Iwanbanaran.com – Cakkkkk…..seperti yang kita tahu Kawasaki sukses merilis Kawasaki New Ninja 250 FI tahun kemarin. Motor yang sudah menggunakan komponen baru baik dari engine ataupun sasis ini memiliki power yang cukup besar. Perbaikan di seluruh sektor membuat handling dan performa meningkat signifikan dibandingkan generasi lawas. Dengan seluruh fakta diatas, kita berharap Kawasaki juga akan segera merilis new Z250 untuk pasar Indonesia. Pertanyaannya Apakah Kawasaki akan melakukannya tahun ini ?….

Tidak bisa dipungkiri generasi terbaru Kawasaki New Ninja 250 Memang luar biasa signifikan perbedaannya. Harus IWB akui hampir seluruh sektor berubah.┬áBaik handling ataupun performa betul-betul meningkat. Yang paling mencolok tentu saja adalah reaksi handling yang jauh lebih nurut dibandingkan dengan gen lawas. Lewat sasis yang mengadopsi Kawasaki Ninja H2, apa yang ditawarkan geng ijo memang bukan omong kosong….

Hampir seluruh sektor memberikan reaksi positif. Tidak heran kita pun berharap Kawasaki juga merilis versi naked dari Ninja 250. Siapa lagi kalau bukan Z250 yang juga sudah hadir sejak beberapa tahun yang lalu. Apalagi di Eropa Kawi juga sukses memperkenalkan 2 versi sekaligus yakni Z400 serta Z250. Kedua motor yang merupakan versi naked Ninja mendapatkan sambutan yang sangat positif. Pertanyaannya, Kapan motor ini akan dipasarkan di Indonesia dan Mungkinkah Kawasaki Motor Indonesia membawa sang naked ke tanah air?

Ketimbang berspekulasi IWB langsung menanyakan perihal ini kepada Deputy head sales department marketing and sales Division Pak Michael C. Tanadhi. Jawabannya? Mung senyum-senyum thok cak. ” Piye pak….kapan Z250 terbaru dibawa kesini? Satu dua atau tiga bulan lagi? …” uber IWB. Pria murah senyum ini agak ragu dan hanya menjawab….”mmmmmm…….(senyum-senyum)”. Wehhhh piye jal ujung-ujunge belum kelar dijawab kita diinterupsi oleh teriakan MC yang membuat percakapanpun buyar. Mission failed….

Tidak putus asa IWB coba sedikit menggali informasi disekitar internal PT KMI. Dari kasak kusuk Itulah bisa IWB dapatkan sedikit petunjuk bahwa posisi Z250 memang cukup lemah. Keinginan untuk meramaikan pasar naked sport 250cc mendapatkan kendala. Keinginan untuk segera meluncurkan generasi terbaru Z250 tidak mudah dan berat. Hal ini karena berdasarkan survei serta kecenderungan market di kelas sport naked 250 menurun dengan drastis…..

Yup….Fakta tersebut bisa kita lihat bagaimana babak belurnya pabrikan untuk memasarkan sport naked 250cc. Intip saja generasi sebelumnya di mana penjualan Z250 juga terseok-seok jauh dibandingkan dengan Ninja 250. Nasib serupa juga dialami Yamaha yang terpuruk dengan MT-25nya. Ora payu alias terjun bebas cak. Para bikers sepertinya cenderung lebih memilih sport fairing 250 dibandingkan naked sport 250. Mungkin dengan harga yang tidak terpaut jauh membuat para bikers berpikr nanggung jika membeli versi naked. ” Kayaknya berat bro…” desah salah satu narasumber singkat. Waduh….

Jangan heran keinginan Honda untuk nyemplung di kelas naked 250cc ikut mundur. Mereka seperti ragu. Isu hanya tinggal isu……dua tahun berlalu namun kita juga belum menemukan titik terang kelahiran CB250R. Mungkin hasil survei Honda menemukan sulitnya pasar sport naked 250cc jika mereka melahirkan versi naked CBR250RR. Dilalah….analisa ini diperkuat oleh selentingan Kawasaki yang juga ragu membawa new Z250 ketanah air….

Memang tidak mutlak karena Kawasaki pasti terus melakukan kajian. Dan jika dipandang memenuhi syarat secara market bisa saja potensi Z250 tetap dipertahankan. Namun jika hasilnya negatif, bisa saja eksistensi Z250 tidak diteruskan. Semoga tidak cak. Nah..kalau menurut sampeyan, apakah Z250 terbaru menarik perhatian jika dipasarkan di Indonesia ? monggo berikan opininya supaya bisa dijadikan bawan masukan KMI. Gazzz cakkkk……(iwb)

Advertisements