini belum ada opsi kabel lain kecuali menggunakan perangkat OEM pabrikan. Sebagai biker tentu kita tetap berharap seutas tali tersebut bisa ditekan harganya agar jauh lebih manusiawi dan wajar. Lha piye cak….nyaris sejuta pakde. Bahkan dibanding harga ban satu set…. kabel sensor speedometer Nmax jauh lebih mahal. Lek wis apes dikrikitin tikus, kuwi sing bikin mumet tepuk bathuk. So…Wheel Sensor Assy Front NMax ? Ojo kaget lho yo kalau pas rusak. Lebih baik tahu diawal ketimbang pingsan kemudian. Haiyahhhh :mrgreen: …..(iwb)

Advertisements