Iwanbanaran.com – Pakdeeeee….siapa yang nggak gemes dengan lambatnya Yamaha dalam merespon pasar penggaruk tanah di Indonesia. Nunggu sampe jenggotan namun tidak juga nongol. Karena itulah cak Irwan sebagai Owner Old Vixion (3C1) akhirnya bertekad menyulap tunggangannya menjadi motor trail supaya bisa menjadi bahan referensi untuk pada bikers ditanah air. Dan setelah diubek-ubek,┬ábeginilah sosok Yamaha V-Ixion ketika disulap jadi motor trail, sasisnya ngerihh !

Tidak bisa dipungkiri segmen penggaruk tanah memang cukup seksi. Walaupun marketnya tidak sebanyak motor sport harian lain akan tetapi eksistensinya tetap konsisten. Karena memang cukup banyak Bikers yang memiliki hobi bermain tanah. Saat ini Honda dan Kawasaki sudah nyemplung disegmen tersebut. Sementara Yamaha dan Suzuki sepertinya masih wait and see. Mungkin rumor tentang hadirnya WR 150 sudah mengemuka. Namun kedatangan motor trail Yamaha tersebut memang tidak dalam waktu dekat….

Oleh karena itulah dibutuhkan kreativitas sembari menunggu kedatangan motor trail Yamaha. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Cak Irwan terhadap tunggangan kesayangan old Vixion lansiran 2012. Dibantu oleh salah satu bengkel di Bandar Mataram Lampung Tengah Wah Cak Irwan akhirnya mulai melakukan modifikasi dengan target merombak menjadi motor trail dan Supermoto. Yang pertama Doi mencoba mengambil basis desain atau konsep dari body kit KTM 250…..

Menurutnya KTM memiliki Aura yang cukup kuat Diajang penggaruk tanah. Hal itu dibuktikan dengan kembali dikuasainya Paris Dakar rally sehingga menurutnya dengan dilabur warna orange atau merah akan membuat motor ini makin eye catching. Dan untuk memperkuat semuanya akhirnya Doi memutuskan untuk melebur warna sasis menjadi merah. Hasilnya? Sasis jadi terlihat ngerihhh cakkkk. Outstanding bener pakdeee….

Kemudian bengkel melakukan modifikasi pada bagian tangki bahan bakar. Keuntungannya Old Vixy memiliki tangki yang jauh lebih mungil dibandingkan dengan generasi baru sehingga lebih gampang untuk menyesuaikan menjadi motor trail/supermoto yang terkenal slim. Untuk kaki-kaki suspensi depan masih standar milik Vixion dengan beberapa modifikasi. Sedang velg standar dibuang diganti dengan model jari-jari merk sprint XD. Ukuran depan 17 inch x 3.00 dan belakang 17x 3.50….

Roda memang masih cenderung menganut model Supermoto. Tapi sampeyan hanya tinggal mengganti kaki-kaki depan 21 inchi belakang 18 inchi maka motor ini siap tempur untuk turun di lumpur. Karena konsep awal memang motor ini bisa untuk trail serta Supermoto. Kembali soal modifikasi….arm belakang model custom dengan knalpot free flow yang disuplai oleh HJG racing. Hasilnya? Bikin pangling cak….

Last….. modifikasi di atas berhasil membuat tampilan old Vixion menjadi sosok nyawa baru yang siap tempur melawan Kawasaki KLX150 serta Honda CRF 150. Menurut informasi Mahendra yang informatif menjadi jembatan menginformasikan ke warung ini…. biaya yang dibutuhkan untuk menyulap old Vixion menjadi motor trail mencapai 15 jutaan. Yahh….lumayan cak tapi hasilnya kan puas. Nah….. berikut beberapa foto setelah Vixion berubah menjadi sosok Supermoto serta siap menjadi motor trail dengan hanya mengganti velg. Piyeee….apik ora cak? (iwb)

Spek modifikasi

Mesin based on Yamaha Vixion old (2012)
Sassis custom based on Yamaha Vixion old repainting
Bodi kit KTM 250
Tangki custom based on Yamaha Vixion
Velg depan Sprint XD 17x 3.00
Velg belakang Sprint XD 17×3.50
Fork depan standart vixion
Arm belakang custom
Knalpot HJG Racing
Ban depan IRC NR 82 100/70
Ban belakang IRC NF87 120/70
Step standart vixion
Stang Pro Taper
Proguard protaper
Cakram depan standart vixion
Cakram belakang nissin

Garapan Aqila Motor Sport. Bengkel di Bandar Mataram, Jl. Lintas Pantai Timur Bandar Mataram, Lampung Tengah

Advertisements