Iwanbanaran.com – Sebuah pesan whats nongol dari MBtech mz Dana. Pesan yang membuat IWB langsung shock dan kaget. Shock karena ini adalah berita duka dan terjadi pada teman IWB sendiri. Kaget karena tidak menyangka umurnya ternyata begitu singkat. Apalagi tidak ada ada firasat apapun dan sosok Iqbal yang IWB  kenal adalah biker yang cukup berpengalaman di atas moge. Yup…..ternyata doi mengalami kecelakaan dan harus meninggalkan kita semua di atas Ducati panigale V4 yang baru saja diboyong oleh doi. Selamat tinggal kawan…..

Iqbal Hakim mengalami kecelakaan pada saat melakukan track day bersama teman-teman Moge di Sirkuit Sentul Bogor. Dari beberapa kronologis dan saksi mata yang berada di lokasi Ducati panigale V4 yang dikendarai Iqbal mengalami kecelakaan menjelang masuk T1. Kecelakaan yang lumayan janggal karena motor sampai Stoopie sehingga membuat bikers sekaligus presenter OtoRider tersebut jumpalitan di udara sebelum membentur aspal. Yang aneh helm AGV GP pista yang di pasaran seharga sekitar 15 jutaan terpental lepas dari kepalanya…..

Nggak tahu cak…IWB jadi teringat dengan kejadian Marco Simoncelli yang juga kehilangan nyawa pada saat membalap di Sirkuit Sepang Malaysia. Simoncelli kala itu juga menggunakan AGV dan kasusnya mirip yakni helm terlepas pada saat terjadi benturan. Kembali ke soal Iqbal…… dari analisa sementara kemungkinan besar terjadi kegagalan perangkat rem ketika braking sehingga motor ngelock. Dengan kecepatan pada kisaran 250km/jam efeknya sangat fatal. Iqbal akhirnya menyerah dan tidak tertolong. Sebuah cerita dan peristiwa yang sangat tragis untuk sosok sebaik dan seramah Iqbal….

Pertama kali IWB bertemu dengan Iqbal yakni pada saat kita sama-sama Meliput komunitas Yamaha Nmax di Bali tahun kemarin. Iqbal mewakili otorider karena Manut tidak bisa hadir. Di situlah IWB salut karena walau hanya touring pendek Iqbal menggunakan sepatu touring khusus dari Alpinestar. Tanda doi tahu betul safety merupakan prioritas baginya. Sosok yang memiliki puluhan moge ini memang baru saja meminang Ducati Panigale V4. Motor yang sebenarnya masih belum sempurna menurut IWB karena cukup banyak recall yang dilakukan oleh pihak Ducati Eropa. Namun sekali lagi semua memang sudah ditakdirkan. Allah SWT menginginkan Iqbal untuk segera menghadap…dan jika itu dilakukan tidak ada satupun di dunia ini yang mampu menolak…

Last….kecelakaan yang menimpa Iqbal Hakim menjadi warning untuk kita semua betapa rentannya nyawa ketika sudah berurusan dengan Speed. Iqbal yang selalu disiplin menggunakan perangkat safety pun tidak menjamin keselamatan Sebab seluruh protector hanya bisa mereduksi bukan menghilangkan Resiko yang mengancam. So…. Selamat tinggal kawan semoga kau diberikan tempat damai di sisinya. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun…..(iwb)

Advertisements