iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…suasana duka masih menyelimuti teman-teman bikers yang mengenal Iqbal. Termasuk IWB yang lumayan shock serta kaget. Almarhum yang dikenal konsen dengan safety ternyata harus menyerah dengan kecelakaan tak wajar pada saat melakukan track day di Sirkuit Sentul (12/1/2019). Walau simpang siur namun mayoritas mengatakan bahwa kecelakaan yang merenggut nyawa Iqbal hakim karena ban depan Ducati V4 miliknya ngelock sehingga membuat motor stopie lantas terpelanting. Apakah ini artinya Kecelakaan Ducati Panigale V4 Iqbal mirip dengan kejadian Michele Pirro ???

Pada hari Sabtu kemarin Iqbal Hakim mengalami kecelakaan pada saat melakukan track day bersama teman-teman Moge di Sirkuit Sentul Bogor. Dari beberapa kronologis dan saksi mata yang berada di lokasi Ducati panigale V4 yang dikendarai Iqbal mengalami kecelakaan menjelang masuk T1. Kecelakaan yang lumayan janggal karena motor sampai Stoopie sehingga membuat bikers sekaligus presenter OtoRider tersebut jumpalitan di udara sebelum membentur aspal. Yang aneh helm AGV GP pista yang di pasaran seharga sekitar 15 jutaan terpental lepas dari kepalanya…..

Dari analisa sementara kemungkinan besar terjadi kegagalan perangkat rem ketika braking sehingga motor ngelock. Dengan kecepatan pada kisaran 250km/jam efeknya sangat fatal. Iqbal akhirnya menyerah dan tidak tertolong. Sebuah cerita dan peristiwa yang sangat tragis untuk sosok sebaik dan seramah Iqbal. Jika kita runut dari berbagai kronologis mayoritas menyebut rem depan terkunci. Karena untuk ukuran bikers biasa almarhum adalah sosok yang sangat perngalaman. Lawong mogenya wae banyak banget cak . Nggak heran doi kemana-mana selalu nunggang moge. So….prediksi kasar terjadi kegagalan para perangkat rem. Pertanyaannya koq bisa ?

iklan iwb
iklan iwb

Sebenarnya jika yang namanya buatan manusia pasti kemungkinan terjadi kegagalan kinerja tetap terbuka. Jangankan motor produksi massal. Bahkan untuk motor sekelas MotoGP yang dibangun dengan tingkat ketelitian luar biasa pun pernah mengalami kegagalan. Seperti kejadian yang dialami oleh Michelle Pirro ketika Doi mendapatkan wild card pada Juni 2018 lalu. Awalnya Michele pirro tampil meyakinkan di Sirkuit mugelo Italia. Dia menjadi pembalap Ducati terkencang dan mampu menempel ketat lap time Andrea iannone….

Sayang pada puncaknya mungkin karena terlalu ngepush…. rem depan seperti ngelock pada saat masuk T1 membuat tubuh Pirro terlempar bak boneka pada kecepatan 350km/jam. Untunglah doi selamat. Selain kuasa Tuhan, sing jelas The power of protektor kuwi cak. Sedang kecelakaan yang terjadi pada Iqbal berbeda. Karena helm yang harusnya bisa melindungi kepalanya terlepas sehingga takdir berkata lain. Apapun itu, kita manusia memang hanya bisa berusaha sebab segalanya Allah SWT yang memutuskan…..

Last….tidak ada sesuatupun didunia ini yang bisa mencegah jika sang khalik sudah berkehendak.  Jadi Kang Bro…mari kita senantiasa berdoa dimanapun kita berada ataupun memulai suatu kegiatan agar senantiasa mendapatkan perlindungan darinya. So….semoga Almarhum diberikan tempat damai dan segala amal ibadahnya diterima disisinya. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

22 COMMENTS

  1. Moge ducati selisihnya sacrit sacrit. Jadi membingungkan mocin biker ntuhh……

    Konnont langsung recall yak kakaaa…. Ducati indo?

    • Apakah ada kekeliruan bahan atau geometri pada desain disc brake ducati yang kemungkinan over grip pada kalipernya.??

      Atau brembo yang keliru.? Kalo brembo yang keliru kenapa kok semua rem ngunci terjadi di motor ducati.?

  2. Turut berduka cita, atas musibah yg terjadi pada Iqbal Hakeem, Ducati Panigale V4 itu kan termasuk motor baru kan, apakah ada investigasi kejadian tsb dari pihak Ducati Indonesia, om?

  3. Apa sampai kepolisian? Krn selain itu pakai istilah Track Day yg seperti suatu perhelatan yg wajarnya ada izin dsb, ini kan kejadian yg mengakibatkan kehilangan nyawa. Klo iya, nanti ada dong hasil penyelidikannya utk tahu apa penyebabnya.

  4. mungkin mirip, tp infonya di depan alm. Iqbal ada rider lain ketika kejadian. mgkn juga rider depan melambat dan alm. rem mendadak sekuatnya yg membuat motor stoppie dan terjungkal. mungkin.

    • Di berita ada kesaksian rider lain yg bilang alm. coba menghindari R1M yg baru kluar dr pitout langsung ke kiri.
      Logis juga jk panic braking, titik kejadian stopie jungkal sblm humpuss, gate pit out kan juga ada disekitar situ

      • Itu kesaksian penonton di lokasi bro, dan itu berita tidak benar yang sayangnya sudah tersebar dan di catut oleh media besar karena minimnya verifikasi. Tidak ada motor yang keluar pit pada saat terjadinya kecelakaan.

  5. Padahal hasil catatan dari trackday sangat dibutuhkan pabrikan guna pengembangan produk baik faktor mesin maupun fitur.
    Setidaknya dua kali dalam setahun atau tiap semester pabrikan adakan gathering dengan user. Sekaligus meminta data catatan-catatan riding experiences mereka. Meskipun sudah ada form via online. Tapi bertemu & berinteraksi langsung dengan user sangat berguna sebagai ajang silaturahmi. Thusss…… next products can be much better. ?? Bukan sekedar having fun saja.

  6. Gak heran sih kalo agv, waktu di motogp crashnya si Marco Simoncelli jg sampai copot itu helm. Padahal secara harga ni helm agv pista bisa 2-3x nya helm import branded lainnya seperti Arai/Shoei. Sepertinya memang ada yg kurang disisi kualitas tali pengaman utk helm agv sehingga mudah copot

  7. Ini sih faktor helm juga tampaknya , kok bisa terlepas dalam keadaan Dring masih terkunci, mungkin saatnya AGV ganti desain jangan yang meruncing kedepan lagi, karna kalo terjadi benturan di depan helm jadi terdorong kebelakang karna terdapat ruang kosong di depan, harus utamakan safety daripada tampilan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here