” Semoga saja desain new Suzuki GSX-R250 nanti nyerempet GSX-R1000 ini cak…..iyo ora?”

Iwanbanaran.com – Cakkkkk…. akhirnya tanda-tanda tersebut semakin gamblang. Jika sebelumnya hanya rumor simpang-siur Suzuki pelan-pelan bergerak untuk mewujudkan Keinginan mereka terjun di kelas 250cc dengan mesin yang benar-benar baru. All new engine karena mesin ini tidak nyomot dari dapurpacu sebelumnya yang berbasis Inazuma 250. Basis mesin yang sekarang digunakan oleh Suzuki GSX 250R. Yup…betul cak, mesin terbaru dipastikan terdeteksi dari gambar paten dengan potensi performa yang sepertinya lumayan nggegirisi. Inilah gambar paten mesin DOHC 2 silinder yang diduga milik Suzuki GSX R250. Power tembus 40HP ??

Gambar paten yang baru saja dirilis oleh Suzuki Eropa menunjukkan sebuah konstruksi engine baru yang diduga adalah mesin 250cc 2 silinder double Cam. Konstruksi yang sangat mirip dengan beberapa engine 250cc yang sudah beredar baik dari Kawasaki, Yamaha ataupun Honda. Intip saja posisi filter oli yang berada di depan bawah (angka 15). Yang menarik sampeyan juga akan melihat ada lubang di samping filter oli yang diduga merupakan oil cooler. Dari depan sampeyan juga bakal menemukan adanya dua lubang pada silinder head yang biasa kita sebut sebagai manifold exhaust tanda konfigurasi mesin 2 silinder…

Lalu di angka 18 kita akan menemukan konstruksi water pump tanda bahwa motor ini juga dibekali dengan radiator. Ediann….jadi ada dua pendinginan sekaligus cak…radiator dan oil cooler. Tanda mesin baru ini memiliki kompresi tinggi? Disinyalir demikian. Nah… beda dengan mesin GSX 250R yang sudah beredar dan dipasarkan di Cina di mana motor tersebut menganut model SOHC, maka dapur pacu dari gambar terbaru ini dipastikan sudah DOHC. Bisa termonitor dari konstruksi hadirnya dua poros shaft pada silinder head. So…Fix inilah real DOHC yang sedang kita tunggu cak….

Mesin new Suzuki DOHC 250cc 2 silinder calon GSX-R250 (Gambar paten)

Mesin Suzuki SOHC 250cc 2 silinder yang sekarang digunakan GSX250R. Beda konstruksi !!!

Dari gambar paten pula bisa kita analisa bahwa mesin yang baru saja didaftarkan oleh Suzuki ini merupakan all new engine dengan kompresi yang cukup tinggi. Kompresi tinggi butuh pendinginan tangguh. Itulah kenapa Suzuki menghadirkan dua cooling system sekaligus. Dari sini kita bisa kita prediksi dapurpacu terbaru 250cc Suzuki ini kemungkinan memiliki ledakan tenaga Superior. Yup…betul cak. Sudah jamak secara teknis untuk mendapatkan Power besar kompresi juga kudu militan…..

Walau untuk menghandle kompresi besar juga tidak mudah karena jerohan komponen kudu mumpuni. Material part harus tangguh plus konstruksi pendinginan maksimal. Untunglah Suzuki memang pakarnya untuk urusan motor masal high perform. Intip saja Bagaimana engine Suzuki GSX R150 mampu berkitir hingga 13,500 RPM tanpa ada kasus jebol sama sekali. Mungkin Suzuki adalah satu-satunya pabrikan yang saat ini berani membuka limiter dengan posisi yang cukup tinggi di kelas 150cc tanda bahwa material mesin yang dicangkokkan tidak main-main. Nah..kembali soal gambar paten….

” Bersama pejabat Suzuki Hamamatsu, banyak sharing cak…”

Dengan kompresi besar artinya harapan kita mendapatkan Power Suzuki GSX R250 diangka 40HP cukup terbuka. Harapan power yang sebenarnya pernah IWB sampaikan ke pihak Suzuki Jepang ketika kita diajak meeting bersama di Sirkuit Ryoyu Jepang. IWB berikan saran agar setidaknya Suzuki meracik mesin di Kisaran 40 HP untuk menarik perhatian para Bikers tanah air. Dengan Fokus utama lain tentu pada sisi design yang kudu diperhatikan secara seksama. Waktu itu sih responnya dijawab dengan ekspresi bengong cak…” hahhhh….40HP? …” seru Mr. Nishikawa diruang meeting. Emang nggak mudah kayaknya cak, tapi IWB yakin diusahakan oleh Suzuki. Dan jika benar bakal menjadi hot item pakdeee….

Last…ketertarikan Suzuki untuk terjun di kelas sport fairing 250cc bukanlah isapan jempol. Pada saat pertemuan di Jepang tahun kemarin mereka banyak bertanya tentang kelas ini. Mereka juga mengakui ingin meracik motor baru generasi paling mutakhir kelas di kelas 250cc milik. Oleh karena itu tidak heran PT SIS enggan membawa Suzuki GSX 250R Cina karena dipercaya akan merusak klan GSX-R yang terkenal kencang serta high performance. Sebuah gambar paten yang menjadi bukti bahwa Suzuki Jepang mulai bergerak mewujudkan semua rencana mereka guna berkompetisi melawan CBR250RR, R25 ataupun Ninja250 lewat new GSX R250. Kita tunggu saja, Hottt cakkkkkkk….(iwb)

Suzuki GSX250R yang sudah dipasarkan di Cina dengan basis engine Inazuma 250. Motor ini dicoret oleh PT SIS dan tidak masuk Indonesia

Advertisements