Iwanbanaran.com – Pakdeeee…..Suzuki Ecstar Motogp adalah tim ke empat yang resmi memperkenalkan Livery barunya Setelah Mission Winnow Ducati, Repsol Honda Team dan SIC Racing Team. Penasaran seperti apa ? Inilah sosok Suzuki GSXRR versi 2019….

Kali ini Suzuki menduetkan 2 Rider muda Alex Rins (23 Tahun) dan Satu satunya Rookie yang memakai Pabrikan Joan Mir (21 Tahun). Mir menggantikan Posisi Andrea Iannone yang tahun lalu tampil kurang konsisten pakde. Membuat Iannone Harus banting stir menuju Aprilia Gresini Racing Team.

Musim lalu Suzuki tampil cukup baik pakde..
Dengan catatan terbaik 9 Podium. 5 Podium untuk Alex Rins (Termas,Assen,Motegi,Sepang,Valencia) dan 4 Podium untuk Andrea Iannone (Austin,Jerez,Aragon,Phillip Island).

Musim lalu Suzuki terbantu akan adanya Jatah Konsesi. Pabrikan Yang mendapat status Konsesi penuh memperoleh banyak keuntungan dengan Jumlah mesin yang berjumlah 9, Mesin boleh tidak sama antara masing masing pembalap, tidak ada pembekuan pengembangan mesin selama musim berjalan, Jatah Wildcard lebih banyak (Maksimal 6 kali) dan memperoleh jatah pengetesan lebih banyak.

Musim ini mereka lepas dari jatah konsesi tersebut cak. Mengingat sudah melampaui batasan Poin Konsesi yaitu 6 Poin.
1 Poin Konsesi = Podium 3
2 Poin Konsesi = Podium 2
3 Poin Konsesi = Podium 1 Alias Menang.
Dengan demikian maka Suzuki akan menjalani musim ini sama Layaknya Honda,Ducati dan Yamaha pakde. Dengan jatah mesin yang berkurang dari 9 menjadi 7 mesin, Pembekuan pengembangan mesin, jumlah wildcard yang lebih sedikit (Maksimal 3) serta pembatasan pengetesan.

Dengan demikian Squad Suzuki tak gentar pakde. Mereka yakin Suzuki sudah cukup kompetitif dan sudah dekat dengan kemenangan. Untuk musim ini Davide Brivio menegaskan tidak ada Mesin baru, mengingat sudah ada beberapa mesin yang di coba tahun lalu dan akan dikembangkan untuk musim ini.

Jelang peluncuran skuat dan motor 2019, Suzuki mengonfirmasi mereka masih menggunakan GSX-RR dengan komponen musim lalu. Memanfaatkan konsesi musim lalu, Suzuki merancang beragam komponen GSX-RR sepanjang 2018, dan melanjutkan pengembangannya musim ini.

“Kami tak akan memiliki motor baru musim 2019. Kami fokus mengembangkan elemen utama motor, mesin serta sasis. Kami telah menguji versi terbaru mesin, didesain untuk meningkatkan tenaga dan kecepatan, itu berhasil. Maka, saat ini kami harus memahami bagaimana itu (mesin) akan mempengaruhi motor secara keseluruhan. Kami memiliki berbagai opsi mesin, sasis, juga elemen lainnya. Hal sulit saat ini adalah menyusun komposisi terbaik dari semua elemen untuk FP1 di Qatar. Ini menyebabkan sakit kepala hebat sepanjang musim dingin bagi semua insinyur kami di Jepang, namun ini juga bagian sangat menarik dari balapan,” tukas Brivio.

Last…..Peluncuran Livery Dilakukan Suzuki dalam bentuk Video yang terpampang di Web resmi Suzuki. Tidak ada perbedaan Segnifikan dengan Livery Musim lalu. Dengan mempertahankan Warna Biru Suzuki dan beberapa list kuning lebih banyak…..(Cc for iwb)

Advertisements

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here