Iwanbanaran.com – Cakkkkk…..seperti yang kita tahu Kawasaki sukses merilis Kawasaki New Ninja 250 FI tahun kemarin. Motor yang sudah menggunakan komponen baru baik dari engine ataupun sasis ini memiliki power yang cukup besar. Perbaikan di seluruh sektor membuat handling dan performa meningkat signifikan dibandingkan generasi lawas. Dengan seluruh fakta diatas, kita berharap Kawasaki juga akan segera merilis new Z250 untuk pasar Indonesia. Pertanyaannya Apakah Kawasaki akan melakukannya tahun ini ?….

Tidak bisa dipungkiri generasi terbaru Kawasaki New Ninja 250 Memang luar biasa signifikan perbedaannya. Harus IWB akui hampir seluruh sektor berubah. Baik handling ataupun performa betul-betul meningkat. Yang paling mencolok tentu saja adalah reaksi handling yang jauh lebih nurut dibandingkan dengan gen lawas. Lewat sasis yang mengadopsi Kawasaki Ninja H2, apa yang ditawarkan geng ijo memang bukan omong kosong….

Hampir seluruh sektor memberikan reaksi positif. Tidak heran kita pun berharap Kawasaki juga merilis versi naked dari Ninja 250. Siapa lagi kalau bukan Z250 yang juga sudah hadir sejak beberapa tahun yang lalu. Apalagi di Eropa Kawi juga sukses memperkenalkan 2 versi sekaligus yakni Z400 serta Z250. Kedua motor yang merupakan versi naked Ninja mendapatkan sambutan yang sangat positif. Pertanyaannya, Kapan motor ini akan dipasarkan di Indonesia dan Mungkinkah Kawasaki Motor Indonesia membawa sang naked ke tanah air?

Ketimbang berspekulasi IWB langsung menanyakan perihal ini kepada Deputy head sales department marketing and sales Division Pak Michael C. Tanadhi. Jawabannya? Mung senyum-senyum thok cak. ” Piye pak….kapan Z250 terbaru dibawa kesini? Satu dua atau tiga bulan lagi? …” uber IWB. Pria murah senyum ini agak ragu dan hanya menjawab….”mmmmmm…….(senyum-senyum)”. Wehhhh piye jal ujung-ujunge belum kelar dijawab kita diinterupsi oleh teriakan MC yang membuat percakapanpun buyar. Mission failed….

Tidak putus asa IWB coba sedikit menggali informasi disekitar internal PT KMI. Dari kasak kusuk Itulah bisa IWB dapatkan sedikit petunjuk bahwa posisi Z250 memang cukup lemah. Keinginan untuk meramaikan pasar naked sport 250cc mendapatkan kendala. Keinginan untuk segera meluncurkan generasi terbaru Z250 tidak mudah dan berat. Hal ini karena berdasarkan survei serta kecenderungan market di kelas sport naked 250 menurun dengan drastis…..

Yup….Fakta tersebut bisa kita lihat bagaimana babak belurnya pabrikan untuk memasarkan sport naked 250cc. Intip saja generasi sebelumnya di mana penjualan Z250 juga terseok-seok jauh dibandingkan dengan Ninja 250. Nasib serupa juga dialami Yamaha yang terpuruk dengan MT-25nya. Ora payu alias terjun bebas cak. Para bikers sepertinya cenderung lebih memilih sport fairing 250 dibandingkan naked sport 250. Mungkin dengan harga yang tidak terpaut jauh membuat para bikers berpikr nanggung jika membeli versi naked. ” Kayaknya berat bro…” desah salah satu narasumber singkat. Waduh….

Jangan heran keinginan Honda untuk nyemplung di kelas naked 250cc ikut mundur. Mereka seperti ragu. Isu hanya tinggal isu……dua tahun berlalu namun kita juga belum menemukan titik terang kelahiran CB250R. Mungkin hasil survei Honda menemukan sulitnya pasar sport naked 250cc jika mereka melahirkan versi naked CBR250RR. Dilalah….analisa ini diperkuat oleh selentingan Kawasaki yang juga ragu membawa new Z250 ketanah air….

Memang tidak mutlak karena Kawasaki pasti terus melakukan kajian. Dan jika dipandang memenuhi syarat secara market bisa saja potensi Z250 tetap dipertahankan. Namun jika hasilnya negatif, bisa saja eksistensi Z250 tidak diteruskan. Semoga tidak cak. Nah..kalau menurut sampeyan, apakah Z250 terbaru menarik perhatian jika dipasarkan di Indonesia ? monggo berikan opininya supaya bisa dijadikan bawan masukan KMI. Gazzz cakkkk……(iwb)

Advertisements

31 COMMENTS

  1. berat kalo mau bawa……
    kecuali kaya yamaha yang base produksi globalnya di indonesia
    itu pun kalo mau laku desain produk no.1
    pake DNA MT series misalnya

    • Panel plastik antara bawah tangki sampai bawah jok depan lebar amat yak ahahaha nafsu yg desain nih

  2. Hadeuuhhh…. Juraganrondo yg kali pertama nulis shifting demand, sampai dibully… Ehh… Ternyata beneran…. Sport 250cc ditinggalin…
    Yaaagh…. Laaagh….. Padahal cuma ngomongin teori n konsumer mbehavior saza ntuhhh…. Yaaagh…. Laagh……
    Jurandoz JURAGAN RONDO ANCEN JOSGANDOZ
    Jurondaz JURAGAN RONDO EMANG CERDAZZZ….

