Iwanbanaran.com – Cakkkk…. butuh cukup lama bagi IWB untuk melototin serta menyimpulkan komparasi 2 produk mesin seperempat liter yang sama-sama merupakan Global produk tersebut. Produk yang dipasarkan di dunia dengan masing-masing kelebihan yang ditawarkan. Walaupun mengusung konsep yang sama yakni the best sport fairing 250cc namun bisa disimpulkan bahwa peracikan desain keduanya memang cukup berbeda khususnya antara Kawasaki Ninja melawan Yamaha R25 2019. Nah….. Seperti apa sosok nya ketika jejer saling berdampingan kemudian difoto dari berbagai angle? Inilah detilnya cak….

Kawasaki Ninja 250 FI menjadi motor yang memiliki Aura cukup berbeda dibandingkan rivalnya. Dengan desain yang dipecah menjadi dua varian yakni 250cc serta 400cc membuat motor ini secara dimensi lebih bongsor. Terutama pada area depan. Bentuk fairing yang lebih mekar berusaha memberikan feel tough dan big bike look. Tidak heran jika kita melihat dari front view maka kita akan menangkap sebuah hasil karya khas Kawasaki yang berkelas serta premium….

Sementara Yamaha dengan eksistensinya di dunia balap lewat R series juga melakukan hal yang sama. Setelah meluncurkan R25 pertama kali di Indonesia pada tahun 2014 performa penjualan di tanah air memang kurang maksimal. Harapan tinggi diberikan ketika isu tentang kelahiran New R25 nongol 2 tahun yang lalu. Harapan desain bakal identik dengan Yamaha R6/R1 begitu kuat. Apalagi pabrikan garputala berhasil melakukannya pada generasi new R15 yang termasuk rupawan…

Hingga pada akhirnya di tahun 2018 Penantian tersebut terjawab. Yamaha merilis New R25 dengan modifikasi desain dari tengah ke depan. Sedang bagian belakang nyaris Tidak ada sentuhan apapun yang membuat kita semua terheran-heran. Yup…facelift terkesan setengah-setengah cak. Yang menggembirakan Yamaha memberikan beberapa tambahan fitur seperti suspensi Upside Down, lampu hazard, revisi tuas starter yang lebih modern, serta pencangkokan speedometer full digital menggantikan model semi analog pada generasi sebelumnya…..

Selain itu lampu generasi baru juga sudah menganut model LED. Tidak ada sentuhan apapun pada sisi mesin dan inilah yang membuat kita semua terkejut. Pada saat dijejerin…dari depan ternyata Yamaha New R25 lebih slim dibandingkan dengan Ninja 250. Langsing memanjang ke atas sementara Ninja sedikit melebar. Kemudian headlamp R25 lumayan cakep jika dilihat dari atas karena lebih sipit akan tetapi langsung gagal Ketika kita melihat dari depan Lurus karena jadi terkesan seperti mata belok. IWB sebenarnya heran designer Yamaha enggan memberikan mata sipit padahal jika saja bentuk reflektor dibuat tipis pasti akan jauh lebih garang….

Kemudian sisi kurangnya lagi pada area jidat, Yamaha R25 nyaris tanpa ada guratan apapun sehingga terlihat njendol membulat. IMHO dengan desain ini jujur IWB lebih menyukai desain moncong Old R25 yang justru lebih bengis serta berkarakter. Untunglah desain ini ditolong dengan hadirnya suspensi Upside Down yang dibalut warna emas pada outer tube. Nggak bisa bayangin cak kalau tetap pakai teleskopik…..bubar njaran tenan. Sementara jika dilihat dari samping sampeyan juga bakal mengerutkan dahi. Kenapa ?

Karena dengan keputusan pabrikan garputala mempertahankan desain lawas pada sisi buritan membuat shape depan belakang terasa tidak mengalir. Fairing depan agak dangak sedang belakang melandai. Dari sini cukup sulit bagi kita terlihat gagah di atas tunggangan. Dibandingkan dengan Ninja maka sampeyan akan melihat motor Kawasaki ini lebih menukik dengan jok sedikit tinggi kemudian meluncur ke depan. Agresifnya beda cak. Sayang Ninja masih kalah dengan R25 dari sisi suspensi Upside Down serta swing arm yang lebih kurus dibandingkan dengan R25 yang lebih kekar…

Termasuk pada area dashboard. Walaupun lebih simpel, namun dengan triple clamp model lubang memberikan nuansa supersport cockpit. Belum lagi pada area tangki di mana Yamaha memberikan pemanis cover…..it works cak. Keren rasanya. Akan tetapi ketika kita membandingkan sisi material….. keduanya pada level yang berbeda. KAWI tak tersentuh di Liga ini. Material tebal dan Solid dengan panel-panel sambungan presisi. Kalau sampeyan menekan plastik casing keduanya maka sampeyan bisa menyimpulkan seperti apa kualitas dari Kawasaki. Belum lagi painting atau pengecatan yang memang masih terbaik saat ini….

Coating tebal yang cukup awet Kendati sudah berumur. Perbedaan yang cukup kental lagi Ketika kita melihat dari belakang di mana Kawasaki Ninja 250 mengekspos bentuk dari Super Bike Ninja ZX-10R ataupun supersport ZX 6R. Sementara Yamaha R25 terbaru akibat buntut legendarisnya feel Motor lawas yang sudah hadir sejak 2014 yang lalu tertangkap dengan jelas. Walahhh rekk sayang tenan. Letak kekuatan dari Yamaha New R25 adalah pada suspensi Upside Down serta dashboard yang lebih fresh dengan bentuk ala supersport R6. Sementara Sisi lemah dari Kawasaki Ninja adalah suspensi model teleskopik serta swing model kotak yang membuat motor ini sedikit inferior dari sisi look…

Last…..jika kita membandingkan secara paket total jelas cukup berat bagi R25 untuk melawan Ninja 250FI. Baik dari sisi desain, material, power dan bahkan nama besar. Mungkin keduanya memiliki perbedaan harga yang lumayan yakni berkisar 3 jutaan. Tapi patut diingat Kawasaki akhir-akhir ini getol memberikan tawaran menarik dengan promo diskon hingga 3 juta untuk kredit serta satu juta untuk cash akan membuat daya gedor Yamaha R25 semakin berat. So…Yamaha new R25 vs Kawasaki Ninja 250Fi, moge look mana menurut sampeyan cak ? nonggo berikan komennya…..(iwb)

Advertisements