iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk… tidak bisa dipungkiri banyak sekali komen-komen minor yang menggaris bawahi sepak terjang Yamaha terhadap motor sport 150cc mereka. Monggo sampeyan intip saja komen-komen baik di Facebook iwanbanaran ataupun di youtube channel…. rata-rata melakukan aksi bully pada mesin yang dianggap sudah terlalu tua. Mesin yang dirilis lebih dari satu dekade namun terus digunakan pada produk-produk terbarunya termasuk new MT15. Sudah berumur satu dekade lebih, mesin Yamaha 150cc terlalu tua ?? Benarkah demikian?

Pada tahun 2007 Yamaha mengguncang market sport 150cc lewat kelahiran V-ixion yang sebelumnya diisukan menggunakan nama Viper. IWB sendiri menjadi saksi detik-detik peluncuran motor yang di awal kelahirannya dibandrol pada kisaran 18,6 juta on the road Jakarta. Menggunakan mesin yang jauh lebih maju yakni SOHC 4 katup radiator dengan frame model deltabox langsung memukul eksistensi Honda yang saat itu hanya mengandalkan Megapro dan Tiger dengan mesin SOHC 2 katup air cooled sasis model diamond….

Alhasil motor ini Laris manis dan sangat sulit untuk mendapatkan dengan harga normal. IWB masih ingat karena permintaan lebih besar daripada suplai banyak sekali dealer yang menjual di harga 21 jutaan. Ini fakta karena IWB saat itu langsung ke dealer karena cukup penasaran dengan Yamaha Vixion. Upping price sudah hal biasa cak sejak dulu. Impresi yang yang kita dapatkan kala itu adalah canggih dan powerfull. Bayangkan saja Cak, mesin 150 cc nya sudah mampu mendekati ledakan tenaga Tiger 2000. Nggak heran inden membludak dan Vixion jadi idola baru di kelas 150 cc….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Waktu terus berjalan dengan status Megapro serta Tiger terus mendapatkan tekanan dari Rival. Berbagai upaya dilakukan Honda untuk bangkit hingga lahirlah engine terbaru basis pengembangan dari CBR 150 Thailand. Mengusung mesin DOHC lahirlah New CB150R K15A 1st gen yang disusul K15G setelahnya. Posisipun dibalik Honda dengan cara menggeser mesin SOHC masuk entry level 150cc. Yup….mesin SOHC 2 katupnya diturunkan masuk kelas low entry….pelan dan pasti motor sport Honda kini sudah menggunakan mesin DOHC kecuali Verza. Begitu juga dengan Suzuki yang menelurkan mesin DOHC pada Sport terbaru mereka GSX 150 series hingga Bandit 150….

Sementara Yamaha tetap setia dengan mesin yang ditelurkan di 2007 silam. Mesin SOHC 4 katup yang terus diikembangkan untuk mengejar para rival. Dengan pengalamannya memiliki mesin SOHC 4 katup bertahun-tahun mereka berusaha keras meningkatkan performa pada titik maksimal. Berbagai upaya mengoptimalkan engine yang sudah lahir 12 Tahun lamanya membuat engineering memiliki tenggang waktu yang cukup untuk melahirkan beberapa terobosan seperti VVA misalnya. Tetap menggunakan basis engine yang identik, mesin ini pun dipecah pada hampir seluruh varian 150 cc yang sudah eksis seperti pada produk terbarunya MT 15. Pertanyaannya Apakah mesin Yamaha sudah terlalu tua mengingat tipe mesin ini sudah memasuki 1 dekade lebih alias tembus 12 tahun ?

Mungkin kalau kita hanya memperhitungkan kalkulasi umur betul adanya. Namun dari sisi performa toh Yamaha membuktikan bahwa mesin yang mereka miliki tidaklah kalah dengan DOHC engine yang sudah beredar. Justru keuntungan Yamaha dengan umur mesin yang cukup lama memberikan waktu lebih bagi mereka untuk mengembangkan komponen racing guna mendongkrak kemampuan di ajang balap. Melimpahnya komponen racing juga mempengaruhi prestasi mereka di balap 150 cc……

Komentar para followers di Youtube IWB terhadap kelahiran new MT15

Tidak ada satupun pabrikan di dunia ini yang menggunakan satu engine untuk satu motor karena semuanya berhubungan dengan riset dan development yang cukup mahal. Dengan mesin yang sama biasanya akan dipecah dalam berbagai varian untuk memperkaya dan mengisi seluruh segmen yang hadir. Mungkin banyak yang berharap Yamaha akan merilis mesin 150 cc DOHC. Sebab DOHC sendiri kini tidak lagi hanya membicarakan tentang performa namun juga masalah Gengsi. Lha piyeee cak…kalo bully2an sekarang dikit-dikir nyeletuk, ahhhhh loeee mesin SOHC aja bangga benerrrrr…sering IWB denger cak. Artinya secara pride…mesin DOHC mempengaruhi rasa kita sebagai owner sang kuda besi…kira-kira demikian…

Last….umur 12 tahun memang tidak singkat. Mesin yang sudah berjasa terhadap Yamaha….memberikan kontribusi penjualan di seluruh dunia dari 125CC hingga 150 cc masih dipandang cukup tangguh dan tidak ketinggalan. Oleh karena itu jangan pernah berharap ketika mesin dianggap masih mumpuni….buat apa mengembangkan mesin baru? Engine yang durable, efisien serta tangguh. Toh…. di kelas ini perbedaan power tidak terlalu signifikan antara satu produk dengan yang lain. Bedanya cuma sak incrit cak. So…. menurut sampeyan apakah Yamaha perlu mengembangkan mesin 150cc baru dari yang dimiliki sekarang tipe DOHC misalnya ? Seberapa perlu ? Monggo berikan komen sampeyan siapa tahu akan dibaca para petinggi Yamaha. Gazzzzz pakdeeee…(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!