iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..kelas Moto3 adalah kelas terendah di ajang MotoGP. Logikanya pasti kita berpikiran lebih miring soal apapun. Namun siapa menyangka ternyata tidak cak. Justru ternyata biaya paket Moto3 ternyata lebih mahal dibanding Moto2. Ahhh mosokkkkk ? penasaran berapa? yuk kita bahas sama-sama….

Mungkin banyak yang belum paham bahwa balap Moto3 itu lebih mahal dibanding Moto2. Maka dari itu, hanya 2 pabrikan saja yang konsen di balap Moto3 pada musim 2018 lalu, yaitu KTM dan Honda. Sebelumnya ada proyek Mahindra dan Peugeot, namun pada akhirnya undur-diri dikarenakan hasil yang tidak sepadan dengan biaya yang dikeluarkan pakde…..

Di sini memang kegagalan Dorna sebagai promotor penyelenggara karena tidak dapat menarik pabrikan lain seperti saat era motor 2 langkah. Bicara kemenangan, sejak 2017, Honda berhasil meraih tahta juara dunia Moto3 lewat Joan Mir (Leopard Racing) dan Jorge Martin (Gresini Racing Team) di tahun 2018. KTM berupaya melibas dominasi tersebut. Namun belum berhasil, terakhir meraih title di tahun 2016 lewat Brad Binder (Redbull KTM Ajo). Dilalah semua memang tidak lepas dari masalah cost atau biaya….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Data tahun 2018 Lebih lanjut dipahami, biaya paket mesin Moto3 untuk satu pembalap ialah 350-400 ribu euro atau sekitar Rp. 6,4 milyar. Ingat itu hanya biaya paket mesin saja belum mencakup biaya crash maupun pengembangan. Sementara sedikit informasi, untuk Moto2 cukup dengan biaya 20.000 euro/rider atau Rp. 325 juta-an. Selisihnya lumayan banyak cak. Hal ini karena Moto2 banyak menggunakan perangkat single vendor khususnya dari sisi engine…..

Bahkan kondisi ini juga menyulitkan tim Honda. Diungkapkan oleh Carlo Fiorani selaku Manajer Komunikasi Honda Motor via speedweek, mereka butuh uluran serius HRC diajang Moto3. “HRC tidak dapat menutupi biaya, bahkan untuk 400.000 euro per-pembalap dan musim, karena biaya pengembangan adalah yang paling mahal, dan kami tidak dapat meneruskannya ke tim…

” Pada awalnya, filosofi kami untuk tahun 2012 adalah menawarkan Honda NSF 250R yang benar-benar terjangkau seharga 20.000 euro di Moto3 dimana ketika itu kami melihat Moto3 sebagai kelas pemula seperti balap produksi. Tetapi kemudian KTM muncul dengan motor prototype nyata pada tahun 2012. Mereka banyak berinvestasi. Jadi Honda harus bereaksi atas hal ini, “tambah Carlo Fiorani. Yup…faktanya dengan kompetisi yang makin sengit kini ajang Moto3 sudah tidak lagi murah sebab butuh 350-340.000 Euro jika ingin kompetitif…..(Cc for iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!