iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakdeeeee…budeeee selamat pagi sugeng enjing. Apa kabar Sampeyan semuanya ? semoga selalu diberikan kesehatan, kelancaran, kesuksesan dan yang pasti keimanan. Amin YRA. Cakkkk…. di pagi yang masih buta ini IWB ingin share berita dari ujung India tepatnya pabrikan Yamaha. Berita yang cukup menarik karena nongolnya Street Fighter MT 15 yang juga sudah kita tunggu di tanah air. Spyshotnya berhasil diabadikan oleh para media India dengan bentuk yang memang bisa dikatakan nyaris identik. Tapi setelah diamati dengan seksama IWB jadi mlongo. Lhoooo….koq beda yaa cakkkk???

Dari spyshoot terbaru Yamaha MT 15 India, sampeyan akan melihat sosok desain yang memang sangat identik dengan yang sudah dirilis di Thailand. Bentuk Street Fighter dengan tangki gambot serta jok model tandem yang dipadukan model shroud besar dari depan ke belakang ciri khas MT family. Yup….. sekilas dari body kita akan melihat sebuah desain yang memang sangat identik…

Tapi kalau sampeyan pelototi secara seksama barulah kita akan menemukan beberapa kejanggalan dan perbedaan yang lumayan signifikan. Yang pertama pada perangkat suspensi. Tidak seperti Yamaha MT 15 yang dipasarkan di Asia Tenggara maka untuk versi India suspensi tidak menganut model Upside Down. Yamaha menjejali MT15 India dengan model teleskopik. Keputusan tersebut tentu cukup mengejutkan karena seperti yang kita tahu justru kelebihan dari MT15 adalah suspensi yang sudah USD….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Perbedaan lain yang cukup signifikan terlihat pada swing arm. Yup…. lengan Ayun masih model pipa kotak bukan banana die cast style seperti halnya versi Thailand ataupun Indonesia. Sekali lagi keputusan ini Tentu juga sangat mengejutkan sebab Yamaha MT 15 versi India jadi jauh terlihat lebih kurus. Hanya itu? Ora cakkk. Monggo sampeyan intip pada pelk atau cast Wheel yang lebih mirip dengan palang CB150R tanah air….

Termasuk hadirnya Mud Guard sebagai standar yang dicangkokkan pada Yamaha MT 15 India. Serta Sari guard dan juga mata kucing. Sentuhan terakhir yang dirasa cukup minimalis juga pada rear Fender. Spakbor belakang ini sedikit berbeda karena menggunakan bahan full plastik yang tidak sama dengan versi Thailand. Untunglah dari sisi mesin atau dapur pacu Yamaha MT15 versi India disinyalir identik yakni menganut mesin 155 SOHC VVA 6 speed yang mampu memuntahkan tenaga hingga 19,3ps. Selebihnya mumet tenan….

Last…. keputusan Yamaha melakukan downgrade sebenarnya tidak lepas dari tekanan rival. Dari beberapa informasi alasan downgrade terpaksa ditempuh untuk menekan harga jual supaya motor bisa kompetitif melawan para Rival yang diisi oleh Hero MotorCorps ataupun Bajaj. Yamaha R15 sendiri di negara Bollywood juga tidak dibekali dengan suspensi USD serta beberapa downgrade yang membuat motor memang jadi jauh lebih kompetitif. Bayangkan saja, untuk versi ABS R15 hanya dijual di Kisaran 27 jutaan rupiah. So…Yamaha MT 15 nihil suspensi Upside Down dan Swing Arm Banana? Piye cak menurut sampeyan….pilih murah kurang nampol opo mahal tapi keren? Kalau sampeyan sih pasti jawabannya murah tapi keren, sobekkkkk :mrgreen: ….. (Iwb)

MT M15 Thailand & Indonesia

Yamaha MT India

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!