iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkkk….. akhirnya kelar juga menyelesaikan Vlog Touring Honda Asia Journey 2018. Touring Malaysia yang cukup mengesankan karena kita disodori berbagai kondisi jalan mulai dari perbukitan jalanan kota hingga masuk tol. Ini adalah tahun kedua Iwanbanaran ikut dalam Touring Honda Asia Journey yang dilakukan oleh AHM. Dan satu hal yang cukup membuat IWB terkesan adalah perlakuan negeri jiran terhadap para bikerssss….

Yup…. bukan bermaksud membandingkan namun memang demikian faktanya bahwa Bikers Di Negeri Jiran jauh lebih beruntung dibandingkan dengan tanah air. Yang pertama adalah soal infrastruktur jalan yang sangat layak karena minim ditemukan lubang jalanan. IWB hanya menemukan Aspal retak itu pun di jalan pegunungan yang jauh dari Perumahan penduduk. Melintasi Malaysia hampir 200 km mayoritas touring diselesaikan dengan masuk jalur tol….

Banyak yang bertanya apakah masuk jalan tol di Malaysia dibatasi kapasitas mesin? jawabannya tidak cak. Semua roda dua diizinkan masuk ke jalan tol tidak terkecuali motor-motor bebek 135cc sekalipun. Jadi tidak ada diskriminasi perlakuan kepada para owners roda dua small ataupun big bike. Semua Sami mawon alias sama saja. Yang menarik pemerintah Malaysia memberikan gerbang khusus untuk roda dua masuk ke jalan tol. Jadi sampeyan tinggal melipir sebelah kiri yang kemudian pada ujungnya akan masuk ke jalan tol besar berbaur menjadi satu dengan mobil….

iklan iwb

Dan setelah sampai ke ujung gerbang tol berikutnya sampeyan akan diarahkan ke gerbang khusus kembali. Gerbang ini tanpa portal dan tidak dipungut biaya sama sekali. Pertanyaannya apakah sistem ini bisa diberlakukan di tanah air? Jujur memang sulit cak. Sebab populasi kendaraan di Negeri Jiran jauh lebih kecil dibandingkan dengan tanah air. Makanya selama touring IWB belum pernah sekalipun terjebak jalur macet. Lawong malah cenderung lengang….

Cukup dimaklumi karena penjualan kendaraan roda dua di Negeri Jiran hanya 500.000 unit per tahun. So… jika kita kalkulasi dan dibagi 12 bulan ini berarti penjualan motor di Malaysia Hanya 41 ribuan unit per bulan (total all brand). Angka yang jauh dibandingkan dengan tanah air yang mencapai 500.000 per bulan. Jadi di Malaysia membutuhkan waktu 1 tahun untuk menjual 500.000 unit maka di Indonesia hanya 1 bulan. Nahhhh…kenthirr tooo…

Itulah kenapa motor masuk tol sangat memungkinkan di Malaysia akibat populasi yang tidak terlalu banyak. IWB membayangkan mungkin jika perkembangan dan jumlah kendaraan roda dua semasif Indonesia bisa aja regulasi motor masuk tol akan dicabut. Mungkin lho cak. Apapun itu sebagai Bikers tanah air tentu saja fakta bahwa motor boleh masuk jalan tol secara gratis membuat IWB lumayan ngiri. Lawong enak gleser tenan pakdeeee. Nah..seperti apa Vlog Turing nunggang moge Honda di Malaysia ? monggo intip videonya dibawah ini. Segerrrrrrr (iwb)

iklan iwb
Previous articleSpyshot Yamaha NMax 155 kembali nongol, ada yang beda cak !!
Next articleJorge Lorenzo sebut status Marc Marquez mirip Rossi, lhooo ???
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!