Iwanbanaran.com – Cakkkk… Kawasaki saat ini masih menjadi pabrikan yang tidak mau bermain di kelas bebek ataupun skuter. Pabrikan ini tetap setia mempertahankan segmen sport sebagai produk andalan. Keputusan tersebut membuat geng ijo memiliki gengsi yang lumayan premium sehingga Siapa yang memiliki Kawasaki imagenya terasa lebih berkelas. Kuwi bukan IWB lho yang bilang cak…namun obrolan dengan teman-teman bikers lain. Nah…. di penghujung tahun 2018 kemarin dipastikan penjualan Kawasaki naik sedikit dibandingkan dengan 2017 dimana KLX 150 menjadi penyumbang terbesar dengan 60%.¬†Untuk menjaga momentum tersebut Kawasaki berjanji akan menggerojok produk baru di tahun 2019. Waaa ikiii…

Seperti yang kita tahu penjualan roda dua tanah air sepanjang tahun 2018 mengalami kenaikan sekitar 8,4% dibandingkan dengan tahun 2017. Dengan total penjualan hingga 6.383.111 unit…. jelas ini adalah kenaikan yang cukup signifikan. Di sana Kawasaki tetap setia dengan penjualan pada kisaran 80 ribuan unit sepanjang waktu 1 tahun. Pabrikan yang memiliki image premium ini mengaku tetap konsisten dengan penjualan mereka juga mengalami kenaikan sekitar 0,8% dibandingkan dengan tahun 2017…..

Menurut Michael Candra Tanadi sebagai Deputi Headsales dan promotion division KMI…. porsi terbesar penyumbang penjualan Kawasaki tahun 2018 adalah Trail KLX 150. Walaupun tidak menjawab nominal akan tetapi bisa dipastikan porsi yang disumbang KLX 150 mencapai 60%. Dengan penuturan ini kita bisa simpulkan market atau pangsa pasar trail ternyata lumayan berkembang. Walau Honda hadir dengan CRF150 nyatanya pasar KLX 150 tidak tergerus. Hhmm…menarik iki cak…

Selain KLX 150 segmen Retro juga menggiurkan. Terbukti di belakang KLX 150 sang Retro W175 berhasil menyumbang penjualan Kawasaki hingga 20%. Memang dengan desain serta material yang disodorkan W175 adalah salah satu favorit produk yang banyak ditanyakan oleh para followers Iwanbanaran. Jebule memang cakep cak penjualannya. Sementara itu penyumbang ketiga adalah Ninja series yang memiliki porsi 12% dari seluruh penjualan Geng Ijo. Ini berarti….. Ninja masih mampu berbicara walaupun pasar 250cc sport fairing sedang turun….

Last….Kawasaki menargetkan penjualan naik 5% tahun ini. Konfirmasi tersebut dilayangkan Michael C Tanadi via Viva yang mengaku sudah menyiapkan beberapa produk baru di tahun 2019. ” Strategi 2019 pasti ada produk baru dan banyak yang akan kami perbaiki tahun ini. Angka penjualan juga kami perbaiki harus ditambah lagi dari 2018 dengan target naik 5%…” serunya. Nah….apa saja produk baru yang akan dirilis geng ijo tahun ini? Kita pantengin saja pakdeee….(iwb)

Advertisements