iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Gualaakkkk cakkk…..memang luar biasa pabrikan Tiongkok. Mereka  selalu sukses membuat motor garang. Namun mereka juga selalu sukses membuat copy sebuah produk sehalus mungkin. Bentuk detil mungkin berbeda tapi tetapi garis besar desain identik dengan produk lain. Seperti kehadiran Street Fighter terbaru buatan Tiongkok berlabel Benda Asura 400. Motor yang begitu garang dengan bentuk seperti menerkam lawan. Banyak yang mengatakan sosok dari Benda 400 ini adalah versi Klonengan Kawasaki Z1000 sugomi. Apakah demikian?

Benda Asura 400 memang bukanlah motor yang benar-benar baru sebab sosoknya sudah pernah dipamerkan sejak tahun lalu. Akan tetapi baru di awal 2019 ini indikasi semakin menguat bahwa motor tersebut akan segera di produksi massal. Secara desain tidak usah diragukan karena dilihat dari depan ke belakang memang super agresif. Lekukan dari depan, Tengah hingga belakang betul-betul mencerminkan sebuah motor naked tulen yang mengintimidasi lawan….

Intip saja batok lampu tipis yang sedikit turun nempel dekat spakbor depan. Bentuk Lancip ditambah punuk yang cukup tinggi kemudian kembali melengkung ke bawah dan pada buritan ditarik ke atas sehingga kesan sporty sangat kuat terasa. Tidak hanya itu, bahkan di area suspensi depan pabrikan Benda yang berpusat di Zhejiang Cina ini sudah menjejali suspensi Upside Down gambot. Karakter Street Fighternya semakin tegas karena Benda Asura 400 mengadopsi swing arm model Pro am. Single arm pakdeeee…..

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Galaknya desain dipertegas oleh shape atau bentuk knalpot model dual barel. Asli cak….. keren dan galaknya nggak ketulungan. Sayang sangarnya desain tidak diikuti oleh dapur pacu yang ternyata cukup kecil. Benda Asura 400 dibekali mesin 399 cc 2 silinder 4 katup berpendingin radiator. Dengan spesifikasi tersebut sang Street Fighter hanya mampu memuntahkan tenaga hingga 41 PS. Cukup sih….walau harapan kita lebih daripada itu. Tidak mengejutkan karena mesin yang digendong sebenarnya merupakan common engine varian lain….

BENDA Asura 400 juga telah dibekali rem ABS, lampu LED, speedometer full digital TFT display dan frame tralis. IMHO emang ganteng tenan. Tetapi kehadiran Benda Asura 400 bukannya tanpa kontroversi. Basis desain dianggap banyak terinspirasi dari Kawasaki Z1000 sugomi. Dengan kata lain blueprint pengembangan banyak mengkloning shape design dari Street Fighter Kawasaki. hanya melakukan beberapa sentuhan detil pengurangan dan penambahan yang membuat motor ini memang jadi jauh lebih garang. IWB sendiri harus setuju secara desain justru benda Asura 400 lebih keren dibandingkan dengan Kawasaki Z1000 sugomi. Tapi IWB juga setuju Asura 400 mengambil basis desain dari Sugomi….

Last….rumornya Benda Asura 400 nanti tidak hanya akan dipasarkan di market Negeri Tiongkok. Ada kemungkinan Asura 400 bakal di pasarkan secara global Jika memungkinkan. Ini artinya motor Cina ini sepertinya memiliki quality control yang seharusnya lebih baik dibandingkan dengan beberapa Brand Cina lain. Entahlah. Diperkirakan Benda Asura 400 akan dijual pada kisaran USD 5,700 atau sekitar 75 jutaan rupiah. Nah….seperti apa Benda Asura 400 yang disebut sebagai klonengannya Kawasaki Z1000 Sugomi ? Monggo intip foto-fotonya dibawah ini. Hhmm…trah ancene ganteng tenan pakde, ediannn !…(iwb)

Benda Asura 400

Kawasaki Z1000 Sugomi, mirip ?

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!