  3. Haiyyaaa kunci kesuksesan motor sport/naked adalah bentuk headlamp waaa
    Klo model headlamp kek new z250 gini.. menjijikan bgt waaa.. diliat dari dpn / samping jelek semua waaa

  4. release yg 400cc sekalian, bikin juga diverensiasi produk 400series dengan setting harga lebih murah.
    tengok betapa larisnya entry level bigbike honda dengan 500seriesnya.

    • Betul om, Kawasaki jagonya main market2 celah begini. Apalagi motor 250-600cc sepi disini. Bisalah dibawah 120jt, yg 500cc diatas 130jt.

    • Sdh teraba oleh juraganrondo.
      Jurondaz JURAGAN RONDO EMANG CERDAZZZ
      Jurandoz JURAGAN RONDO ANCEN JOSGANDOZ

  5. Sport Naked 250 cc desain biasa sudah out of date dan sepi peminatnya.
    Pabrikan Jepang kudu beralih ke segmen sport retro.
    Kawasaki sudah punya Z900 RS, artinya nomenklatur Z_ _ _ RS bisa digunakan untuk lightweight nya yakni Z400RS/Z250 RS.

    Nantinya pabrikan lain akan masuk ke segmen ini (bahkan Honda sudah punya CB300 Neo Sport cafe) dan timbul persaingan sehingga memberikan aura kompetisi yang efeknya perkembangan model di masa depan.

    Silahkan bookmark komentar saya [kalo lolos moderasi mas Iwan]. Ahihihihi… 😀

  6. Klo menurut kajian saya pasar naked blm lesu2 amat. Cba lihat duke 250 jualan moncer. Yg mungkin jadi masalah di mt25 + z250 kmre adalah desain yg nanggung. Cba liat z250 dgn side fairing yg full, yg cukup aneh untuk desain 250cc yg notabene pamer engine (otot2 keker). Klo di MT25 adalah dri headlamp-nya yg sanagt2 sederhana & tidak mencerminkan naked bike yg sangar + jok bonceng yg naik. Meski sisi engine sudah pamer. Tapi dri segi visual kurang meyakinkan. Cba MT ambil desain headlamp mt09, pasti keren + adjust di subframe untuk seat bonceng.

  7. Motor naked itu seyogyanya mengutamakan kenyamanan rider dan boncengernya.
    Tapi naked disini seperti z250 dan mt25 jok belakangnya masih model split seat yang tentu saja menyiksa buat boncenger dan juga rider. Mungkin ini salah satu sebab lesunya penjualan naked bike 250cc disini.

  8. Masalahnya, di kelas entry level gini yang membedakan naked dan fairing hanya headlamp dan fairing. akhirnya versi naked seperti tidak punya karakter.Pabrikan seperti tidak niat membuat naked sejati. Mungkin yang berpotensi di entry level hanya MT-15, karena full body berbeda (walaupun rangka dan mesin sama persis. Tapi dengan full body yang berbeda jadi punya karakter sendiri.

  9. Dari dulu Z250 menurut gw desainnya paling keren untuk kelas naked bike 250cc, versi baru ini cukup oke meski kelihatannya mengecil ya. Belum liat aslinya sih… Biasanya orang ambil naked bike karena selera dan ergonomi kali ya, tapi Ninja 250 yang pada dasarnya sport touring punya ergonomi yang nyaman juga sih…

  10. Saatnya bikin yg klasik..pk mesin inline tampang jadoel hrg yg masuk akal..kira2 pabrikan mana yg mau jd pelopor ya..ahm sih udah pasti bklan jd folower sprti biasanya..harapan tinggal yimm dgn xr250 inline…semogaaaa

  11. Kalo diubah jadi z250 RS Cafe dijamin laku, asal designnya kayak Z900RS cafe cak, soalnya jujur aja design new Z250 ini menurut ane gak sekeren yang lawas.

  12. Logisnya 250cc genre classic/neo classic kayak XSR900/CB650/Z900RS bisa dipertimbangkan. Percayalah, akan lebih gurih daripada genre Streetfighter. Yang jadi pertanyaan, siapa dulu yg mau jadi pionir 250cc classic ? Soalnya di Indo, pabrikan terkesan wait and see karena yg rilis duluan bakal kalah sama yg lebih advance atau singkatnya takut pabrikan lain “ngekor” kalo marketnya gurih. Kecuali mau all out sekalian bikin benchmark baru macam CBR250RR lha bakal beda cerita #IMHO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here