Iwanbanaran.com – Cakkkkk…… kabar menarik datang dari pabrikan Ducati yang berhasil meningkatkan hampir semua line up produksi di seluruh dunia sehingga membuat pabrikan ini boleh tersenyum bangga khususnya atas penjualan mereka di tahun 2018. Namun siapa menyangka jika dilihat secara total Ducati Mengalami penurunan sebanyak 5% dibandingkan dengan tahun 2017. Menjual 53.004 unit….. ini artinya walaupun Ducati mencicipi raport bagus di kelas superbike namun pada varian lain Mereka lumayan terpuruk. Yang cukup unik ternyata penjualan merk Italia ini malah naik di Jepang. Waaahhhh menarik ki cak…..

Ducati boleh bangga dengan raport yang ditunjukkan superbike Panigale V4 yang Laris Manis. Namun sebenarnya merk Italia ini Mengalami penurunan 5% dibandingkan dengan tahun 2017. Hal tersebut mengakhiri pertumbuhan 8 tahun beruntun untuk Ducati dan tentu ini adalah berita buruk. Kabar baiknya Ducati mengklaim menjadi pabrikan yang berhasil menguasai segmen Superbike. Berhasil menjual 9.700 model Panigale pada tahun 2018, angka ini membuat penjualannya meningkat pesat dibandingkan tahun 2017. Dari 9.700 unit, Ducati panigale V4 menyumbang 6100 unit. Sebuah angka yang mengesankan dari merek Italia terutama mempertimbangkan bandrol Panigale V4 yang cukup tinggi…

Praktis kini Ducati menguasai 26% pasar superbike seluruh dunia yang berarti kira-kira satu dari empat superbike yang dijual di seluruh dunia adalah merk Ducati. Tidak hanya superbike Panigale V4, menurut pabrikan Bologna raport bagus juga ditunjukkan keluarga Multistrada yang terjual sebanyak 11.829 unit. Multistrada 1260 menyumbang 6.569 unit alias mengalami peningkatan 25% kenaikan pada varian tersebut. Sayang raport ini tercederai penurunan pasar 500cc. Dibandingkan dengan tahun 2017 pasar tersebut turun hingga 3%. Selain itu Ducati babak belur di Amerika…

Di Negeri Paman Sam mereka turun 11%. Anak perusahaan mereka di Amerika Utara mengalami kerugian yang cukup besar untuk pertama kalinya selama bertahun-tahun. Untunglah banyak pasar di negara lain yang meningkat seperti Italia khususnya. Di negeri sendiri Ducati menjual 9.200 motor atau naik 4,5% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Begitu juga Spanyol yang meningkat hingga 8% alias 2.444 unit motor. Termasuk di Jepang yang naik 2% dengan penjualan 1.941 unit….lalu Cina 23% serta Swiss dengan 2,2%….

Last…. dari data diatas bisa disimpulkan kenaikan terbesar ternyata disumbang oleh Cina dimana Ducati berhasil meningkatkan penjualan hingga 23%. Dan yang menarik Ducati juga kuat di Jepang yang notabene merupakan negara raksasa otomotif roda dua dunia. Walau peningkatan tidak terlalu signifikan yakni hanya 2% akan tetapi fakta bahwa Bikers Jepang menyukai Ducati tidak bisa dibantah. Ducati sendiri cukup optimis menatap masa depan dengan mengandalkan 9 model untuk berkompetisi di tahun 2019 ini. Kita lihat saja cak…..(iwb)

Advertisements